6 Fakta Menarik Orang Mesir Kuno, Make-up Jadi Sumber Kekuatan

Situs kota Firaun Mesir kuno.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Abd El Ghany/djo

VIVA Lifestyle – Salah satu simbol menarik dari peradaban Mesir kuno adalah Piramida Agung Giza. Orang Mesir kuno membangun piramida terutama sebagai makam untuk kerajaan firaun. Lebih dari 130 piramida telah ditemukan di Mesir hingga saat ini. Ada fakta menarik tentang orang Mesir Kuno. Melansir dari egypttoday, simak faktanya berikut ini.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Persib Bandung vs Bhayangkara FC di Liga 1

1. Mayat akan hidup selamanya di akhirat ketika di awetkan

Penemuan mumi di Mesir.

Photo :
  • Livescience
5 Fakta Menarik Jelang Duel Vietnam vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

Orang Mesir kuno menyucikan kehidupan, namun, kehidupan setelah kematian juga sangat penting bagi mereka. Orang Mesir kuno percaya bahwa dengan mengawetkan tubuh orang mati, mereka akan hidup selamanya di akhirat.

Orang Mesir kuno unggul dalam melestarikan mayat dewa dan aturan mereka melalui cara mumifikasi. Saat dibuka, perban mumi Mesir Kuno bisa membentang sejauh 1,6 km.

Mengaku Sempat Disantet, Ini 5 Fakta Meninggalnya Stevie Agnecya

2. Memiliki piramida terbesar

Selain itu, Piramida Khufu [Cheops] di Giza adalah piramida Mesir terbesar. Struktur yang menakjubkan ini memiliki berat sebanyak 16 bangunan Empire State digabungkan menjadi satu!

3. Make-up adalah sumber kekuatan

Ilustrasi memakai makeup zaman dulu.

Photo :
  • U-Report

Baik pria maupun wanita Mesir kuno memakai riasan. Cat mata biasanya hitam [terbuat dari timah] atau hijau [terbuat dari tembaga]. Selain menawarkan perlindungan dari matahari, orang Mesir percaya bahwa make-up juga memiliki kekuatan penyembuhan magis.

4. Dewa perlu di sembah

Dari segi agama, orang Mesir kuno percaya pada sekitar 2000 dewa, yang semuanya memiliki peran tertentu dalam kehidupan. Semuanya perlu disembah untuk memungkinkan keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Kucing adalah hewan peliharaan kesayangan

Kucing siberian

Photo :
  • suddenlycat.com

Selain itu, orang Mesir kuno menyukai hewan peliharaan mereka. Terkadang menguduskan mereka! Mereka sangat tergila-gila dengan kucing karena mereka percaya bahwa kucing akan membawa keberuntungan dan keberuntungan rumah tangga. Diyakini bahwa sebagian besar rumah Mesir kuno memiliki setidaknya satu hewan peliharaan kucing.

6. Permainan papan legendaris

Tahukah kamu bahwa permainan papan hari ini sebenarnya sama kunonya dengan peradaban Mesir kuno? Ya, memang, orang Mesir kuno menyukai permainan papan mereka terutama permainan Senet yang dimainkan selama hampir 2000 tahun. Permainan ini melibatkan lempar tongkat, mirip dengan cara kita melempar dadu hari ini.

Banyak hal yang dinikmati orang dalam kehidupan mereka saat ini sebenarnya ditemukan oleh orang Mesir kuno, termasuk kertas dan pena, kunci dan gembok, dan bahkan pasta gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya