Duh, 77 Persen Orang Indonesia Masih Alami Keterbatasan Finansial

Ilustrasi wanita/sedih.
Ilustrasi wanita/sedih.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Indonesia merupakan negara dengan tingkat penetrasi internet sebesar 73,7 persen dari total penduduk pada awal 2022. Namun, sebagai negara dengan pengguna internet lebih dari 200 juta orang, populasi underbanked Indonesia justru berada di peringkat ketiga terbesar di dunia. 

Underbanked sendiri diartikan sebagai orang yang memiliki rekening bank, tetapi belum bisa mengakses produk keuangan lain, seperti kartu kredit dan Kredit Tanpa Agunan (KTA), karena berbagai alasan, salah satunya riwayat kredit yang terbatas. 

Presiden Direktur Aladin Bank, Dyota Marsudi, turut menjelaskan, hal itu berarti lebih dari 77 persen masyarakat dewasa di Indonesia belum memiliki atau memiliki keterbatasan akses finansial.

"Indonesia juga menjadi negara pemegang aset keuangan syariah terbesar ke-9 di dunia. Namun, hingga akhir 2020, penetrasi perbankan syariah di Indonesia masih tertahan di angka 6,5 persen dibandingkan perbankan konvensional," ujarnya saat Launching Fitur Baru Aladin Bank di gerai Alfamart, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin 27 Juni 2022. 

Ilustrasi uang

Ilustrasi uang

Photo :
  • Pixabay

Oleh karena itu, Dyota mengatakan, menjadi lebih terpacu untuk menghadirkan inovasi-inovasi yang dapat mempermudah masyarakat untuk merasakan manfaat layanan perbankan syariah.

"Aladin Bank resmi meluncurkan fitur tarik-setor tunai (tarsetun) di gerai Alfamart seluruh Indonesia. Fitur terbaru ini memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi penarikan maupun penyetoran uang tunai, baik dari dan ke rekening Aladin Bank tanpa menggunakan kartu debit," ungkapnya.