Melihat Kembali Pentingnya Mengolah Sampah Rumah Tangga

Ilustrasi recylce, daur ulang
Ilustrasi recylce, daur ulang
Sumber :
  • jmu.edu

VIVA Lifestyle – Sampah atau limbah rumah tangga nerupakan sampah yang berasal dari kegiatan sehari-hari di rumah tangga, yang tidak termasuk tinjak dan sampah spesifik. Dampak samppah rumah tangga bisa pengaruhi pencemaran lingkungan. Contohnya penurunan kualitas udara, maka akan mempengaruhi tingkat kesehatan bagi orang lain.

Dalam limbah rumah tangga juga ada sampah organik, yang dapat membusuk dan terurai sehingga bisa diolah menjadi kompos. Misalnya, sisa makanan, daun kering, sayuran, dan lain-lain. 

Ada juga sampah anorganik, atau yang sulit membusuk dan tidak dapat terurai. Sampah anorganik bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat. Misalnya botol plastik, kertas bekas, karton, kaleng bekas, dan lain-lain

Memisahkan tempat sampah untuk organi dan anorganik merupakan langkah awal untuk memelihara lingkungan. Kemudian mendaur ulang sampah tersebut bisa mendatangkan manfaat. Hal ini lebih baik ketimbang membakar sampah.

Memilah sampah

Memilah sampah

Photo :
  • waste4change

Dihimpun dari berbagai sumber sampah yang dibakar akan menghasilkan bahan kimia, yang akan memuai ke udara serta memicu polusi. Karbon monoksida dan formaldehida (formalin) adalah dua zat utama hasil pembakaran yang paling banyak memicu penyakit pernapasan.

Maka hal ini penting untuk disadari dan dilakukan bersama-sama. Untuk itu, Damai Putra Group melakukan kegiatan yang bertema Pengelolaan Sampah Lingkungan. Kegiatan yang berlangsung beberapa waktu lalu ini ditujukan untuk pemberdayaan Kader Posyandu Kecamatan Tarumajaya.