Melihat Kembali Pentingnya Mengolah Sampah Rumah Tangga

Ilustrasi recylce, daur ulang
Sumber :
  • jmu.edu

VIVA Lifestyle – Sampah atau limbah rumah tangga nerupakan sampah yang berasal dari kegiatan sehari-hari di rumah tangga, yang tidak termasuk tinjak dan sampah spesifik. Dampak samppah rumah tangga bisa pengaruhi pencemaran lingkungan. Contohnya penurunan kualitas udara, maka akan mempengaruhi tingkat kesehatan bagi orang lain.

Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

Dalam limbah rumah tangga juga ada sampah organik, yang dapat membusuk dan terurai sehingga bisa diolah menjadi kompos. Misalnya, sisa makanan, daun kering, sayuran, dan lain-lain. 

Ada juga sampah anorganik, atau yang sulit membusuk dan tidak dapat terurai. Sampah anorganik bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat. Misalnya botol plastik, kertas bekas, karton, kaleng bekas, dan lain-lain

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Memisahkan tempat sampah untuk organi dan anorganik merupakan langkah awal untuk memelihara lingkungan. Kemudian mendaur ulang sampah tersebut bisa mendatangkan manfaat. Hal ini lebih baik ketimbang membakar sampah.

Memilah sampah

Photo :
  • waste4change
Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

Dihimpun dari berbagai sumber sampah yang dibakar akan menghasilkan bahan kimia, yang akan memuai ke udara serta memicu polusi. Karbon monoksida dan formaldehida (formalin) adalah dua zat utama hasil pembakaran yang paling banyak memicu penyakit pernapasan.

Maka hal ini penting untuk disadari dan dilakukan bersama-sama. Untuk itu, Damai Putra Group melakukan kegiatan yang bertema Pengelolaan Sampah Lingkungan. Kegiatan yang berlangsung beberapa waktu lalu ini ditujukan untuk pemberdayaan Kader Posyandu Kecamatan Tarumajaya.

4 orang Kader Posyandu diberi edukasi berupa pembuatan pupuk kompos dari sampah rumah tangga dan pembuatan kerajinan tangan dari bahan sampah plastik rumah tangga.

Penyerahan Bantuan

Photo :
  • ist

Menurut Monique Hardjoko, selaku GM Corporate Marketing Communications Damai Putra Group, edukasi ini diharapkan dapat menambah wawasan baru seputar pengelolaan sampah rumah tangga terutama bagi para kader Posyandu Kecamatan Tarumajaya.

"Kami berharap kegiatan ini dapat membantu kebutuhan  masyarakat sekitar kawasan yang dikembangkan oleh Damai Putra Group dan menambah wawasan baru seputar pengelolaan sampah rumah tangga terutama bagi para kader Posyandu Kecamatan Tarumajaya," ujar Monique dalam keterangan tertulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya