Begini Sistem Kasta di India Bekerja dalam Kehidupan Sehari-harinya

Seorang lelaki mengenakan surban di Kithalai Fair, Narlai, India.
Sumber :
  • Keren Su/ Lonely Planet

VIVA Lifestyle –  Sistem kasta di India berakar kuat dalam kepercayaan Hindu tentang karma dan reinkarnasi. Sejak lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Sistem kasta di India membagi umat Hindu menjadi empat kasta yakni Brahmana, Ksatria, Waisya dan Sudra. Kasta tersebut dibedakan berdasarkan siapa mereka di kehidupan sebelumnya, karma mereka dan dari garis keluarga apa mereka berasal. 

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Banyak yang percaya bahwa sistem kasta di India tersebut berasal dari Brahma, Dewa Penciptaan Hindu yang percaya bahwa Brahmana mewakili mata dan pikiran Brahma dan karena itu sering menjadi guru dan pendeta. Kemudian kasta Ksatria mewakili lengannya dan sering kali adalah pejuang, Waisya mewakili kakinya dan biasanya adalah seorang petani atau pedagang. Terakhir Sudra yang mewakili kakinya dan biasanya adalah seorang buruh.

Berikut ini rincian empat Kasta utama dalam agama Hindu di India yang dikutip dari Set Free Alliance

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya
  1. Brahmana: Kasta tertinggi dan paling terhormat. Mereka yang berada di kasta ini sering memegang pekerjaan seperti menjadi pendeta atau guru.
  2. Ksatria: Kasta kedua ini merupakan orang-orang yang sering dikenal secara tradisional sebagai 'pejuang'. Biasanya mereka juga bekerja sebagai petani atau pedagang.
  3. Waisya: Kasta ketiga ini merupakan orang-orang yang berprofesi sebagai petani, pedagang, atau pedagang.
  4. Sudra: Kasta keempat dan terendah ini merupakan orang-orang yang biasanya melakukan pekerjaan manual seperti menjadi buruh. 

Meskipun ada 4 kasta utama, sistem ini dibagi menjadi ribuan sub-kasta, yang semakin memecah belah masyarakat India. Selain itu, ada seluruh kasta yang terpisah, yang oleh masyarakat dianggap sangat keji sehingga mereka tidak dianggap sebagai bagian dari sistem kasta sama sekali. Biasanya kasta yang tidak dianggap itu disebut sebagai ‘Kaum Tak Tersentuh atau Dalit’. Mereka benar-benar dijauhi dari masyarakat dan dilarang untuk hidup di antara orang-orang dari kasta tinggi.

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

Fakta sistem kasta di India

  1. Brahmana merupakan dewa berkepala empat dan bertangan empat yang dipuja oleh umat Hindu sebagai pencipta alam semesta. Sistem kasta didasarkan pada manifestasi Brahmana dari empat kasta utama yang dijelaskan di atas.
  2. Mahatma Gandhi menghabiskan sebagian besar hidupnya bekerja untuk membawa kesetaraan bagi kaum Dalit (tidak tersentuh) atau disebut juga sebagai "Harijans," yang berarti anak-anak Tuhan.
  3. Kasta setiap umat Hindu  ditetapkan saat lahir berdasarkan kasta keluarga mereka.
  4. Sistem kasta pertama kali diuraikan dalam teks Hindu dan Hukum Manu yang ditulis sekitar 250 SM.
  5. Dalit dianggap sangat najis, dilarang berbagi air yang sama, menggunakan jalan yang sama, dan lain sebagainya sebagai kasta yang lebih tinggi.

Meskipun banyak kota besar di seluruh India telah pindah dari pengaruh yang begitu besar pada kasta, namun sistem ini masih sangat lazim di desa-desa di seluruh negeri untuk menentukan siapa yang dapat tinggal di mana, pekerjaan apa yang dapat mereka miliki, dengan siapa mereka dapat berbicara dan bahkan apa hak asasi manusia yang mungkin mereka miliki.

Ini adalah sistem yang sangat tertanam dalam budaya negara, pedoman dan efeknya akan hidup selama bertahun-tahun yang akan datang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya