3 Hutan Mistis di Ciamis yang Menyimpan Kisah Menyeramkan

Ilustrasi hutan angker.
Ilustrasi hutan angker.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle– Hutan memang sebuah anugerah yang diberikan Tuhan untuk selalu dijaga kelestariannya sebagai paru-paru dunia. Tapi, ada kalanya hutan mempunyai berbagai cerita mistis dan menyeramkan. Seperti beberapa hutan yang berada di kawasan Ciamis, Jawa Barat ini. Hutan tersebut kental dengan berbagai cerita dan mitos di dalamnya. Nah, berikut ulasan selengkapnya tentang hutan mistis di Ciamis, Jawa Barat. 

1. Hutan Larangan Kampung Kuta Tambaksari

Ilustrasi hutan.

Ilustrasi hutan.

Photo :
  • dw

Hutan larangan yang terletak di Kampung Adat Kuta, Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari ini menjadi hutan mistis di kawasan Ciamis Jawa Barat. Tidak bisa sembarangan orang bila akan masuk ke hutan ini. Ada ketentuan yang perlu ditaati bila tidak ingin terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Aturan masuk hutan larangan ini sudah ada sejak dulu. 

Ada waktu tertentu supaya bisa masuk ke area hutan larangan. Untuk yang tidak menuruti tata tertib, maka warga di sana meyakini akan mendatangkan musibah. Hutan ini mempunyai luas mencapai 40 hektare. Beberapa hal yang harus ditaati seperti tak boleh memakai alas kaki, tidak boleh memakai perhiasan, jangan meludah, dan jangan buang air. 

Kemudian untuk perempuan yang sedang datang bulan tidak boleh masuk, jangan memakai baju serba hitam dan jangan memakai seragam terutama memakai pangkat. Konon katanya, orang tidak menggunakan baju serba hitam dan hanya boleh masuk pada hari Senin dan hari Jumat mulai pukul 08.00 WIB. 

Bila seseorang masuk dengan mengenakan seragam pangkat, kata sesepuh di kampung adat, jabatannya bisa turun dan hal ini pernah menimpa beberapa orang yang melanggar. Kemudian semua isi hutan tidak boleh dibawa keluar atau dimanfaatkan. Seperti kayu berusia ratusan tahun walaupun sudah tumbang harus tetap dibiarkan.