5 Negara yang Tidak Diakui Dunia, Ada Palestina

bendera Palestina
bendera Palestina
Sumber :
  • Brahim Guedich/Wikimedia

VIVA Lifestyle – Sekitar 195 negara terdaftar sebagai anggota organisasi antarbangsa terbesar di dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dengan terdaftarnya negara di PBB, tentu akan lebih mudah menjalin hubungan diplomatik dan diakui oleh negara lain. 

Sebuah negara bisa diakui oleh dunia berdasarkan dua kategori yakni de jure (kenyataan) dan de facto (sesuai hukum). Namun hingga saat ini nyatanya masih ada sejumlah negara yang hanya diakui oleh satu atau hanya segelintir negara lain. Jika suatu negara tidak diakui secara penuh, akan sulit untuk bertindak dalam masalah membuat perjanjian dan hubungan diplomatik. 

Pada umumnya suatu negara tidak diakui oleh satu atau beberapa negara karena hubungan politik dan geografis. Berikut 5 negara yang tidak diakui secara penuh di dunia yang dihimpun VIVA dari berbagai sumber.

Taiwan 

Angkatan Laut Taiwan tempur cepat Panshi di pangkalan AL Kaohsiung, Taiwan

Angkatan Laut Taiwan tempur cepat Panshi di pangkalan AL Kaohsiung, Taiwan

Photo :
  • ANTARA/Reuters/Tyrone Siu/as

Awalnya negara Taiwan termasuk bagian dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Namun sejak tahun 1949, Taiwan memisahkan diri RRT dan sampai sekarang keberadaannya sebagai negara yang berbeda dengan RRT masih menimbulkan polemik. Walaupun bukan anggota PBB, kemerdekaan Taiwan diakui oleh 22 negara PBB dan Tahta Suci Vatikan.

Kosovo