5 Fakta Tenggelamnya Titanic, dari Sudah Diramal Hingga Bisa Dihindar

Kapal RMS Titanic.
Kapal RMS Titanic.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle –  Meski kejadian tenggelamnya kapal Titanic sudah ratusan tahun tepatnya pada April 1912, namun pembicaraan mengenai kapal terbesar di masanya ini tak ada habisnya. Masih sering ditemukan fakta - fakta baru yang berkaitan dengan tenggelamnya kapal ini.

Apalagi, nama Titanic semakin dikenal karena pembuatan film dengan judul Titanic, yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio dan Kate Winslet yang sukses besar dan bahkan menjadi salah satu dengan pendapatan dan penonton terbanyak di dunia. 

Berikut adalah 5 fakta mengenai tenggelamnya Titanic, yang jarang diketahui : 

Teropong Terkunci

Ilustrasi kapal titanic tenggelam.

Ilustrasi kapal titanic tenggelam.

Photo :
  • U-Report

Pada malam tragedi besar tersebut terjadi, tepatnya pada tanggal 14 April, pelaut Frederick Fleet sedang bertugas. Ia adalah seorang pelaut berpengalaman yang telah berlayar sejak usia 12 tahun. Dikatakan bahwa cuaca sangat dingin malam itu, ketika awak kapal melihat massa gelap di air — tanda tanda pertama gunung es — dan melaporkan bahaya itu kepada atasannya. 

Perwira pertama segera merespon, namun terlambat. Awak kapal yang selamat dari bencana kemudian menyatakan bahwa hal ini terlambat diatasi karena dia tidak memiliki teropong, karena teropong itu berada di lemari yang terkunci, dan kuncinya terbawa seorang perwira yang waktu itu tidak berada di atas kapal. Sebagian awak kapal memang diganti sesaat sebelum penyeberangan Atlantik pertama, dan perwira ini termasuk di antara mereka yang diganti. Dia pasti lupa meninggalkan kunci di kapal.