Sanggar Tari dan Musik Svadara Indonesia Raih Juara di Korea

Sanggar Tari Svadara Indonesia
Sumber :
  • Sanggar Tari Svarda

VIVA Lifestyle –    Sanggar Tari dan Musik Tradisional, Svadara Indonesia, raih juara ketiga dalam kompetisi tari bertajuk Powerful Daegu Festival yang diselenggarakan tanggal 8-11 Juli 2022 di Daegu, Korea Selatan.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Festival yang sebelumnya bertajuk Colorful Daegu Festival merupakan kompetisi pertunjukan seni dari Korea dan berbagai negara yang dikemas dalam street performance dan parade yang dibagi dalam dua kategori, Lokal (Korea) dan Internasional. 

Grup Svadara yang mewakili Indonesia mengirimkan 14 penari dan 4 official ke Powerful Daegu Festival ini menampilkan keindahan Indonesia melalui tarian dari berbagai daerah yaitu Bali, Sumatera Barat, DKI Jakarta, dan Papua. Tarian tersebut ditampilkan secara berurutan untuk menceritakan sebuah proses meraih kebahagiaan dan menggambarkan bagaimana masyarakat Indonesia mengungkapkan rasa syukur. Tarian sebagai ekspresi kebahagiaan dan rasa syukur menyambut kondisi yang mulai normal kembali, setelah dua tahun lebih pandemi.

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

“Kami sangat bangga dan bersyukur dapat tampil di kompetisi tari internasional dan meraih penghargaan sebagai juara ketiga bersaing dengan negara-negara lain. Penghargaan ini semakin memacu kami untuk terus berkarya melestarikan dan memperkenalkan seni tari Indonesia ke dunia. Keberangkatan tim Svadara Indonesia ini tentunya tidak akan terlaksana tanpa dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dan Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Selatan dan para sponsor yang memberikan dukungan sehingga kami bisa berpartisipasi dalam Powerful Daegu Festival yaitu Pegadaian Syariah Pusat, Daihatsu Indonesia, dan Galeri 24. Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung misi budaya ini. Kami sangat antusias untuk terus berkarya dan tampil secara offline lagi,” ujar Pemimpin Grup Svadara Indonesia untuk kompetisi ini, Alfrida Chrisna Sitorus.

Tahun 2015 Svadara Indonesia juga pernah mewakili Indonesia dalam Sabah International Folklore Festival dan memenangkan penghargaan kategori Highest Online Presence. Selain aktif mengikuti kompetisi Internasional, Svadara Indonesia beberapa kali tampil sebagai undangan dalam acara kebudayaan, antara lain di Festival Antar Bangsa di Pahang, Malaysia (2017), Malam Kebudayaan di Penang, Malaysia (2018), dan Malam Kebudayaan di Khartoum, Sudan (2017 dan 2019). 
Svadara Indonesia juga aktif mengikuti berbagai kompetisi di wilayah DKI Jakarta dan lingkup nasional. Untuk memperkuat eksistensinya, Svadara Indonesia aktif mengadakan pementasan karya tari. PUSUH, salah satu karya Svadara yang dipentaskan secara online di tahun 2021 merupakan salah satu bukti nyata komitmen Svadara Indonesia untuk tetap berkarya meskipun terhambat oleh kondisi pandemi. 

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Sanggar tari yang berlokasi di Jakarta Selatan ini memiliki jadwal regular latihan setiap hari Sabtu dengan jam latihan sesuai kategori kelas. Saat ini Svadara Indonesia memiliki 120 anggota aktif yang terbagi menjadi 5 kategori kelas yaitu pra dasar, dasar, tingkat 1, tingkat 2, dan kelas dewasa pemula. 

Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Keberhasilan Shin Tae-yong (STY) mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke babak 8 besar Piala Asia U23 tengah menjadi sorotan, bukan hanya di dalam negeri tapi juga di luar

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024