Fakta Unik Ikan Arapaima, Bisa Bertahan Hidup 24 Jam di Luar Air

ilustrasi ikan Arapaima gigas
Sumber :
  • Citron/Wikimedia

VIVA Lifestyle – Ikan raksasa yang diduga jenis Arapaima sempat hebohkan warga Garut. Ikan tersebut terdampar usai banjir bandang di Garut, Jawa Barat. 

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

Dalam unggahan video oleh akun Instagram @infojawabarat itu jadi sorotan dan banyak dikerumuni sejumlah warga. Berdasarkan informasi yang beredar, ikan tersebut ditemukan warga di daerah Cipejeuh, dekat Dayehandap, Garut.

Lantas, ikan seperti apa jenis Arapaima ini? Simak ulasan dan fakta-faktanya berikut ini

Rizky Irmansyah Ungkap Fakta Soal Putusnya dengan Nikita Mirzani, Rizky : Nanti Saya Buka Boroknya

ilustrasi ikan Arapaima gigas

Photo :
  • Ginkgo100/Wikimedia

Fisik ikan Arapaima

12 Fakta yang Diklaim Tak Terbantahkan Dibeberkan Kubu Ganjar-Mahfud pada Sidang PHPU

Dikutip dari nationalzoo, Arapaima memiliki kepala yang lebar dan bertulang, mulut yang terbalik dan tubuh yang ramping dengan sirip punggung yang membentang di sepanjang punggung mereka ke arah ekor mereka yang besar, namun terlihat gemuk. Kepala arapaima berwarna hijau tembaga, tubuhnya berwarna hitam dengan bagian tengah berwarna putih dan ekornya berwarna merah. 

Di Brasil, ikan ini dikenal sebagai "pirarucu," sebuah kata dari bahasa Tupi, yang secara kasar diterjemahkan sebagai "ikan merah." Di Peru, mereka dikenal sebagai "paiche." Ketika sungai meluap, ikan dapat menyebar ke hutan di sekitarnya sejauh bermil-mil, terkadang ke daerah terpencil di mana air banjir mengandung begitu banyak vegetasi yang membusuk sehingga kadar oksigen terlalu rendah untuk mendukung sebagian besar ikan. 

Kesulitan ini tidak mempengaruhi arapaima, karena ia memiliki kemampuan untuk menghirup udara. Insangnya sangat kecil sehingga mengambil udara menggunakan kantung renang yang dimodifikasi yang membuka ke dalam mulut ikan dan bertindak sebagai paru-paru. Ia dapat bertahan hidup selama 24 jam di luar air.

Ukuran ikan Arapaima

Arapaima mungkin adalah ikan air tawar terbesar di dunia, mencapai hingga 440 pon (200 kilogram) dan panjang 10 kaki (3 meter). Namun, ukuran 200 pon (90,7 kilogram) dan panjang 7 hingga 8 kaki (2,2 hingga 2,4 meter) lebih umum.

Habitat asli

Ikan Arapaima.

Photo :
  • Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Arapaima ditemukan di Brasil, Peru dan Guyana. Mereka hidup di sungai yang bergerak lambat dan biasanya kekurangan oksigen di dataran banjir lembah Sungai Amazon.

Makanan/kebiasaan makan

Di alam liar, arapaima makan sebagian besar ikan tetapi juga dikenal memakan buah-buahan, biji-bijian, serangga, burung dan mamalia yang ditemukan di permukaan air. Untuk makan, mereka menggunakan strategi makan "gulper": dengan membuka mulut besar mereka, mereka menciptakan ruang hampa yang menarik benda-benda makanan di dekatnya. 

Lidah dan gigi mereka yang tajam dan bertulang, dikombinasikan dengan gigi di langit-langit langit-langit mulut mereka, memungkinkan mereka untuk melemahkan dan mencabik-cabik mangsanya. Arapaima dapat dengan mudah mencari makan di daerah rendah oksigen di mana ikan yang bernafas dengan insang dipaksa untuk melambat. 

Mereka juga dapat menggunakan semburan kecepatan pendek untuk menyerang mangsa potensial yang mengenai permukaan air. Di Kebun Binatang Nasional Smithsonian, makanan mereka terdiri dari herring, cumi-cumi, smelt, udang, buah dan gel.

Reproduksi dan Pengembangan

Selama musim kemarau antara Februari dan Maret, arapaima bertelur ribuan telur di sarang dengan panjang sekitar 70 sentimeter dan kedalaman 25 sentimeter yang dilubangi di pasir oleh siripnya. Telur menetas pada awal musim hujan (antara Oktober dan November), yang memungkinkan burayak (bayi ikan) mengumpulkan makanan. 

Diperkirakan juga terjadi inkubasi mulut. Jantan melindungi burayak dengan menarik mereka ke dalam mulutnya yang datar dan panjang dan memindahkannya ke lokasi lain jika pemangsa terlalu dekat. Kematangan seksual dicapai setelah sekitar 4 atau 5 tahun.

'Cod dari Amazon'

Ikan Arapaima.

Photo :
  • U-Report

Dikutip dari NationalGeographic, Arapaima gigas telah lama diyakini sebagai satu-satunya spesies arapaima, tetapi pada tahun 2013 para ilmuwan membuktikan bahwa ada spesies ikan lain. Sejak itu, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa mungkin ada lima atau lebih spesies arapaima.

Kadang-kadang disebut sebagai "cod of the Amazon," arapaima dianggap sebagai ikan makanan yang sangat baik dan telah menyediakan sumber protein penting di Amazon selama berabad-abad. Penduduk setempat sering mengasinkan dan mengeringkan daging, yang dapat disimpan tanpa membusuk, penting di daerah dengan sedikit pendinginan.

Kedekatannya dengan permukaan air membuat arapaima rentan terhadap pemangsa manusia, yang dapat dengan mudah menargetkan mereka dengan tombak. Jumlah mereka telah menurun secara dramatis di seluruh wilayah terutama karena penangkapan ikan yang berlebihan. Dalam beberapa tahun terakhir, praktik pengelolaan baru yang melibatkan komunitas nelayan lokal di Brasil telah meningkatkan populasi arapaima.

Arapaima tidak hanya tumbuh besar, mereka juga menunjukkan tingkat pertumbuhan tercepat yang diketahui pada ikan apa pun. Hal ini membuat arapaima menjadi spesies yang ideal untuk bertani. Arapaima telah diperkenalkan sebagai spesies akuakultur ke sungai-sungai lain di Amerika Selatan tropis. Ini juga telah diperkenalkan untuk olahraga memancing di Thailand dan Malaysia.

Masa hidup

Arapaima dapat hidup hingga 20 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya