12 Fakta Negara Ekuador, Surga Pengamat Burung

Ekuador
Sumber :

VIVA Lifestyle – Terletak di benua Amerika Selatan tepat di Khatulistiwa, Ekuador terkenal dengan banyak hal. Dari budayanya yang semarak hingga bentang alamnya yang beragam, negara ini seindah aslinya. Ekuador paling terkenal dengan Kepulauan Galapagos dan spesies unik yang menyebutnya rumah.

Brutal, Ekuador Bobol Kedutaan Besar Meksiko Untuk Tangkap Paksa Wapresnya yang Dituduh Korupsi

Namun, dengan kekayaan keragaman, ada banyak lagi hal yang bisa mencuri hati Anda. Di bawah ini adalah kompilasi dari 10 fakta negara Ekuador yang mungkin menarik minat Anda pada negara yang indah berikut ini. 

Bisa jadi Gunung Chimborazo, titik di bumi yang paling dekat dengan bintang. Atau Hutan Hujan Amazon, yang dinamai menurut nama pejuang wanita Mitologi Yunani.  Ada sesuatu hal menarik di negara yang relatif kecil ini untuk hampir semua orang. 

Geng Bersenjata di Ekuador Tembak Mati 7 Warga yang Main Voli

Negara ekuador

Photo :

Ada begitu banyak  alasan mengapa Anda akan menyukai negara ini setelah mengetahui sederet faktanya. Tetapi, kami hanya akan membagikan beberapa fakta menarik tentang Ekuador yang perlu Anda ketahui. Kira-kira, apa saja?

Masih Mencekam, Polisi Ekuador Tangkap 68 Anggota Geng Narkoba yang Ingin Ambil Alih RS

Berikut ini terdapat sederet fakta negara Ekuador yang menarik untuk kita kupas dan telusuri, seperti yang dilansir VIVA dari berbagai sumber, salah satunya ecuadorhop.com berikut ini:

Fakta Menarik Tentang Ekuador

Berikut adalah beberapa fakta menyenangkan, menarik, dan bersejarah tentang Ekuador yang mungkin belum Anda ketahui.

Alam Memiliki Semua Hak di Ekuador

Belum lama ini, pada tahun 2008, Ekuador menjadi negara pertama di dunia yang secara resmi mengakui hak alam.

Bebaskan Budak!

Pada tahun 1851, Ekuador menghapus perbudakan untuk selamanya dan semua budak kulit hitam dibebaskan. 

Katakan Tidak pada Hukuman Mati

Ekuador mengambil alih sejak awal abad ke-20 dengan menjadi negara pertama yang menghapus hukuman mati. 

Cokelat Membuat Segalanya Lebih Baik

Cokelat di Ekuador adalah makanan pokok bagi sebagian besar orang. Dengan kakao yang ditanam di Amerika Selatan dan Tengah selama bertahun-tahun, sejarahnya dalam, termasuk kakao yang digunakan untuk sifat anti-inflamasi di masa lalu. Selama lebih dari 5000 tahun, cokelat telah dikonsumsi di sini. Ekuador bahkan mungkin merupakan pencetus kakao. 

Tiktik Terdekat dengan Matahari

Meskipun Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia, Anda akan terkejut mengetahui bahwa itu sebenarnya bukan titik terdekat Bumi dengan luar angkasa. Gunung Chimborazo di Ekuador sebenarnya adalah titik terdekat dengan Matahari.

Keanekaragaman Hayati dan Megadiversitas

Ekuador dikenal dengan koleksi flora dan faunanya yang luas, tetapi mereka juga memiliki keanekaragaman hayati paling banyak per kilometer persegi di dunia. Tidak hanya itu, tetapi juga 1 dari 17 negara di dunia yang  mega-diversifikasi . 

Tidak Memiliki Rekening Bank

Ada banyak hal menarik tentang Ekuador, termasuk fakta bahwa diperkirakan 40 persen orang dewasa di negara itu bahkan tidak memiliki rekening bank.

Rumah bagi Mahakarya Alam

Memotret pemandangan alam.

Photo :
  • lifesbetterontheroad.com

Seiring dengan koleksi lebih dari 25.000 spesies tanaman, Ekuador secara khusus dikenal dengan anggreknya yang indah. Bahkan dikenal sebagai ibu kota anggrek dunia, dengan lebih dari 4.000 spesies bunga yang indah.

Di antara spesies ini, beberapa mekar selama setengah tahun sementara yang lain hanya mekar selama beberapa jam. Beberapa bisa hidup selama 100 tahun sementara yang lain hanya sebentar. Ditemukan di Cuenca, tanaman yang indah ini menjadi dekorasi rumah yang bagus. 

Ekuador Miliki Beberapa Arsitektur Kolonial Terbaik di Amerika

Arsitektur Ekuador telah melihat banyak pengaruh selama bertahun-tahun, terutama kota-kota besar. Di pusat Quito , ada Kota Tua. Kota Tua adalah salah satu situs yang dilindungi UNESCO pertama di Ekuador (bersama dengan Galapagos). Dibangun pada abad ke-16 di atas reruntuhan kota Inca. Kota dan bangunannya telah bertahan dari banyak gempa bumi dan memiliki arsitektur Kolonial Spanyol yang paling terpelihara di Amerika Latin. Kota ini masih memiliki banyak elemen asli serta masukan Eropa, menjadikannya tempat yang indah untuk dikunjungi.

Pisang adalah Produk Makanan Penting di Ekuador.

Pisang adalah makanan pokok dan masakan Ekuador yang tak terbantahkan. Dengan sekitar 300 jenis pisang yang tumbuh di negara ini, pasokan memenuhi permintaan. Di sini, benar-benar ada pisang untuk setiap kesempatan.

Selama 60 tahun terakhir, Ekuador telah menjadi salah satu produsen buah terbesar di dunia, memproduksi 25% dari pisang dunia, kehilangan tempat produksi teratas ke India. Namun, mereka tetap menjadi pengekspor pisang manis terbesar ke Eropa (iklim di Eropa tidak cocok untuk pertumbuhan teman-teman kuning kita).

Ekuador adalah Surga Bagi Para Pengamat Burung

Ini adalah salah satu fakta Ekuador terbaik untuk pecinta alam. Ekuador memiliki lebih banyak burung per kilometer persegi daripada di tempat lain di dunia. Dengan 1632 spesies berbeda yang dikonfirmasi dan 48 lainnya hipotetis, ada banyak bulu untuk dikepakkan. Mereka juga memegang rekor dunia untuk jumlah spesies burung kolibri. Dengan 132 (dari 340) jenis burung yang berbeda yang memanggil rumah pedesaan. Kolibri hanya dapat ditemukan di Amerika. Mereka juga burung terkecil, dengan metabolisme tertinggi, di dunia. Faktanya, metabolisme mereka sangat tinggi sehingga mereka harus memasuki kondisi seperti hibernasi setiap malam. Ini disebut mati suri dan dilakukan untuk menghemat energi burung.

Berbagai daerah di Ekuador Benar-benar Unik

Ekuador adalah rumah bagi empat wilayah berbeda. Pegunungan, Pantai, Amazon, dan Kepulauan Galapagos yang terkenal. Setiap daerah memiliki keunikan budayanya masing-masing, mulai dari pakaian hingga makanan berbeda-beda. Bahkan, di Ekuador, bahasa yang digunakan pun beragam- terutama di masyarakat adat pedesaan.

Sebagian besar dari hal ini bergantung pada bahan yang tersedia bagi masyarakat, dan cara masyarakat telah berkembang untuk memanfaatkannya. Misalnya, makanan pesisir sangat berbahan dasar kelapa dan ikan. Makanan dari pemukiman pegunungan, bagaimanapun, jauh lebih mungkin untuk menjadi cuy (kelinci percobaan) dan jagung.

Perbedaan telah berkurang secara bertahap dari waktu ke waktu. Dengan meningkatnya jumlah dan kualitas transportasi antara gunung dan pantai, (mobil bukan llama, jalan bukan jalan tanah) menjadi lebih mudah bagi orang untuk berbagi barang-barang mereka. Bahasa juga menjadi jauh lebih standar karena bahasa Spanyol menjadi lebih dominan di negara ini daripada bahasa daerah seperti Kichwa.

Itu Semua Tentang Fakta Ekuador

Apakah Anda pernah berpikir untuk bepergian ke sana sebelumnya atau tidak, sekarang Anda memiliki semua fakta menyenangkan tentang Ekuador. Dan jika Anda berencana untuk segera berkunjung,  Kepulauan Galapagos  harus berada di urutan teratas daftar Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya