10 Hal Teraneh di Mesir Kuno, Lipstiknya Terbuat dari Serangga

Ilustrasi Militer Mesir.
Sumber :

VIVA Lifestyle - Apa yang bisa kita katakan tentang Mesir? Ini adalah negeri yang penuh hal-hal mitos dan legenda, peradaban kuno, dan Piramida Giza. Mesir adalah negara yang menarik untuk dikunjungi dengan beberapa tempat bersejarah paling menarik di planet ini. 

Maroko Masuk dalam 5 Besar Negara Terkaya di Afrika

Ada jauh lebih banyak hal teraneh di Mesir daripada sekadar piramida dan Anda akan melihat alasannya saat kita membahas fakta paling menarik tentang Mesir ini! Sebagai salah satu peradaban tertua di dunia, Mesir adalah tujuan yang menawan.

Piramida Agung, Mesir.

Photo :
  • U-Report
Diduga Bunuh Diri, Anton Bahrul Nekat Terjun ke Sungai Brantas

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Timur Tengah , fakta teraneh di Mesir berikut ini akan membantu Anda memahami sejarah Mesir kuno dan latar belakang beberapa atraksi paling populer di negara tersebut.

Seperti di Mesir kuno yang merupakan pionir orang-orang cerdas dan jujur ??? sedikit eksentrik, dengan mereka mencukur alis setelah kematian kucing mereka. Kita semua dapat mengakui bahwa mereka kadang-kadang melakukan beberapa hal aneh, jadi untuk menghormati itu kami menemukan beberapa hal teraneh yang dilakukan orang-orang Mesir kuno.

Ambil Air Wudhu di Parit, Pria Tua di Kubu Raya Diserang Buaya Muara

Berikut ini akan kami bagikan sederet fakta maupun hal paling aneh di Mesir Kuno yang menarik untuk diketahui, melansir dari berbagai sumber salah satunya beano.com:

Petani di Mesir  Kuno Gunakan Sekantong Tulang Tikus

Mereka menggunakan sekantong tulang tikus tersebut yang diikatkan di leher untuk menyembuhkan mengompol. Pasalnya, banyak bertanya-tanya berapa banyak orang yang mengompol karena takut tulang di leher mereka!

Pria dan Wanita Gunakan Riasan

Rahasia Cantik ala Cleopatra

Photo :
  • U-Report

Pada abad ke-21, aktor pria memakai riasan adalah hal biasa, tetapi tahukah Anda bahwa pria dan wanita Mesir memakai riasan? Cat mata biasanya berwarna hijau atau hitam. Riasan tersebut berfungsi baik untuk tujuan praktis maupun ritual. Diperkirakan untuk melindungi mata dari sinar matahari, mengusir lalat, dan menangkal infeksi. Riasan dramatis juga meniru tanda wajah dewa matahari Horus.

Kosmetik juga mencerminkan peringkat seseorang di Mesir kuno – tanda seorang wanita kaya adalah kotak kosmetik portabel. Pada masa pemerintahan Ramses III, para buruh berhenti bekerja karena mereka tidak diberi balsem dan minyak pijat, yang mereka anggap penting untuk kesejahteraan mereka.

Usia Tidak Masalah

Kematian adalah sesuatu yang dianggap sangat serius oleh orang Mesir kuno, dan dengan keyakinan mereka bahwa mereka akan kembali suatu hari nanti, mereka memumikan segala sesuatu mulai dari manusia hingga anjing dan kucing. Tapi seberapa jauh mereka bersedia untuk pergi?

Sebuah sarkofagus yang tidak lebih besar dari kotak sepatu digali dari Giza pada tahun 1907, dan setelah diperiksa oleh para peneliti di Museum Fitzwilliam dan menggunakan teknologi Pencitraan, mereka menemukan sesuatu yang menakjubkan.

Itu adalah mumi kecil dari anak keguguran berusia 16 dan 18 minggu, dengan lengan kecilnya disilangkan, di dalam peti kayu berukir rumit yang biasa digunakan sekitar tahun 664 dan 525 SM.

Proses Mummifikasi Butuh Banyak Perban

Ilustrasi mumi.

Photo :
  • Pixabay

Proses mumifikasi akan menggunakan kain tipis sepanjang 1500 meter. Di antara banyak lapisan, pendeta akan menempatkan permata kecil dan barang-barang untuk membantu mereka di kehidupan selanjutnya.

Perempuan Menggunakan Jenggot Palsu

Ilustrasi pria berjenggot

Photo :
  • Shutterstock

Hatshepsut adalah seorang firaun Mesir. Satu-satunya masalah adalah, Hatshepsut adalah seorang wanita, dan firaun wanita tidak selalu dianggap serius.  Jadi dia memutuskan untuk melakukan sesuatu tentang itu. Patung-patung Hatshepsut yang masih hidup menunjukkan padanya dengan janggut panjang bergaya Mesir kuno. 

Meskipun dia mungkin tidak memakainya sepanjang waktu, janggut membantunya terlihat lebih seperti dewa Mesir kuno. Apakah Anda akan memakai janggut jika itu membantu Anda menjadi firaun? 
Kami akan meletakkan Calippo di dagu kami jika itu berarti mendapatkan barang gratis.

Orang Mesir Mandi dengan Susu Asam

Ilustrasi susu kental manis.

Photo :
  • Freepik/azerbaijan_stockers

Mereka melakukan ini karena mereka percaya itu membantu kulit mereka. Ini tidak seperti ada orang yang akan meminumnya.

Roti Berjamur Digunakan untuk Obati Luka

Roti berjamur.

Photo :
  • U-Report

Kedengarannya menjijikkan, tapi itu benar. Bakteri dalam jamur akan bertindak sebagai antibiotik dan menyembuhkan luka. Kami berharap mereka tidak meletakkan kembali roti di atas meja.

Lipstik Khas Mesir Terbuat dari Serangga

Ternyata di Mesir, lipstik terbuat dari serangga yang dihancurkan. Asam carminic merah diekstraksi dari cochineal atau serangga digunakan sebagai komponen makeup. Namun, wanita modern, tidak seperti Cleopatra, tidak perlu mengekstraksi pewarna carmine untuk menghasilkan riasan. Untuk mengoleskan lipstik, mereka tidak harus merebus dan menghancurkan serangga .

Firaun Menderita Obesitas

Kita sering diberi tahu bahwa orang Mesir kuno, terlihat sehat dan bugar. Tapi ternyata para ilmuwan telah melakukan analisis X-Ray pada mumo dan menyimpulkan hal tersebut jauh dari kenyataan. Faktanya, orang Mesir yang kaya, terutama Firaun, sebenarnya gemuk dan tidak sehat. Makanan mereka yang penuh karbohidrat dan lemak jenuh serta alkohol berkontribusi pada masalah obesitas dan kesehatan.

95 Persen Orang Mesir Tinggal di Sepanjang Sungai Nil

Sungai Nil.

Photo :
  • U-Report

Tahukah Anda bahwa sungai terpanjang di dunia terletak di Mesir. Sungai Nil membelah Mesir dan sekitar 95 persen penduduk Mesir tinggal di sepanjang Sungai Nil. Dengan sebagian besar negara yang diduduki oleh gurun, fakta tentang Mesir ini tidak terlalu mengejutkan. 90 persen Mesir terdiri dari gurun dan Sungai Nil membelah gurun itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya