Masyarakat Bali Serentak Rayakan Hari Tresna Asih

Hari Tresna Asih
Sumber :

VIVA Lifestyle – Perayaan Tumpek Krulut atau hari Tresna Asih dilaksanakan secara serentak di seluruh Bali, Sabtu, 23 Juli 2022. Hari kasih sayang dalam tradisi Bali ini kali pertama digelar di Pulau Dewata. 

Tokoh Hindu Sebut World Water Forum ke-10 Dapat Tingkatkan Perekonomian Warga Bali

Rahina Tumpek Krulut diadakan secara sakala  dan niskala secara fisik melalui perayaan dan persembahyangan di pura di tingkat keluarga, sekolah hingga di Pura inti di Pura Besakih. Puncak Perayaan Rahina Tumpek Krulut Pemprov Bali akan digelar pada 23 Juli 2022 mulai jam 19.00 WITA bertempat di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Provinsi Bali.

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, tata cara pelaksanaan Rahina Tumpek Krulut secara sakala dan niskala diatur melalui Instruksi Gubernur Bali Nomor 08 Tahun 2022.

Gelar Reforma Agraria Summit 2024, Kementerian ATR: Tindak Lanjut Deklarasi Karimun 2023

"Secara sakala dilakukan dengan berbagai kegiatan secara bersama-sama dalam untuk menunjukkan kepedulian terhadap keluarga, teman, saudara dan sesama," kata Gubernur Bali Wayan Koster, Sabtu, 23 Juli 2022.

Pada Rahina Tumpek Krulut, kata Koster, manusia wajib membangkitkan kesadaran bahwa dalam hidup kita harus saling mengasihi, saling menyayangi, memupuk persaudaraan. Hal ini dapat dilakukan dengan aktivitas kebersamaan dalam berbagai bidang.

24 Sniper dan Tim Penyelamat Kopasgat Siap Amankan Tamu KTT WWF 2024 di Bali

Dalam pelaksanaannya, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Universitas Dwijendra Drs. I Wayan Kotaniartha, SH menjabarkan bahwa Hari Tresna Asih Dresta Bali bersifat universal, dan bukan hanya bersifat personal dalam hubungan asmara. 

Cinta kasih yang universal akan melahirkan ketentraman dan kedamaian dalam kehidupan yang dijalani umat manusia. Pada Rahina Tumpek Krulut, umat Hindu Bali memuja Dewa Iswara dalam manifestasinya sebagai Dewa Keindahan. 

"Tresna Asih ini sifatnya sangat luas dan universal, dengan mewujudkan Tresna Asih kita akan mendapatkan kebahagiaan lahir bathin dalam menjalani roda kehidupan," kata Wayan Kotaniartha. 

Puncak Perayaan Rahina Tumpek Krulut Pemprov Bali akan digelar pada 23 Juli 2022 mulai pukul 19.00 WITA di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Provinsi Bali.

Pada puncak perayaan itu, Gubernur Bali akan memberi hadiah sepeda listrik kepada siswa berprestasi tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK, serta sepeda motor listrik kepada mahasiswa berprestasi. Selain itu Gubernur juga akan 
memberi sertifikat kepada 200 Sanggar Seni yang ada di Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya