Sederet Fakta Tsunami yang Perlu Anda Ketahui

ilustrasi Tsunami
Sumber :
  • Pexels

VIVALifestyle – Ketika ada perpindahan volume air yang signifikan, tsunami pun terjadi. Ini adalah serangkaian gelombang besar dan raksasa, biasanya disebabkan oleh letusan gunung berapi dan gempa bumi . Ini biasanya terjadi di laut atau danau besar. 

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Setiap dan semua daftar fakta tsunami mengatakan bahwa mereka adalah salah satu kekuatan alam yang paling kuat dan merusak di dunia. Dan kami setuju! Tsunami dapat menyerang garis pantai dan dapat berlangsung selama berjam-jam.

Mereka datang bukan hanya sebagai satu gelombang, tetapi sebagai beberapa gelombang dengan arus yang kuat!  Air dan energi yang dikandung tsunami dapat menghancurkan bangunan, rumah, mobil, kabel listrik, dan hampir semua yang menghalangi jalannya. 

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Ilustrasi Tsunami.

Photo :
  • pixabay

Tsunami juga dapat mengakibatkan kematian yang meliputi tenggelam dan cedera traumatis. Awal tsunami dimulai dengan suara gemuruh seperti kereta barang atau Boeing 747 yang lepas landas.  Kemudian dinding air muncul, membawa serta kekuatan luar biasa yang dapat dengan mudah dan instan meratakan seluruh struktur.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Jadi, apa yang bisa Anda lakukan saat tsunami melanda? Jika Anda tersapu arus yang bergejolak, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berpegangan pada sesuatu yang mengapung, seperti batang pohon atau tiang. Juga, masuk kembali struktur hanya setelah mereka diperiksa untuk stabilitas struktural. 

Air tsunami, seperti air banjir, dapat melemahkan fondasi struktur, menyebabkan lantai pecah dan dinding runtuh. Lama setelah air tsunami surut, mayat, saluran pembuangan yang rusak, persediaan air tawar yang tercemar, dan kabel listrik yang putus menimbulkan bahaya kesehatan terbesar.

Ingin tahu lebih banyak tentang tsunami? Berikut ini ada sederet fakta tsunami yang menarik untuk Anda ketahui. Pelajari cara mencegahnya, bagaimana mereka muncul, sejarah mereka secara keseluruhan, dan informasi berguna lainnya. 

Ilustrasi Tsunami.

Photo :
  • U-Report

80% tsunami terjadi di dalam "Cincin Api" Samudra Pasifik

Sekitar 80% tsunami terjadi di Cincin Api Pasifik. Ini adalah daerah di mana gunung berapi aktif dan gempa bumi sering terjadi. “Cincin Api” mencakup wilayah seperti Amerika Utara ,  Amerika Selatan , Kamchatka di Rusia , dan beberapa pulau di Samudra Pasifik bagian barat .

Mega-tsunami adalah fenomena langka

Mega-tsunami adalah tsunami dengan ketinggian gelombang awal yang jauh lebih tinggi dari tsunami biasa. Sangat bagus, tingginya bisa mencapai beberapa ratus meter.

Sebuah mega-tsunami terjadi di Teluk Lituya, Alaska

Salah satu tsunami tertinggi dan terbesar dalam sejarah terjadi di Teluk Lituya, Alaska pada Juli 1958. Sebuah mega-tsunami berukuran sekitar 1.720 kaki terjadi, menyusul gempa bumi yang terjadi hanya 13 mil jauhnya dari tsunami. Ajaibnya, mega-tsunami hanya menewaskan lima orang.

Tsunami India 2004 adalah salah satu tsunami paling mematikan

Gempa bumi bawah laut dengan kekuatan 9,1 melanda pantai Pulau Indonesia di Sumatera pada tanggal 26 Desember 2004, pukul 07:59 Selama beberapa jam berikutnya, tsunami meletus dari Samudra Hindia. Ini menghancurkan daerah pesisir sejauh Afrika Timur. Ketinggian ombak mencapai sekitar 30 kaki atau 9 meter.

Sekitar 225.000 orang tewas dalam tsunami India 2004

Tsunami India 2004 menyebabkan lebih dari 250.000 kematian di Indonesia , Sri Lanka, India , Maladewa, dan Thailand . Di Indonesia sendiri, pejabat melaporkan sekitar 200.000 kematian di Provinsi Aceh Sumatera. Maladewa melaporkan lebih dari seratus korban dan kerusakan ekonomi yang sangat besar.

Ilustrasi Tsunami

Photo :
  • SMS-Tsunami-Warning.com

Tsunami sering terjadi di Jepang

Jepang terletak di sepanjang Cincin Api Pasifik barat laut, itulah sebabnya ia secara teratur mengalami gempa bumi dan tsunami. Sepanjang catatan sejarah Jepang, total 141 tsunami telah terjadi dan lebih dari 130,00 orang telah meninggal.

Tsunami Tohoku 2011 adalah salah satu tsunami paling merusak di Jepang

Pada tanggal 1 Maret 2011, salah satu gempa bumi terkuat melanda Semenanjung Oshika di wilayah T?hoku dan berlangsung selama kurang lebih 6 menit. Gempa tersebut mengakibatkan tsunami yang menghasilkan gelombang setinggi 40 meter atau 132 kaki, dan menewaskan lebih dari 15.500 orang.

Selain itu, juga menghancurkan infrastruktur negara seperti rumah, jalan, bisnis, kereta api, dan juga mengakibatkan kehancuran atau panas berlebih yang parah dari tiga reaktor nuklir di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi.

Gempa berkekuatan 7,6 dan 7,8 dapat menyebabkan tsunami yang merusak

Gempa bumi dengan magnitudo 7,6 hingga 7,8 (terutama di dekat pusat gempa) dapat menimbulkan tsunami yang merusak. Namun demikian, pada kisaran magnitudo tersebut, kemampuan tsunami untuk menimbulkan kerusakan di daerah yang jauh sangat jarang.

Tsunami dan gelombang pasang tidak sama

Tsunami dan gelombang pasang adalah dua fenomena yang tidak berhubungan dan berbeda. Interaksi gravitasi antara bulan, bumi, dan matahari dapat menyebabkan gelombang pasang. Sementara itu, gempa bumi, longsor bawah laut, dan tanah longsor di pantai, atau ketika sejumlah besar puing-puing jatuh di atas air dapat menyebabkan tsunami.

Pelampung adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi tsunami

Badan Meteorologi menggunakan pelampung tsunami laut dalam untuk mendeteksi keberadaan gelombang tsunami yang dihasilkan oleh gempa bawah laut. Pelampung merupakan alat terapung, dan memiliki beberapa kegunaan, Salah satu tujuan utamanya adalah untuk mencatat dan mengamati perubahan permukaan air laut.

Tsunami Lisbon 1755 menewaskan sekitar 90.000 orang

Pada tanggal 1 November 1775, sekitar pukul 09:40 pagi, gempa bumi berdampak pada Portugal , Semenanjung Iberia, dan Afrika Barat Laut. Sekitar 40 menit setelah gempa, tsunami dengan siklus tiga gelombang, sekitar 6 meter, tinggi melanda Lisbon, bersama dengan kota-kota di pantai barat Portugal, dan menewaskan sekitar 90.000 orang.

Hawaii memiliki risiko lebih besar terkena tsunami

Karena letak Hawaii yang berada di tengah “Cincin Api”, maka rentan terhadap gempa bumi dan tsunami. Selama bertahun-tahun, beberapa tsunami merusak melanda Hawaii, dan tsunami paling awal yang tercatat terjadi sekitar tahun 1980-an.

Tsunami setinggi 50 kaki melanda Hawaii pada tahun 1946

Pada tanggal 1 April 1946, setelah gempa bumi berkekuatan 8,1 melanda dekat Kepulauan Aleutian, tsunami setinggi 50 kaki melonjak ke pulau Hawaii. Itu adalah salah satu tsunami paling merusak yang melanda Hawaii. Ia pergi sejauh Alaska dan California . Itu menyebabkan kematian 150 orang dan kehancuran rumah, bisnis, dan jalan.

Tsunami Hawaii 1946 memiliki hikmahnya

Tsunami yang melanda Hawaii pada tahun 1946 adalah semacam peringatan. Kengerian peristiwa tersebut mendesak dikembangkannya sistem peringatan tsunami yang umum digunakan saat ini. Bencana tersebut juga meningkatkan kesadaran penduduk Hawaii untuk mempraktikkan lebih banyak prosedur keselamatan selama tsunami seperti bergerak di tempat yang lebih tinggi dengan berjalan kaki daripada melarikan diri dengan mobil di tengah tsunami.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya