8 Tradisi Unik Pernikahan di Seluruh Dunia, Ada yang Minum Air Toilet

upacara pernikahan jelang valentine di thailand
upacara pernikahan jelang valentine di thailand
Sumber :

VIVA Lifestyle – Pernikahan adalah sebuah hal yang sakral untuk dua orang yang saling mencintai supaya bisa dipersatukan dalam sebuah ikatan sesuai agama dan keyakinan masing-masing. Serta pernikahan juga sebagai sebuah ikatan yang diakui secara hukum, agama dan negara tertentu. Tapi, tak sedikit sebuah acara pernikahan yang mempunyai tradisi dan aturan unik

Biasanya, tradisi dan aturan tersebut diatur dalam masing-masing suku, budaya, maupun agama tertentu. Ada beberapa tradisi pernikahan yang disebabkan oleh adanya perbedaan tradisi yang dilaksanakan secara turun temurun maupun sekadar filosofi daerah berbeda. Ada pula tradisi pernikahan yang dianggap unik, aneh, sekaligus menjijikan. 

Beberapa tradisi tersebut dilaksanakan di negara-negara tertentu. Menariknya lagi, hal itu bukan hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di beberapa penjuru dunia. Nah, untuk kamu yang penasaran, berikut ulasan selengkapnya tentang tradisi pernikahan yang paling unik di dunia seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

1. Skotlandia

Drovers Inn, Inverarnan di Skotlandia

Drovers Inn, Inverarnan di Skotlandia

Photo :
  • Facebook: DroversScotland

Tradisi pernikahan yang ada di Skotlandia mengharuskan pengantin laki-laki dan perempuan dilumuri dengan cairan atau apa saja yang dianggap menjijikan. Kemudian, setelah dilumuri berbagai macam cairan, bersama-sama mereka diarak keliling kota untuk ditunjukkan kepada seluruh masyarakat kota. Konon, dengan melewati rasa malu, mereka berdua bisa mengatasi masalah apa saja dalam biduk rumah tangga. 

2. India

Pasangan India menikah.

Pasangan India menikah.

Photo :
  • U-Report

Di India, seorang wanita dikatakan terkutuk bila keinginannya untuk menikahnya lebih besar ketimbang pria. Untuk menghilangkan kutukan yang dimiliki si wanita sebelum masuk rumah tangga, maka dia harus dinikahkan kepada pohon terdahulu. Diyakini bahwa dengan begitu, kutukan di wanita akan terjelma di dalam pohon dan si wanita bebas dari kesialan yang akan menderanya. 

3. Korea Selatan

Pernikahan ala Korea Selatan

Pernikahan ala Korea Selatan

Photo :
  • mga-inc

Salah satu tradisi yang aneh adalah di pengantin pria di Korea Selatan. Setelah resepsi pernikahan selesai, para teman dari pengantin pria akan mengikat kakinya dan memukul telapaknya dengan keras. Belum diketahui asal usul dari tradisi tersebut, tapi diyakini bahwa dengan melakukan hal itu maka si pengantin pria akan merasa tangguh dalam menjalani malam pertamanya. 

4. Tiongkok

Situs bersejarah Kota Terlarang atau Forbidden City di Beijing, Tiongkok

Situs bersejarah Kota Terlarang atau Forbidden City di Beijing, Tiongkok

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Tradisi yang satu ini dilaksanakan jauh sebelum hari pernikahan dilaksanakan. Untuk menentukan hari pernikahan, pasangan di Tiongkok atau pedalaman Mongol perlu bersama-sama membelah anak ayam dan mengecek hatinya. Bila sehat, maka mereka boleh menentukan tanggal pernikahan. Bila tidak, maka harus siap memotong ayam yang sehat. 

Jika tidak, maka tidak dapat ditentukan kapan hari pernikahannya. Tradisi unik yang lainnya adalah memanah sang pengantin. Hal ini dilaksanakan di Yugur atau Uighur Kuning, Tiongkok. Sang pengantin laki-laki akan memanah pengantin perempuannya dengan anak panah yang tidak berkepala, lalu akan mematahkan anak panah itu, sebagai lambang cinta selamanya. 

5. Thailand

upacara pernikahan jelang valentine di thailand

upacara pernikahan jelang valentine di thailand

Photo :

Mungkin kamu menganggap ini tidak masuk akal, mengingat menikah dan peti mati merupakan dua hal yang sangat berlawanan. Namun, ritual ini memang pernah dirayakan. Pada hari Valentine 2015, sepuluh pasang pengantin melakukan upacara ini di Wat Ta Kien, Thailand. Masyarakat meyakini berbaring di peti mati dan didoakan akan menghilangkan nasib sial. 

6. Republik Demokratik Kongo

VIVA Militer: Pasukan Perdamaian Indonesia di Republik Demokratik Kongo

VIVA Militer: Pasukan Perdamaian Indonesia di Republik Demokratik Kongo

Photo :
  • Istimewa

Republik Demokratik Kongo merupakan sebuah negara yang berada di Afrika Tengah. Untuk masyarakat Kongo, tersenyum merupakan sesuatu yang tabu dilakukan saat menggelar acara pernikahan. Tersenyum dan tertawa dianggap bila pasangan itu tak serius melaksanakan acara pernikahan. Sebab itu, pasangan pengantin selalu memasang ekspresi datar dan baru setelah bulan madu mereka akan bergembira. 

7. Filipina 

Pengantin di Filipina nikahi dua wanita

Pengantin di Filipina nikahi dua wanita

Photo :
  • facebook.com/ronquillo.guiambangan

Pernikahan selanjutnya dilaksanakan di Filipina. Dalam tradisi tersebut, sang pengantin tidak usah membiayai upacara, ritual, maupun perayaannya dan semua ini dibiayai oleh pemerintah. Persyaratannya cukup mudah, yaitu sang pengantin harus mencari venue sendiri, sudah mendaftarkan diri, dan dilaksanakan di hari Valentine. 

8. Prancis

Prancis

Prancis

Photo :
  • pixabay

Pengantin baru di Prancis tampaknya tidak seberuntung pasangan di negara lain. Di sana, ada sebuah tradisi yang mana sang pengantin dipaksa untuk minum-minuman sisa di toilet. Saat ini memang sudah diganti dengan memakan cokelat di champagne, tapi tetap saja minumnya harus dari toilet.