Yuk, Kenalan Dengan Capybara, Hewan Paling Ramah di Dunia

Capybara, hewan paling ramah di dunia
Sumber :
  • freepik

VIVA Lifestyle – Dunia memang penuh dengan hewan - hewan yang menakjubkan. Apalagi, dengan majunya ilmu pengetahuan, jenis - jenis hewan saat ini bisa dibedakan sesuai dengan kategorinya, yang tentu saja sudah sesuai dengan pedoman ilmu pengetahuan.

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Nah, ada salah satu hewan yang terkenal dengan keramahannya dan keakrabannya dengan hewan spesies lain, baik itu spesies buas pemakan daging maupun spesies jinak. Hewan tersebur bernama Capybara

Capybara, hewan paling ramah di dunia

Photo :
  • freepik
Heboh TikTokers Galih Loss Diduga Lecehkan Islam, Tim Siber Polri Langsung Turun Tangan

Capybara atau Kapibara termasuk hewan jenis pengerat. Bentuknya sangat lucu, mirip seperti marmut namun dengan ukuran yang besar. Capybara memiliki nama ilmiah Hydrochoerus hydrochaeris. Hewan liar yang ramah ini mudah ditemukan di wilayah Amerika Selatan dan Tengah.

Bentuknya yang mirip marmut tak semata mata hanya bentuk, namun keduanya berasal dari famili yang sama, yaitu Caviidae. Selain itu, keduanya aktif di siang hari dibandingkan malam hari. Sedangkan sebagian besar hewan pengerat aktif di malam hari. 

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Capybara termasuk salah satu hewan pengerat yang bisa tumbuh besar. Hewan ini memiliki panjang tubuh dari 1 hingga 1,35 meter, sedangkan tinggi tubuhnya dapat mencapai hingga 50 sentimeter. Capybara betina berukuran lebih besar di mana beratnya bisa mencapai 66 kilogram dibandingkan yang jantan yang beratnya hampir 65 kilogram. 

Capybara bersama kura-kura

Photo :
  • boredpanda.com

Umumnya, Capybara bisa mencapai usia 8 hingga 10 tahun. Namun, kebanyakan yang hidup di alam liar hanya dapat bertahan hingga 4 tahun saja. Capybara termasuk hewan semi-aquatic, yang mana mereka bisa menghabiskan "kesehariannya" di air maupun di darat, apalagi mereka adalah hewan yang jago berenang. 

Hewan lucu ini termasuk herbivora, dan biasanya makan rumput dan tanaman air, namun terkadang jika dipelihara, diberi makan buah dan sayur. Namun, ada hal lucu dan aneh dari Capybara. Ternyata mereka juga memakan kotoran mereka sendiri. Kotoran Capybara dianggap kaya protein yang berasal dari mikroba pencerna makanannya dihari sebelumnya. Rumput yang dimakan oleh Capybara sulit dicerna, sehingga memakan kotoran dianggap sebagai cara mencerna untuk kedua kalinya.

Capybara dengan buaya

Photo :
  • boredpanda.com

Hal unik dari Capybara lainnya adalah, hewan ini bisa akrab dengan hewan lainnya. Sempat viral beberapa kali di internet, terlihat potret Capybara sedang bersantai dengan ayam, kucing, kura - kura, bahkan buaya. 

Meski belum ada penjelasan ilmiah mengenai Capybara mengapa sangat "santai", namun mengutip dari National Geographic US, mereka bisa terlihat santai karena mereka selalu aware atau waspada dengan sekitar dan selalu berhati - hati. Waspada itu penting, untuk Capybara, ketika mereka sering menjadi "menu makan" untuk jaguar, puma, dan, jika di dalam air, caiman. Capybara muda bahkan lebih perlu khawatir karena mereka adalah makanan ringan favorit ular seperti ular boa, rubah pemakan kepiting, kucing kecil, dan burung pemangsa seperti caracara dan burung hering hitam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya