Hari Paling Santai, Ini 7 Fakta Hari Minggu di Seluruh Dunia

Ilustrasi Liburan.
Sumber :

VIVA LifestyleFakta hari minggu yang dikenal sebagai hari libur diakhir pekan adalah hari yang menyenangkan bagi sebagian orang. Biasanya hari minggu dimanfaatkan para pekerja dan pelajar untuk bersantai atau berlibur keluar bersama keluarga.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 21 April 2024

Jika selama ini kamu hanya mengenal hari minggu sebagai hari libur kamu juga harus mengetahui fakta lainnya yang menyangkut hari ini. Hari Minggu ternyata memiliki banyak hal yang dilakukan oleh masyarakat dunia.

Adanya fakta menarik tentang hari Minggu di kalangan masyarakat dunia, VIVA kali ini merangkumnya dari berbagai sumber sebagai berikut.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 7 April 2024

1. Hari Masyarakat Romawi Kuno Beribadah

Bangsa Romawi Kuno.

Photo :
  • U-Report
Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 31 Maret 2024

Di Italia, masyarakat Romawi kuno biasanya melakukan ibadah pada setiap hari Minggu. Hal ini karena hari Minggu atau dalam bahasa Inggris Sunday merupakan hari dimana Dewa Matahari sangat diagungkan.

Hal ini pula yang membuat mengapa hari Minggu di dalam kalender perayaan dengan warna merah. Lantaran Minggu merupakan hari yang penting untuk mengingat dewa.

2. Bukan Hari Libur Bangladesh, Bahrain dan Iran

VIVA Militer: Rudal balistik militer Iran

Photo :
  • cnn.com

Hari Minggu di Bangladesh, Bahrain dan Iran merupakan hari yang produktif. Mereka tidak memperlakukan hari Minggu sebagai hari libur bagi pekerja dan pelajar.

Hal ini karena sebagian besar warganya memeluk agama Islam, sehingga hari Minggu adalah hari yang penting. Sebaliknya, mereka memberlakukan hari Jumat sebagai hari libur untuk memperbanyak ibadah di hari Jumat.

3. Hari Harga-Harga Tiket  Lebih Mahal

liburan di pantai

Photo :
  • U-Report

Tak hanya di Indonesia, rupanya pemberlakuan harga tiket transportasi dan taman hiburan yang mahal juga berlaku di luar negeri. Hal ini dikarenakan hari Minggu kerap menjadi pilihan para keluarga untuk menikmati hiburan bersama.

Pastinya ini menjadi daya tarik dan keuntungan yang bisa diperoleh oleh segelintir orang karena pelayanan yang diberikan kepada pelanggan juga semakin meningkat.

4. Hari Untuk Menyalurkan Hobi

Ilustrasi phobia di ketinggian.

Photo :
  • VKool.com

Di Indonesia sendiri, hari Minggu biasanya diisi dengan acara hiburan untuk mengalirkan hobi seperti bermain musik, bernyanyi, menonton film dan bahkan berkebun. Ternyata, hal-hal ini secara langsung tidak memberikan refleksi diri yang siap menyambut hari baru di pekan yang baru keesokan harinya.

5. Hari Minggu Di Awal Bulan dengan Mitos

Hantu Air.

Photo :
  • Soompi

Satu hal yang dipastikan jika hari minggu jatuh diawal bulan adalah bahwa tanggal 13nya akan jatuh pada hari jumat atau pasti dibulan tersebut akan jatuh Friday the 13th atau jumat ketigabelas.

Friday the 13th, istilah sudah sangat populer karena menurut kepercayaan, hari jumat ketigabelas adalah hari yang sangat berguna dan membawa ketidakberuntungan pada banyak orang.

6. Hari Pertama di Sebagian Negara Dunia

liburan musim dingin

Photo :
  • U-Report

Jika dalam kalender yang menganut sistem standar internasional atau ISO hari minggu adalah hari ketujuh, lain halnya dengan beberapa negara yang justru menjadikan minggu sebagai hari pertama seperti dinegara Timur Tengah seperti Bahrain, Arab Saudi dan Dubai.

Tidak hanya negara islam saja yang menjadikan hari minggu sebagai hari pertama melainkan juga negara katolik di Eropa dan Amerika serta negara di Asia seperti Nepal.

7. Hari Pemilu Sebagian Negara di Eropa

Unjuk Rasa Hasil Pemilu 2019

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pemilihan umum di beberapa negara Eropa tampaknya diselenggarakan pada Hari Minggu. Mereka akan memilih siapa pemimpin mereka dalam waktu 5 tahun ke depan tepat di hari Minggu.

Namun tak semua negara Eropa memperlakukan hal tersebut. Beberapa negara lain menyesuaikan dengan aturan mereka masing-masing seperti: Inggris dan Belanda pada hari Jumat, pada hari Sabtu, Republik Ceko, Malta, dan Latvia pada hari Minggu.

Nah, demikian informasi mengenai fakta hari minggu dibagian belahan dunia yang beberapa diantaranya tidak merasakan libur dan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menyibukkan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya