Pengobatan Alternatif Unik di Indonesia, Ada yang Pakai Pistol Mainan

Ilustrasi urine.
Sumber :
  • Pixabay/ frolicsomepl

VIVA Lifestyle – Pengobatan alternatif memang masih banyak dilakukan hingga saat ini, khususnya di Indonesia. Biasanya pengobatan alternatif digunakan sebagai metode penyembuhan penyakit di dalam tubuh. Ada berbagai pengobatan alternatif unik di Indonesia yang mungkin masih belum diketahui banyak orang. 

6 Cara Efektif Mengurangi Mata Minus bagi Penderita dengan Tingkat Minus Rendah

Berbagai pengobatan alternatif unik tersebut diketahui hanya ada di Indonesia dan menjadi ciri khas. Biasanya pengobatan dilakukan dengan menggunakan berbagai bahan dan alat yang unik pula yang dianggap dan dipercaya dapat menyembuhkan suatu penyakit. Apa saja itu? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini pengobatan alternatif unik di Indonesia. 

1. Minum air urine sendiri

Tukul Arwana Masih Rutin Jalani Terapi, Anak Minta Doa

Ilustrasi urine

Photo :
  • Pixabay/ frolicsomepl

Tahukan kamu ada metode pengobatan alternatif yang menggunakan air urine sendiri untuk diminum? Air urine telah dipercaya dapat menjadi pengobatan alternatif untuk diminum karena kandungan penting yang ada di dalamnya seperti enzim, vitamin, hormon dan antibodi. Oleh karena itu, metode pengobatan alternatif dengan meminum urine sendiri ini sempat populer di Indonesia untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Geger Inul Daratista Alami Penyumbatan Batang Otak Kiri, Begini Kondisinya

2. Menggunakan aliran listrik kereta api

Ilustrasi perlintasan kereta api

Photo :
  • ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Aliran listrik kereta api dipercaya dapat menjadi terapi dan sebagai pengobatan alternatif unik yang ada di Indonesia. Berbagai macam penyakit yang ada di dalam tubuh dipercaya dapat disembuhkan dengan melakukan terapi aliran listrik kereta api ini. 

3. Terapi Merebus Pasien

berendam rumput laut

Photo :
  • daily mail

Selanjutnya ada terapi merebus pasien sebagai salah satu pengobatan alternatif yang unik di Indonesia. Mungkin kedengarannya memang berbahaya, namun maksudnya adalah merebus jagung, kacang atau ketela tanpa ditutupi dengan wadahnya. Kemudian setelah rebusan mendidih, air yang ada di dalam drum akan diberi ramuan-ramuan dan ragi tempe dan dicampur dengan air tawassul. Barulah setelah itu pasien akan berendam selama 30 menit di dalamnya. Terapi ini dipercaya ampuh untuk menyembuhkan seseorang yang kecanduan rokok dan narkoba.

4. Pengobatan alternatif totok rokok

Ilustrasi rokok (picture-alliance/dpa/APA/H. Fohringer).

Photo :
  • dw

Ada juga terapi totok rokok sebagai pengobatan alternatif yang pertama kali diketahui ditemukan Fuad Baradja,  seorang bintang sinetron di klinik yang didirikannya khusus bagi para pecandu rokok. Metode terapi yang digunakan adalah Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT), di mana penggabungan antara teori akupuntur dan spiritual dan nantinya rokok akan di ketukan di sisi meridian pasien. Terapi ini dipercaya dapat menyembuhkan seseorang dari kecanduan merokok dan hanya ada di Indonesia.

5. Menggunakan pistol mainan

Ilustrasi pistol mainan

Photo :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan

Terakhir, pengobatan alternatif unik di Indonesia yang paling menarik adalah dengan praktek ritual menggunakan pistol mainan. Alat pistol mainan tersebut dijadikan sebagai sarana pengobatannya. Pistol akan diarahkan kepada orang yang ingin disembuhkan sambil dibacakan potongan-potongan ayat suci. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya