Ada di Film Bollywood, Ini 8 Fakta Budaya Pernikahan India

Kshama Bindu dari Gujarat melakukan pernikahan sologami pertama di India
Sumber :
  • Instagram @kshamachy

VIVA Lifestyle –  Dalam budaya India, merayakan pernikahan dengan pesta beberapa hari berturut-turut bukan hal yang aneh. Hampir mirip dengan budaya Indonesia yang memiliki beberapa prosesi upacara pernikahan, demikian pula dengan India.

Khazanah: Jejak Langkah Ibnu Batutah, Penjelajah Abad Pertengahan yang Mengukir Sejarah

Tengok saja Priyanka Chopra yang menyewa resort selama 1 pekan penuh, atau Deepika Padukone pernikahan yang pesta di Italia dan India dengan banyak berbeda. Dan seperti Indonesia, India pun terdiri dari beragam adat budaya dan agama yang memiliki tradisi masing-masing.

Nah, lalu deretan budaya pernikahan apa yang ada di India? Simak ulasan Viva yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

Berbaur dengan Warga Lokal, Turis India Rayakan Holi Colour Festival di Bali

1. Semua orang tampil di sangeet

Pernikahan massal di India.

Photo :
  • U-Report
Mau Rasakan Hidup di Desa Menggembala Kambing Hingga Ambil Air Nira? Di Sini Tempatnya

Sebelum pernikahan yang sebenarnya, ada pertemuan yang disebut sangeet (tergantung pada latar belakang daerah), di mana keluarga berkumpul untuk bernyanyi, menari, dan bersenang-senang dalam kegembiraan yang akan datang.

Tepatnya, sangeet secara langsung diterjemahkan menjadi "dinyanyikan bersama". Masing-masing pihak menyanyikan lagu rakyat untuk menyambut yang lain, dan anggota keluarga bahkan dapat memberikan pertunjukan penuh dalam acara tersebut.

2. Tangan dan kaki pengantin wanita dengan henna

Tato henna.

Photo :
  • U-Report

Upacara mehndi, pesta besar yang secara tradisional hanya dihadiri oleh teman dekat dan anggota keluarga mempelai wanita. Acara ini biasanya berlangsung satu hari sebelum pernikahan (pada hari yang sama dengan sangeet).

Selama perayaan, pacar digunakan untuk menerapkan desain dekoratif yang rumit sementara ke tangan dan kaki pengantin wanita. Ini karena banyak kepercayaan Hindu berfokus pada makna yang oleh warna henna di hari pernikahan.

3. Gaun merah

Kshama Bindu wanita India pertama melakukan pernikahan sologami

Photo :
  • Instagram @kshamachy

Jangan mengharapkan pengantin wanita berbaju putih di pernikahan Hindu. Secara tradisional, pengantin wanita Asia Selatan akan mengenakan sari merah atau lengha modern untuk dibalut pada hari pernikahannya.

Namun, banyak pengantin modern juga memilih untuk mengenakan berbagai warna yang kaya, mulai dari motif bunga pastel hingga cerah dan biru berani dengan sulaman mewah.

4. Perayaan pengantin pria

Pria India pakai masker emas

Photo :
  • Oddity Central

Kedatangan mempelai pria dan rombongannya ke tempat upacara yang disebut vara yatra atau baraat tergantung daerahnya, dengan penuh suka cita. Saat tamu tiba, mereka dibagi menjadi sisi pengantin.

Sisi pengantin wanita akan diarahkan ke tempat pertemuan, sementara tamu pengantin bergabung dengannya pada prosesi masuknya.

Pesta disambut dengan lemparan nasi khusus, yang dikenal sebagai akshat, dan pengantin pria diiringi dengan piring yang membawa lampu menyala (atau arati), dan karangan bunga.

5. Ayah dari mempelai wanita akan menyerahkan putrinya

Nikah India

Photo :

Pengantin wanita akan dipimpin ke upacara oleh saudara laki-laki atau pamannya. Saat ayah memberikan pengantin wanita yang dikenal sebagai kanyadaan.

Dalam tradisi Hindu, tidak ada pengantin pria yang bisa menuntut pengantin wanita sampai dia mempersembahkan. Selama upacara, ayah dari pengantin wanita meletakkan tangan putrinya ke tangan calon pasangannya sebagai calon untuk menyerahkannya.

6. Pasangan menikah di depan mandap

Pasangan India menikah.

Photo :
  • U-Report

Mandap pernikahan atau altar pernikahan adalah bangunan sementara yang dibangun untuk tujuan upacara pernikahan. Itu mungkin muncul di platform yang ditinggikan dan didekorasi dengan apa saja mulai dari bunga dan tanaman hijau hingga kain dan kristal. Pasangan ini secara tradisional bergabung di bawah mandap oleh orangtua mereka dan petugas upacara.

7. Pakaian pengantin bersama

Nikah India

Photo :

Saptapadi adalah ritual penting dalam pernikahan Hindu India Utara. Selama saptapadi, pengantin baru mengikat pakaian mereka. Biasanya kerudung pengantin wanita dan selempang pengantin pria akan disatukan.

Di India Selatan, pasangan ini berjalan tujuh langkah bersama untuk menandakan persahabatan mereka. Dalam tradisi India Utara, mereka membuat tujuh lingkaran di sekitar api upacara, setiap putaran menandakan berkah khusus yang mereka ciptakan dari para dewa.

8. Pengantin baru saling mandi dengan nasi

Nikah India

Photo :

Dalam adat India Selatan yang disebut talambralu atau ritual kebahagiaan, pasangan saling menghujani dengan campuran beras, kunyit, dan bahkan mutiara. Tradisi ini kemakmuran, kemakmuran, dan kebahagiaan bagi kehidupan masa depan pasangan itu bersama.

Nah, demikian deretan budaya pernikahan India yang dapat Viva berikan. Menarik bukan? Seperti di film-film Bollywood ya.

Simak gosip-gosip seputar artis Bollywood di sini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya