Apa Itu Ain? Ini Jawaban Abi Quraish Shihab dan Cara Menangkalnya

Prof Dr Quraish Shihab, ulama ahli ilmu tafsir Alquran, menjadi khatib salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Minggu pagi, 25 Juni 2017.
Sumber :
  • quraishshihab.com

VIVA Lifestyle – Banyak yang bilang jika seseorang yang mengumbar foto dirinya, keluarga, dan barang-barangnya di media sosial bisa terkena penyakit ain. Hal ini menjadi pembahasan kali ini oleh presenter kondang Najwa Shihab bersama ayahnya, Abi Quraish Shihab

Hal Ini yang Harus Dilakukan Agar Terhindar dari Santet Menurut Agama Islam

Ain bukanlah penyakit

Dalam obrolan tersebut, Abi Quraish Shihab mengatakan jika ain bukanlah penyakit. 

Terpopuler: 3 Waktu Mustajab Dikabulkan Doa, Cara Ingatkan Orang Lupa Makan saat Lagi Puasa

Kita mau luruskan (Ain) itu bukan penyakit. Ain itu adalah pandangan mata atau pikiran yang menimpa orang lain oleh satu dan lain sebab. Kita bisa melihat sesuatu takjub. Itu bisa berpengaruh pada sesuatu itu. kita bisa berpikir iri hati pada seseorang. Itu bisa berdampak buruk,”kata Abi Quraish Shihab dikutip kanal YouTube Najwa Shihab Jumat, 5 Agustus 2022.

Abi mengatakan jika iri hati bagian dari ain. Hal ini bisa menyebabkan pandangan seseorang yang berbeda-beda. Iri hati bisa berpengaruh kepada seseorang, sehingga mengakibatkan mudharat buat orang lain.

Ustaz Khalid Basalamah Ungkap 3 Waktu Mustajab Dikabulkannya Doa di Bulan Ramadhan

Cara menangkal ain

Abi Quraish Shihab dan Najwa Shihab

Photo :
  • Tangkapan layar

Dalam kitab suci Al-quran, terdapat ayat yang memohon perlindungan Allah dari orang yang iri hati, ketika dia melakukan iri hati.

Abi Quraish mengatakan, dalam agama islam jika seseorang di puji, untuk menangkal ain itu bisa mengucapkan ‘Masyaallah, Subhanallah’. 

Apabila seseorang mendapatkan celaan atau diduga bersifat negatif, maka dianjurkan untuk membaca ‘A'udzu bikalimatillahi taammati min syarri maa khalaq atau banyak doa-doa lainnya’.

“Jadi itu kita pagari diri kita. Memagarinya bisa sebelum datangnya. Disinilah ulama-ulama mengajarkan doa-doa. Ada wirid, wirdulatif (dzikir pagi), ratib al hadad (pada malam hari),”ujar Abi Quraish.

Ternyata ain juga bisa berdampak pada diri kita ketika kita memuji diri kita sendiri. Hal ini bisa dirasakan saat kita berkaca, selfie, dan memuji kecantikan, ketampanan diri. Abi Quraish menganjurkan untuk mengucap Masyaallah, subhanallah, alhamdulillah.

Dengan mengucap sholawat seperti demikian, kita memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala yang keburukan. Untuk menyembuhkan ain juga perlu memanjatkan doa-doa. 

Bolehkah seseorang memperlihatkan keindahan yang dimiliki?

Abi Quraish Shihab dan Najwa Shihab

Photo :
  • Tangkapan layar

Lalu, apakah seseorang boleh menampakkan, menunjukkan, menonjolkan kegembiraan apa yang bagus dari kita? Abi Quraish menjawab itu tidaklah dilarang. Hal ini malah bagus karena Allah menyukai orang yang menyukuri anugerah yang diberikan.

“Seorang sahabat nabi pernah ditanya, wahai Nabi saya ini senang pakai alas kaki yang bagus, baju yang bagus, dan sebagainya. Apa itu tidak boleh? Tuhan suka seseorang hamba itu menampakkan dampak anugerah Allah kepadanya. Pakailah pakaian yang bagus,”jelas Abi Quraish.

Ia juga mengatakan jika keindahan yang kita miliki itu dibagikan di media sosial tidak menjadi masalah asalkan disertai dengan rasa syukur. Hal ini bisa menghindari kita dari ain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya