Manis, Ini 5 Jenis Madu Terpopuler dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Ilustrasi madu
Ilustrasi madu
Sumber :
  • healthline.com

VIVA Kuliner – Siapa yang tak tahu madu? Salah satu jenis makanan alami ini memang jadi primadona, sebab bisa diolah untuk berbagai kebutuhan.  Bisa dimakan, digunakan untuk kulit luar, untuk rambut dan lainnya. 

Madu merupakan bahan makanan alami dari nektar tumbuhan yang dihasilkan oleh lebah madu. Namun, tak banyak yang tahu bahwa madu ternyata memiliki berbagai macam jenis dengan manfaat yang berbeda-beda pula. Berikut 5 jenis madu terpopuler serta manfaatnya: 

Madu Hutan

Ilustrasi madu

Ilustrasi madu

Photo :
  • healthline.com

Jenis madu pertama dan mungkin paling awam adalah madu hutan. Madu hutan hutan atau madu mentah merupakan jenis madu yang berasal dari habitat alami lebah di hutan, bukan peternakan. Lebah penghasil madu ini biasanya berasal dari spesies Apis dorsata, yaitu lebah liar yang hidup dalam sarang-sarang alami di hutan.

Berbeda dengan madu Manuka, madu hutan asli berkualitas baik memiliki warna yang cerah dan tidak keruh. Rasanya pun tidak semanis madu peternakan, tapi lebih kaya rasa dan cenderung asam tergantung tumbuhan yang menjadi asal nektar.

Manfaat madu hutan pun beragam, mulai dari menangkal infeksi bakteri dan jamur, membantu penyembuhan luka, hingga meredakan sakit tenggorokan. Sebagai prebiotik, jenis madu ini juga mendukung pertumbuhan bakteri baik dan menjaga kekebalan tubuh.