5 Brand Tertua di Indonesia dan Masih Eksis Hingga Sakarang

Evolusi Teh Botol Sosro
Evolusi Teh Botol Sosro
Sumber :
  • Sosro.com

VIVA Lifestyle – Bagi sebagian masyarakat Indonesia, boleh jadi tidak tahu beberapa nama merekbrand tertua dari Indonesia ini. Baik dari industri makanan, camilan, perusahaan, dan lainnya.

Beberapa diantaranya bahkan memiliki nilai sejarah dalam pendirian. Berikut ini Viva rangkumkan dari berbagai sumber beberapa nama-nama yang merupakan brand tertua di Indonesia, serta pernah menjadi salah satu produk terlaris dan legendaris pada zaman kejayaannya.

1. Teh Botol Sosro (1940)

Teh Botol Sosro

Teh Botol Sosro

Photo :
  • Sosro.com

Teh Sosro telah diproduksi oleh Soetjipto Sosrodjojo sejak 1940. Pada mulanya produk yang dijual adalah teh kering dengan merek Teh Cap Botol Baru. Lalu pada tahun 1969 baru dibuat teh dalam kemasan botol.

2. Ting-Ting Jahe (1935)

Wedang jahe

Wedang jahe

Photo :
  • Cookpad/Freda

Merek kembang gula dari jahe yang didirikan oleh Njoo Tjhay Kwee pada tahun 1935. Hingga kini, permen Ting Ting Jahe masih diproduksi oleh pabrik kembang gula Sin A. Pabrik ini berlokasi di Pabrik Jalan Kelenteng 13, Pasuruan, Jawa Timur.

3. Siroop Tjap (1936)

Oleh-oleh khas Ternate, sirup pala.

Oleh-oleh khas Ternate, sirup pala.

Photo :
  • VIVA/Ifan Gusti (Maluku Utara)

Pertama kali dibuat oleh Tan Tjek Tjiu pada 11 Juli 1936. Sirup ini merupakan sirup tradisional khas Kota Cirebon, Jawa Barat. Sang peracik menjadikan buah campolay atau sawo belanda sebagai salah satu bahan untuk membuat sirup.

4. Permen Davos (1931)

Permen Sour Patch

Permen Sour Patch

Photo :
  • Istimewa

Jenama ini didirikan oleh Kie Djian pada tahun 1931. Jenama Permen Davos pernah menjadi tren di masyarakat pada era tahun 1970 hingga 1980-an. Lokasi pabrik permen Davos pertama hingga kini tetap sama yaitu di Jalan Ahmad Yani 67, Purbalingga, Jawa Tengah.

5. Kecap Bango (1928)

Ilustrasi kecap manis

Ilustrasi kecap manis

Photo :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

Bermula dari pojok kampung di daerah Benteng, Tangerang pada tahun 1928. Pasangan suami-istri Tjoa Pit Boen (Yunus Kartadinata) dan Tjoa Eng Nio memulai cikal bakal Kecap Bango di sebuah rumah mereka. Lalu di tahun 1992, Kecap Bango diakuisisi oleh perusahaan besar internasional yaitu Unilever.

6. Semen Padang (1910)

Pekerja mengangkat karung semen dari mobil untuk didistribusikan ke atas kapal di pelabuhan Muaro Padang, Sumatera Barat

Pekerja mengangkat karung semen dari mobil untuk didistribusikan ke atas kapal di pelabuhan Muaro Padang, Sumatera Barat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

Pabrik ini pertama didirikan dengan nama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij (NV NIPCM). Merupakan pabrik semen pertama yang berdiri di Indonesia. Lalu, pada tanggal 5 Juli 1958 Perusahaan dinasionalisasi oleh Pemerintah Republik Indonesia dari Pemerintah Belanda.

7. Bank BRI (1946)

Bank BRI

Bank BRI

Photo :
  • Humas BRI

Bank yang pertama kali didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja. Awalnya bernama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau ‘Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto’.

Usai kemerdekaan, BRI didaulat sebagai bank pemerintah Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 1946.

Nah, itu deretan brand tertua di Indonesia yang Viva dapat rangkumkan untuk menambah wawasan kamu.