Ada di Indonesia? Ini 5 Sungai terpendek di Dunia

Sungai Tamborasi di Kolaka
Sungai Tamborasi di Kolaka
Sumber :
  • Dok: ADM

VIVA Lifestyle – Sebagai sebuah aliran yang memanjang dan mengalir dari hulu ke hilir, keberadaan sungai di dunia sangat banyak dan beragam. Hal itu tak lain karena panjang aliran sungai ukurannya beragam, ada yang hanya puluhan meter, ratusan, bahkan hingga ribuan kilometer.

Dan untuk sungai yang hanye berukuran puluhan meter, ternyata cukup banyak adanya di dunia. Di Indonesia sendiri, ada Sungai terpendek di Sulawesi Tenggara yang hanya memiliki panjang sekitar 20 meter.

Jika berbicara tentang sungai terpendek di dunia, kira-kira berapa panjang aliran yang kamu bayangkan? puluhan, ratusan atau masih menghasilkan penghasilan? Daripada menebak-nebak hal yang belum pasti, sebaiknya cari tahu ulasan Viva kali ini, yuk!

1. Sungai Tamborasi

Sungai Tamborasi di Kolaka

Sungai Tamborasi di Kolaka

Photo :
  • Dok: ADM

Panjang sungai: 20 meter

Lokasi: Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara

Sungai terpendek di dunia yang pertama adalah Sungai Tamborasi. Seperti yang sudah disinggung di awal pembahasan, kalau sungai di Sulawesi Tenggara yang bernama Tamborasi adalah sungai paling pendek di dunia, karena hanya memiliki panjang sekitar 20 meter.

Tidak hanya itu, sungai yang lokasinya terletak di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara ini juga memiliki lebar sekitar 15 meter, dengan jarak dari garis bibir pantai hanya beberapa meter saja.

Jika dilihat secara visual, sungai ini mungkin lebih cocok disebut danau, karena memiliki air berwarna hijau. Meski begitu, namun sungai ini memiliki pemandangan yang sangat indah, dengan udara dingin dan menyegarkan.

2. Sungai Kovasselva

Bendera Norwegia.

Bendera Norwegia.

Photo :
  • Pixabay

Panjang sungai: 22 meter

Lokasi: Norwegia

Berikutnya ada Sungai Kovasselva, yang masuk ke dalam daftar sungai terpendek di dunia. Hal tersebut karena, sungai ini memiliki jarak antara hulu ke hilir sepanjang 22 meter. Adapun hulu sungai ini, yaitu Danau Kovassvatnet. Sementara hilir atau akhir dari aliran sungai ini menuju ke laut Norwegia.

3. Sungai Reprua

Batu The Dighton Rock di pinggir sungai Taunton di Massachusetts, Amerika Serikat.

Batu The Dighton Rock di pinggir sungai Taunton di Massachusetts, Amerika Serikat.

Photo :
  • U-Report

Panjang sungai: 27 meter

Lokasi: Distrik Gagra, Georgia

Menempati posisi ketiga sebagai sungai terpendek di dunia, Sungai Reprua memiliki panjang sekitar 27 meter.

Namun, sungai ini nyatanya tidak hanya menjadi sungai terpendek, tapi juga dinobatkan sebagai sungai terdalam, karena memiliki kedalaman hingga 2.300 meter. Sungai Reprua diketahui mengalir dari mata air di Gua Krubera menuju Laut Hitam, dengan aliran air yang sangat deras, yakni mencapai dua ribu liter per detiknya.

4. Sungai Ombla

Plitvice Lakes Paths, Kroasia.

Plitvice Lakes Paths, Kroasia.

Photo :
  • U-Report

Panjang sungai: 30 meter

Lokasi: Kroasia

Berlokasi di Kroasia, Sungai Ombla menjadi sungai terpendek di dunia dengan jarak antara hulu ke hilir, sekitar 30 meter.

Adapun hulu sungai ini, yaitu berasal dari aliran air di bawah tanah. Sedangkan hilirnya, yaitu bermuara ke Laut Adriatik. Satu fakta menarik tentang Sungai Ombla yang perlu kamu ketahui, yaitu menjadi mata air utama untuk warga di Kota Dubrovnik, sehingga keberadaan memang sangat dibutuhkan.

5. Sungai Jezernica

Bled - Slovenia

Bled - Slovenia

Photo :
  • U-Report

Panjang sungai: 55 meter

Lokasi: Slovenia

Di urutan kelima ada Sungai Jezernica. Buat kamu yang belum tahu, Sungai Jezernica adalah sungai terpendek di dunia, yang memiliki panjang sekitar 55 meter saja.

Dengan panjang tersebut, air sungai ini mengalir dari Sungai Idrijca ke Laut Adriatik. Hal itu dikarenakan, Sungai Jezernica adalah anak sungai dari Sungai Idrijca. Aliran air sungai ini pun terbilang cukup deras, karena bisa mencapa 60 meter kubik per detik. Bagaimana, sudah terbayang deras dan bukannya air di sungai ini.

Nah, demikian informasi sungai terpendek yang Viva berikan ke kamu. Semoga bermanfaat.