Kontes Foto Global Kembali Hadir di Agustus 2022

Nelayan menangkap ikan dipagi Hari di danau
Sumber :
  • JONG CHIE HIE (CHERLY) - YKAN

VIVA Lifestyle – Saatnya bagi para pecinta dunia fotografi alam dan kehidupan liar untuk kembali beraksi di ranah global, dengan mengirimkan bidikan foto terbaiknya ke “Kontes Foto Global” yang berlangsung selama 1-31 Agustus 2022. 

Epson Undang Fotografer se-Asia Tenggara

Kontes Foto Global diselenggarakan oleh The Nature Conservancy (TNC), sebuah organisasi konservasi dunia yang fokus utamanya menangani perubahan iklim, melestarikan wilayah daratan, perairan dan lautan pada skala yang belum pernah dilakukan sebelumnya, menyediakan sumber pangan dan air secara berkelanjutan dan pengembangan pembangunan hijau, serta kini bekerja di 72 negara dan wilayah. 

Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) adalah mitra utama TNC di Indonesia, yang melaksanakan program-program konservasi alam di 11 provinsi di Indonesia bersama dengan pemerintah, sektor swasta, universitas, dan masyarakat setempat. 

Memajang Foto Ulama di Rumah, Bagaimana Hukumnya? Ini Kata Buya Yahya

Kontes Foto Global pada tahun-tahun sebelumnya diikuti oleh peserta dari seluruh penjuru dunia dengan menampilkan beragam fauna, lokasi, dan momen luar biasa yang merayakan keindahan alam. Kontes Foto Global 2021 mencatatkan rekor dengan menerima lebih dari 100.000 kiriman dari 158 negara. 

Pemenang tahun lalu jatuh pada Anup Shah dari Inggris, dengan bidikan fotonya yang memikat, menggambarkan seekor gorila tengah berjalan melalui sekumpulan kupu-kupu di Republik Afrika Tengah. 

Akhirnya Terkuak, Segini Harga Xiaomi 14 di Indonesia

Untuk tahun ini, terdapat perubahan dengan adanya dua kategori baru, yakni Tanaman atau Jamur, serta kategori Iklim. Kedua kategori baru ini melengkapi empat kategori yang sudah ada sebelumnya, yakni Manusia dan Alam, Lanskap, Air, dan Satwa Liar. 

Seiring dengan fenomena krisis iklim yang kian memburuk, kategori Iklim memberi ruang bagi partisipan untuk menggambarkan dampak perubahan iklim terhadap masyarakat dan ekosistem di seluruh dunia, sekaligus menunjukkan desakan perlunya aksi nyata yang berkelanjutan untuk memitigasi perubahan iklim. 

Pemenang Kontes Foto Global 2022 akan dipilih oleh panel juri ternama, termasuk di dalamnya fotografer konservasi terkemuka dunia, Ami Vitale, dan Coyote Peterson yang dikenal sebagai YouTuber dan pendidik satwa liar. 

Bagi pemenang Hadiah Utama, akan mendapatkan perjalanan ke Punta del Este, Uruguay, untuk menghadiri ajang balap off-road elektrik yang juga bertujuan meningkatkan kesadaran publik akan isu perubahan iklim dan sustainability, yakni ajang Extreme-E.

Ada pula kategori penghargaan Pilihan Juri Tamu yang dipilih oleh Ami Vitale, dengan hadiah perangkat kamera senilai US$5.000 dan penghargaan Pilihan Selebritas yang dipilih oleh Coyote Peterson, dengan hadiah gift card senilai US$2.500 serta bertemu secara virtual dengannya. 

Tiap pemenang dari masing-masing kategori akan menerima gift card senilai 750 dolar Amerika, sementara pemenang kedua dari masing-masing kategori akan menerima gift card senilai 500 dolar Amerika. 
Semua fotografer, amatir maupun profesional, dapat mengikuti Kontes Foto Global 2022. Foto-foto yang terpilih sebagai pemenang akan diumumkan pada September 2022. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya