Sandiaga Uno Sambut Baik Ajang Olahraga HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Sandiaga Uno
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno membuka acara Run & Ride for Independence Day (RFID) 2022. Acara tersebut menggabungkan olahraga lari dan bersepeda. enyelenggaraan RFID 2022 merupakan bentuk perayaan pulihnya kesehatan dan semangat olahraga bangsa Indonesia pasca COVID-19.

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 Resmi Digelar, 300 Desainer Bakal Angkat Budaya Betawi

Sandiaga Uno membuka start di acara yang memasuki tahun keempat dan menerapkan protokol kesehatan ketat dan disiplin tersebut. Pertimbangan pihak penyelenggara untuk menggelar event tahunan ini secara offline menyusul perkembangan kondisi pandemi COVID-19 yang semakin membaik.

Patricia Meilyn, Ketua Panitia Penyelenggara RFID 2022 sekaligus founder M3KOM Group mengungkapkan dua tahun pandemi mengubah tatanan hidup semua orang termasuk dalam kegiatan olahraga. Olahraga merupakan kunci untuk menjaga kebugaran dan menjaga tubuh tetap sehat. Meskipun dalam kondisi pandemi kegiatan rutin berolahraga tetap harus dijaga. 

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Ilustrasi bersepeda/olahraga.

Photo :
  • Freepik/prostooleh

“Dengan berolahraga kekebalan tubuh dapat meningkat sehingga tidak mudah jatuh sakit dan mencegah stress. Seperti diketahui, stres dapat menurunkan kekebalan tubuh. Dengan berolahraga sistem kardiovaskular meningkat, tekanan darah menurun, dan menjaga berat badan. Selain itu juga bermanfaat menjaga saluran pernapasan dan paru-paru untuk mencegah berbagai penyakit respiratori,” kata Meilyn dalam keterangan tertulisnya. 

PPP Siapkan Jabatan Baru Buat Sandiaga Uno

Penyelenggaraan RFID 2022 secara offline dibagi menjadi dua nomor yaitu lari dan bersepeda. RFID 2022 mengusung jarak yang unik menyesuaikan dengan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun. Untuk nomor lari menempuh jarak 7,7K sedangkan sepeda menempuh jarak sejauh 77K. 

“Dengan bangga dan bahagia kami M3Kom Group persembahkan acara lari tahunan RFID ini untuk pecinta olahraga lari dan sepeda Indonesia. Event tahunan yang kami selenggarakan dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia. Kami berharap semua peserta bisa mencapai garis finish lancar, sehat dan bahagia, juga dengan energi baru menyambut hari kemerdekaan Indonesia ini,” kata Meilyn. 

Ilustrasi lari.

Photo :

Dengan dukungan dari para sponsor dan partner, tahun ini penyelenggara membatasi target peserta yaitu sebanyak seribu orang demi menjaga kenyamanan peserta di area GBK yang sangat dicintai oleh pelari dan pesepeda.

Partisipasi dalam kegiatan ini, meliputi peserta RFID pada tahun sebelumnya, peserta baru, pecinta olahraga, komunitas pelari dan komunitas pesepeda. Untuk nomor lari, peserta dibagi menjadi dua kategori yakni Public, yaitu peserta berusia 45 tahun atau kurang dan Master, yakni peserta berusia lebih dari 45 tahun.

“RFID 2022 merupakan ajang tahunan yang telah terselenggara dalam 3 tahun terakhir. Kami selaku penyelenggara berharap RFID 2022 yang diselenggarakan bertepatan dengan bulan Kemerdekaan Indonesia dapat membangkitkan semangat gotong royong yang masih relevan sampai sekarang. Terutama semangat gotong royong untuk memulihkan kesehatan bangsa Indonesia dan melalui masa sulit pandemi Covid-19,” ucap Meilyn.

Khusus nomor lari, panitia penyelenggara menyediakan total hadiah sebesar Rp18,5 juta untuk tiga pemenang laki-laki dan perempuan di masing-masing kategori Public dan Master. RFID 2022 juga diramaikan dengan perayaan khas Kemerdekaan RI seperti Lomba 17an, Senam 17an dan hiburan menarik lainnya. Ajang RFID pertama kali diselenggarakan pada 2019 dengan nomor lari. Merebaknya pandemi Covid-19 secara global tidak membuat penyelenggaraan RFID absen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya