Tumbuhkan Semangat Berbagi, Batik NFT untuk Beramal Dirilis

Batik NFT untuk beramal
Batik NFT untuk beramal
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Dalam semangat kemerdekaan, TokoMall sebagai leading NFT marketplace di Indonesia terus mendorong pertumbuhan industri NFT dengan mengedepankan berbagai kolaborasi dengan kreator hingga brand.

Kali ini, TokoMall bekerja sama dengan Batik Garuda Kencana merilis NFT untuk amal yang berkolaborasi dengan TokoCare dan didukung oleh BenihBaik.

Batik Garuda Kencana sendiri merupakan batik tulis premium lokal dengan kualitas yang luar biasa. Kolaborasi karya NFT Batik dari Garuda Kencana dan TokoMall ini dilatarbelakangi dengan ide untuk menggambarkan metaverse di Indonesia.

“Kami hadirkan tradisi budaya masyarakat serta bangunan sejarah Indonesia dengan sentuhan atribut NFT dan kripto dalam karya kolaborasi ini," ujar Yos Christian Addyputra selaku Founder & Owner Garuda Kencana Batik.

"Harapannya bisa relevan dengan pertumbuhan teknologi dengan mengenalkan nilai kebudayaan Indonesia melalui karya NFT yang sangat modern. Di sisi lain NFT juga lebih memberikan kepastian di sisi copyright bagi kreator,” jelasnya.

“Seiring dengan semangat kemerdekaan, kolaborasi ini menjadi bagian dari misi kami mendukung kreator dan budaya Indonesia tampil di kancah global melalui platform NFT marketplace,” ungkap Thelvia Vennieta selaku Head of TokoMall.

Melalui koleksi ini, nantinya diharapkan batik akan mengemas kekayaan budaya Indonesia dalam karya NFT yang dapat dikoleksi dengan harga terjangkau.

Hasil kolaborasi ini juga akan diberikan kembali untuk komunitas seni melalui kegiatan amal yang bekerjasama dengan TokoCare dan BenihBaik.”

Mengusung semangat give back to community, TokoMall dan Garuda Kencana menjalankan konsep “NFT untuk donasi” dimana proses distribusi donasi akan bekerjasama dengan TokoCare (program CSR Tokocrypto) dan BenihBaik.

Hasil penggalangan dana ini akan digunakan untuk membantu komunitas anak-anak usia menengah ke atas di Bali mendapatkan pelatihan lukis digital, pengenalan tentang NFT dan kripto, juga melakukan pameran karya mereka di TokoMall.

“Hasil dari koleksi NFT ini sepenuhnya akan diberikan kepada para talenta seni muda di Indonesia untuk belajar dan berkarya. Kami harap koleksi ini dapat diterima baik oleh masyarakat sehingga bisa bersama - sama membantu pemberdayaan komunitas,” tambah Yos.

Karya NFT ini merupakan koleksi pertama dari Garuda Kencana yang tersedia sebanyak 88 seri dengan nilai Rp 250.000. Koleksi ini dapat diakses di platform TokoMall dalam kategori TKO Lifestyle.

Bagi para kolektor yang memiliki NFT ini akan mendapat kesempatan untuk mengakses koleksi NFT kedua dari Garuda Kencana hingga mengikuti undian untuk memenangkan kain batik tulis senilai Rp 5 juta untuk satu orang pemenang.

Periode kampanye untuk mendapatkan koleksi batik tulis dari Garuda Kencana ini dimulai pada 15 Agustus sampai dengan 15 September 2022.