10 Fakta Mengejutkan di Dalam Kabah

Sejumlah umat berswafoto dengan latar belakang Kabah di Masjidil Haram, Mekkah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVA Lifestyle – Kabah menjadi salah satu tempat suci yang ikonik bagi umat Muslim dan bagi agama Islam di seluruh dunia. Miliaran umat Muslim menghadap ke arah Kabah untuk melakukan ibadah salat lima kali sehari. Ternyata ada sejumlah fakta di dalam Kabah yang mengejutkan saat diketahui.

Rizky Irmansyah Ungkap Fakta Soal Putusnya dengan Nikita Mirzani, Rizky : Nanti Saya Buka Boroknya

Tahukah kamu bahwa fakta di dalam Kabah cukup mengejutkan dan mungkin belum kamu ketahui? seberapa banyak yang kamu ketahui tentang Kabah, bangunan misterius berbentuk kubus di pusat Masjidil Haram Mekah tersebut? Mengutip dari ummahsonic.com dan sumber lainnya, berikut ini fakta di dalam Kabah yang mungkin belum kamu ketahui. 

1. Bagian dalam Kabah adalah satu-satunya tempat di dunia di mana kamu dapat berdoa ke segala arah yang diinginkan

12 Fakta yang Diklaim Tak Terbantahkan Dibeberkan Kubu Ganjar-Mahfud pada Sidang PHPU

Sejumlah umat berswafoto dengan latar belakang Kabah di Masjidil Haram, Mekkah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

Kabah menjadi kiblat bagi umat Muslim untuk menunaikan  ibadah salat dan berdoa. Sehingga apabila seseorang yang berdoa di dalam Kabah bisa melakukan ibadah dengan menghadap ke mana saja karena sudah berada di dalam Kabah. 

5 Fakta Menarik tentang Kucing Bengal

2. Disebut sebagai "Rumah Allah"

Pembatas Kabah dihilangkan, jemaah umrah leluasa mencium hajar aswad

Photo :
  • Reasahalharamain

Din dalam Al-Qur'an dinyatakan bahwa Kabah adalah Rumah Ibadah pertama bagi umat Islam dan dibangun di atas instruksi langsung dari Allah oleh Nabi Ibrahim (AS) dan Ismail (AS).

3. Kabah telah direnovasi berkali-kali

Kain Kiswah Kabah diganti jelang pelaksanaan puncak haji di Arafah tahun 2021

Photo :
  • Reasahalharamain

Fakta selanjutnya adalah bahwa Kabah telah direnovasi berkali-kali. Hal itu dikarenakan bencana alam dan buatan manusia.  Dengan majunya tingkat teknologi, diharapkan tidak ada lagi renovasi  lebih lanjut yang diperlukan selama berabad-abad.

4. Kunci Kabah

Kain Kiswah Kabah di Masjidil Haram diangkat 3 meter menandai datangnay musim haji.

Photo :
  • Twitter @hsharifain

Kunci Kabah diberikan kepada Keluarga Bani Sahiba kepada orang bernama Osman Ibn Talha oleh Nabi Muhammad SAW setelah ia menaklukkan Mekah. Mereka masih memilikinya dan bahkan disebutkan di dalam Al-Quran bahwa mereka akan selalu melakukannya: 'Ambillah, wahai Bani Thalhah, selamanya sampai Hari Kebangkitan, dan itu tidak akan diambil darimu kecuali oleh seorang tiran yang tidak adil dan menindas.’

5. Dua pintu dan jendela Kabah

Sejumlah umat bermunajat di dinding Kabah bagian dalam Hijir Ismail di Masjidil Haram, Mekah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

Kabah memiliki hanya dua pintu, satu untuk masuk dan satu lagi untuk keluar. Pintu tersebut juga memiliki jendela di sisinya. Hanya ada satu pintu, sementara yang lain berwarna hitam, yang bisa dilihat saat badai.

6. Dulu Kabah berwarna-warni

Jemaah umrah memadati Kabah usai pagar pembatas dibuka

Photo :
  • Reasahalharamain

Kabah tidak pernah berpakaian hitam, tradisi pakaian hitam dimulai oleh Abbasiyah sebagai warna favorit rumah tangganya. Sebelumnya, Kabah diketahui berwarna hijau, merah dan juga putih.

7. Ka'bah dulunya terbuka untuk semua orang

kabah.

Photo :
  • dok.ist

Fakta di dalam Ka'bah selanjutnya allah bahwa dulunya Kabah terbuka untuk semua orang karena siapa pun dapat memasukinya, akan tetapi setelah itu ditutup dan saat ini hanya dibuka eksklusif untuk Raja Arab Saudi, perdana menteri dan presiden dunia.

8. Bisa berenang ke Mekah

Ibadah haji di Tanah Suci.

Photo :
  • U-Report

Pada hari ketika tidak ada sistem drainase air yang baik, Kabah akan banjir saat hujan turun di Mekah. Sehingga orang-orang harus berenang di sekitar Kabah untuk melakukan Tawaf.

9. Hajar Aswad pecah

Hajar Aswad

Photo :
  • Islamic landmarks

Mungkin banyak orang yang penasaran kenapa Hajar Aswad bisa pecah Konon ada kelompok Ismailiyah yang berasal dari Bahrain, yang mengatakan bahwa tawaf adalah perbuatan tahayul. Kelompok yang sama membunuh ratusan dan ribuan orang yang datang untuk menunaikan haji dan membuang mayat mereka ke dalam sumur Zamzam.

Kelompok yang sama bahkan membawa Hajar Aswad ke Kufah di Irak dan telah menahannya dengan tebusan sampai mereka dipaksa untuk kembali selama Kekhalifahan Abbasiyah. Ketika mereka mendapatkannya kembali, Hajar Aswad telah pecah menjadi beberapa bagian.

10. Pintu Kabah hanya dibuka dua kali setahun

Objek tanpa bayangan saat Matahari melintas tepat di atas Kabah

Photo :
  • VIVA/Dedy Priatmodjo

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan dalam poin ke-7 fakta di dalam Kabah, Kabah dulunya dibuka dua kali sehari bagi semua orang untuk masuk dan berdoa, tetapi sekarang jutaan Muslim mengunjungi situs tersebut. Sehingga kini hanya VIP dan pejabat yang bisa masuk pada acara-acara khusus pada dua kali per tahunnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya