7 Kisah Nyata di Balik Logo Hollywood Studio

Columbia Pictures
Sumber :
  • Factofusion

VIVA Lifestyle – Film menjadi sebuah karya yang luar biasa yang dapat menghibur para penontonnya. Untuk mengerjakan sebuah film sendiri tidak mudah dan memerlukan banyak kru. Sehingga semua kredit benar-benar diberikan kepada perusahaan produksi yang terlibat dalam pembuatan film tersebut. 

Nayla Purnama Jadi Peran Utama di Film Horor Vina: Sebelum 7 Hari, Diangkat dari Kisah Nyata Viral

Hollywood Studio tersebut mencatat sejarah panjang di balik logo produksi film mereka. Maka dari itu, pada kali ini akan dibahas mengenai beberapa rahasia besar di balik kisah nyata logo Hollywood Studio yang dikutip dari Factofusion

1. Disney

Termasuk Will Smith, Ini 5 Artis Hollywood yang Tertarik Belajar Islam dan Al Quran

Walt Disney

Photo :
  • Youtube

Kisah nyata logo Hollywood pertama dari Disney yang dimulai oleh dua bersaudara Walt dan Roy Disney. The Walt Disney Company menjadi studio animasi dan produksi film terbesar dan paling terkenal di Hollywood dan di seluruh dunia. Dikenal dengan beberapa produksi filmnya yang luar biasa seperti Jungle Book, Cinderella, Mickey Mouse dan banyak lagi.

Baca Al-Quran Sampai Khatam, Ini Agama Asli Will Smith

Disney bisa sangat terkenal karena menggunakan tanda tangan Walt Disney untuk judul pengantar film. Hal itu dikarenakan Walt Disney ingin memberikan sentuhan pribadi pada semua filmnya. 

Semua tanda tangan yang disematkan dalam filmnya berbeda karena anda tangannya selalu diubah untuk mencapai tanda tangan yang sempurna untuk dirinya sendiri. Itu di akhir 80-an ketika Disney pertama kali merilis logonya dengan latar belakang biru dengan kastil dari film Cinderella dan teks Walt Disney Pictures.

Kastil yang terdapat di dalam logo terinspirasi dari kastil Neuschwanstein atau Kastil Swanstone baru dari abad ke-19 Romanesque, desa di barat daya Bavaria, Jerman.

Logo Disney kemudian mengalami transformasi 3D lengkap setelah akuisisi Pixar, di mana kamera diperbesar dari kastil, dengan bendera di kastil yang sekarang bergerak dan Walt Disney Pictures muncul dalam font gaya 3D.

Setelah itu sebuah bintang akan muncul dan menggambar garis di bagian belakang kastil. Tapi apakah kamu melihat sesuatu yang aneh dalam teks di logo tersebut? Loopy D yang tersembunyi yang diduga diambil dari Signature of Walt Disney ini.

Loopy D adalah kecocokan terdekat yang dapat ditemukan yang terdiri dari sebagian besar logo Disney yang cocok dengan tanda tangannya. Meskipun loopy D besar yang tebal itu tidak terbaca dengan jelas, itu harus dibuat sebagai tanda tangan untuk seluruh perusahaan yang sekarang digunakan seperti untuk Disney Channel, Disney Studios, dan Disney World.

Saat ini judul pengantar film Disney juga telah menggunakan animasi CGI. Mulai dari awan dan diikuti dengan kembang api, kastil dengan tampilan yang lebih realistis ditampilkan di tepi sungai, dan teks Disney dengan loopy D yang besar muncul.

2. MGM

Logo Metro-Goldwyn-Mayer (MGM)

Photo :
  • mgm.com

Kisah nyata logo Hollywood kedua dari Metro Goldwyn Mayer (MGM) yang didirikan dengan menggabungkan tiga studio gambar yang berbeda di AS. Marcus Loew, seorang pengusaha sukses di AS membeli Metro Pictures Corporation dan Goldwyn Pictures, Louis B. Mayer Pictures, bersama-sama membentuk perusahaannya Metro Goldwyn Mayer

Logo MGM dirancang oleh Howard Dietz yang memiliki singa mengaum dan diambil dari singa asli. Ada dua cerita terkenal di balik logo singa untuk MGM. Pertama,  menjelaskan penghormatannya kepada tim atletik Alma Matter Columbia University yang dijuluki 'The Lions'. Kedua, percaya bahwa Howard mengambil Lions dari nama Marcus Loew, nama keluarga Jermannya diterjemahkan menjadi singa. Logo menggunakan banyak singa untuk berbagai versi logonya.

MGM mengeluarkan seekor singa bernama Slats untuk logo pertamanya, selnjutnya singa Jackie yang dibuat mengaum untuk pertama kalinya ketika logo muncul. Kemudian, beberapa singa lainnya dikeluarkan, di antaranya seperti Telly, Coffe, lalu Tanner dan George sebelum akhirnya menetap di Leo, singa yang saat ini kita lihat di semua logo MGM.

Mungkin kamu juga bisa melihat beberapa foto yang mengatakan bahwa singa-singa itu terluka selama pemotretan untuk logo MGM. Tapi semua foto itu palsu yang mencoba menipu dan menyesatkan orang-orang. Tidak singa yang benar-benar dilukai saat memotret untuk logo.

3. Columbia Pictures

Columbia Pictures

Photo :
  • Factofusion

Selanjutnya akan dibahas kisah nyata logo Hollywood Columbia Pictures yang awalnya didirikan sebagai Cohn-Brandt-Cohn Film Sales yang kemudian pada tahun 1924 diubah menjadi Columbia Pictures.

Logo aslinya sangat sederhana dan desainnya samar. Wanita obor yang sering kita lihat di logo terinspirasi dari Lady Columbia yang merupakan simbol wanita Amerika Serikat yang terlupakan. 

Logo awal Columbia Pictures adalah seorang wanita tentara Romawi dengan perisai dan tongkat di tangannya. Kemudian berubah dan terinspirasi dari Lady Columbia, wanita obor dengan hiasan kepala di dahinya dan lampu obor yang berkedap-kedip.

Dalam versi logo yang lebih terbaru, hiasan kepala dan kedipan dihilangkan. Hingga akhirnya logo yang kita lihat sekarang ini dibuat oleh Michael J Deas, yang melukis seluruh logo dengan matte.

Wanita dalam lukisan adalah Jenny Joseph untuk referensi foto yang akan digunakan oleh ilustrator Michael Deas sebagai dasar lukisan logo Columbia Pictures. Foto tersebut diambil di apartemen fotografer Kathy Anderson di New Orleans pada tahun 1992. Logo Columbia Pictures tidak banyak berubah sejak saat itu, hanya dengan sedikit koreksi dan penyempurnaan CGI yang telah dilakukan.

4. 20th Century Fox

20th Century Fox

Photo :
  • Factofusion

William Fox mendirikan FOX FILM CORPORATION pada tahun 1915, tetapi karena perusahaan tersebut bangkrut, perusahaan akhirnya bergabung dengan 20th Century Pictures dan logo monumental 20th Century Fox dibuat. Itulah awakl mula kisah nyata logo Hollywood 20th Century Fox. 

Logo awalnya dilukis oleh Emil Kosa Jr. Kosa menggantikan 'Pictures Incorporate' di logo asli abad ke-20 dengan FOX. Kemudian, Rocky Longo mengecat ulang logo FOX dengan mempertahankan desain apa adanya, tetapi membuatnya lebih cerah dan memberikan tampilan yang lebih jelas ke seluruh logo.

Pada akhir tahun 90-an, 20th Century FOX Pictures memperkenalkan logo CGI animasi pertamanya, dengan teks baru 'A News Corporation Group' ditambahkan di bagian bawah.

5. Dreamworks Studios

Dreamworks Studios

Photo :
  • Factofusion

Kisah nyata logo Hollywood yang lainnya ada dari Dreamworks Studio yang dimulai oleh Steven Spielberg, ketua Disney Jeffrey Katzenberg dan produser rekaman David Geffen. Logo Dreamworks Studios melambangkan seorang anak laki-laki yang sedang memancing dari bulan.

Ide logo tersebut pertama kali muncul dari Spielberg yang akan mengingatkan orang-orang akan masa keemasan Hollywood. Spielberg menginginkan logo tersebut menjadi animasi komputer tetapi kemudian meminta Robert Hunt untuk menggambar logo tersebut. Hunt menggambar sebuah logo yang berisi seorang anak laki-laki dan bukannya seorang pria yang memancing dari bulan.

Di bawah logo Dreamworks, tertulis Animations SKG yang merupakan singkatan dari inisial Spielberg, Katzenberg dan Geffen. Anak laki-laki di logo itu sebenarnya adalah putra desainer Hunt. Logo Dreamworks bernostalgia dan cukup populer, serta menyampaikan pesan studio untuk inner child pada setiap orang. Logo tersebut kemudian dianimasikan menggunakan grafik komputer dan logo Dreamworks saat ini adalah versi warna-warni dengan latar belakang awan dan langit yang cerah.

6. Warner Bros Pictures 

Warner Bros Pictures

Photo :
  • Wallpapercave

Warner Bros Studio dibuka oleh Warner Brothers dan menjadi studio pertama di Hollywood yang merilis film talkie pertama, The Jazz Singer. Warner Bros memiliki kisah nyata logo Hollywood yang sangat menarik di baliknya.

Logo asli, menggambarkan teks 'Warner Brothers' di bagian atas dengan perisai di tengah yang berisi WB bersama dengan foto asli Burbank California Studio, tempat Warner Bros pertama kali dimulai. Logo mengalami lebih dari 200 perubahan hanya dalam 15 tahun terakhir.

Pada tahun 1972, ketika Saul Bass mendesain ulang logo Warner Bros yang memiliki teks 'A Warner Communications Company' di logonya, logo tersebut langsung berubah karena kesamaan warna-warna yang dibandingkan dengan logo Nazi.

Logo saat ini yang kita lihat adalah logo yang sepenuhnya berbasis CGI, dengan Golden Shield yang berisi kata-kata WB dengan pita di atasnya tertulis sebagai Warner Bros Pictures. Namun warna dan desain logo saat ini cenderung berubah dengan tema setiap film.

7. Paramount Pictures

Paramount Pictures

Photo :
  • Factofusion

Terakhir ada kisah nyata logo Hollywood Paramount Pictures yang didirikan lebih dari 100 tahun yang lalu, sebagai Famous Players Film Company, yang kemudian bergabung dengan Feature Player Company.

Logo pertama yang dirancang oleh William Hodkinson adalah satu puncak gunung, dikelilingi oleh 24 bintang di sekitarnya. Setiap bintang mewakili seorang aktor atau aktris yang dikontrak oleh gambar-gambar terpenting pada masa itu. Gunung di logo adalah Gunung Ben Lomond di Utah. Logo sejak itu mengalami beberapa perubahan dan transformasi sesuai waktu.

Logo awalnya hanya berwarna abu-abu, tetapi berubah menjadi lebih berwarna dan akhirnya logo Paramount Pictures saat ini pertama kali dirilis di Mission Impossible: Ghost Protocol.

Logo dibuat menggunakan animasi CGI. Logo dimulai dengan bintang-bintang terbang ke gunung tertinggi dan mengelilinginya. Paramount dalam gaya Font Penultimate yang baru pun akhirnya muncul. Logo sekarang hanya terdiri dari 22 bintang yang sebelumnya dimodifikasi pada tahun 1970-an dan tetap ada sampai sekarang. Tidak ada alasan khusus untuk perubahan jumlah bintang, sebenarnya diberikan oleh perwakilan terpenting.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya