5 Kasus Dukun Sakti Menggemparkan Dunia, Gus Samsudin Kalah

Bridget Cleary
Sumber :
  • uk.movies

VIVA Lifestyle – Nama Gus Samsudin menjadikan pembahasan hangat. Adapun kini ramai diperbincangkan bahwa ilmu supranatural yang dimiliki oleh sosok Gus Samsudin tersebut dibongkar oleh seseorang bernama Pesulap Merah.

Soal Stevie Agnecya Diduga Meninggal Dunia Karena Santet, Begini Kata Mbah Mijan

Sosok Pesulap Merah yang memiliki nama asli Marcel Radhival membongkar ilmu Kulhugeni yang menjadi kemampuan pamungkas sang Gus Samsudin. Pesulap Merah juga kerap mengunggah video yang berisikan dirinya membongkar bagaimana ilmu Kulhugeni mili Gus Samsudin ternyata merupakan kemampuan trik sulap semata.

Selain itu, ternyata ada deretan kasus orang sakti atau disebut dengan dukun sakti yang pernah menggemparkan dunia loh. Apa saja kasus tersebut? Simak ulasan Viva berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

Hal Ini yang Harus Dilakukan Agar Terhindar dari Santet Menurut Agama Islam

1. Dukun Salem

Dukun Salem

Photo :
  • uk.movies
Mengenal Lebih Jauh Anime Black Clover, Ada 4 Kerajaan yang Berbeda

Mungkin kasus yang paling terkenal dari apa yang disebut ilmu sihir atau dukun dalam sejarah  adalah adanya kasus Pengadilan bagi dukun Salem yang dimulai pada tahun 1692 di Massachusetts, Amerika Serikat.

Sekarang kasus ini dipandang sebagai contoh ketakutan massal yang disebabkan oleh era ekstremisme agama dan ketakutan, ditambah insiden pembalasan penduduk asli Amerika dan epidemi cacar saat itu.

Kasus ini bermulas ketika dua gadis mulai menderita kejang-kejang dan teriak tak terkendali, itu dianggap sebagai pekerjaan penyihir atau dukun saat itu. Kemudian, 20 orang yang terlibat dieksekusi, hampir semuanya digantung - 14 di antaranya adalah perempuan.

Pengadilan kemudian hari dianggap melanggar hukum, tetapi peristiwa itu telah terjadi, meninggalkan noda yang tak terhapuskan dalam sejarah Amerika.

2. Dukun Pendle

Dukun Pendle

Photo :
  • uk.movies

Pengadilan para dukun Pendle mendahului Salem hampir satu abad sebelumnya, terjadi pada tahun 1612.  Sekitar Pendle Hill di Lancashire, tempat yang dianggap 'liar dan tanpa hukum' pada saat itu, terdapat 12 orang dituduh melakukan pembunuhan terhadap 10 orang di wilayah setempat dengan menggunakan sihir.

Di antaranya enam dari keluarga yang sama, Demdikes, dan lainnya dari keluarga Chattox. Diperkirakan keluarga-keluarga itu bersaing mencari nafkah dari penyembuhan, pengemisan, dan pemerasan dalam dunia spiritual.

3. Agnes Sampson

Ilustrasi Anna Goldi

Photo :
  • uk.movies

Agnes Sampson adalah yang paling terkenal dari mereka yang dituduh dalam pengadilan dukun Berwick Utara di Lothian Timur pada tahun 1590, yang melihat lebih dari 100 terdakwa dan 70 dieksekusi.

Seorang tabib dan bidan yang disegani, dia termasuk di antara kelompok yang diduga berusaha menenggelamkan kapal pengantin baru Raja James VI dari Denmark dengan mengunakan badai supernatural.

Raja menanyai Agnes secara pribadi, membuatnya mengalami siksaan yang mengerikan, termasuk penggunaan moncong besi yang disebut Kekang Penyihir. Memaksa pengakuan, dia diikat dan dibakar di tiang pancang. Hantunya hingga saat ini dikatakan berkeliaran di aula Istana Holyrood di Edinburgh.

4. Bridget Cleary

Ilustrasi Anna Goldi

Photo :
  • uk.movies

Anna Goldi sering disebut-sebut sebagai orang terakhir yang dieksekusi karena sihir di Eropa. Bekerja sebagai pembantu untuk seorang dokter kaya di Glarus, Swiss, diklaim bahwa dia telah memasukkan jarum ke dalam roti dan susu yang disajikan kepada putri majikannya menggunakan sihir.

Dia ditangkap, dan disiksa, setelah itu dia mengakui perjanjian dengan iblis. Meskipun dia menarik kembali pengakuannya setelah penyiksaan selesai, dia dijatuhi hukuman mati dengan pemenggalan kepala pada tahun 1782.

Insiden itu dikecam secara luas di seluruh negeri dan juga oleh Kekaisaran Romawi Suci. Pada tahun 2007, kematiannya secara resmi diakui sebagai keguguran keadilan.

Pembebasannya diberikan 226 tahun setelah kematiannya, pengadilannya dicap ilegal. Belakangan diketahui bahwa Goldi saat itu mengancam akan mengungkapkan perselingkuhannya dengan majikannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya