5 Fakta Hari Sabtu Menurut Islam, Paling Banyak Disebut dalam Alquran

Berdoa
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Setiap hari adalah waktu baik yang Allah ciptakan untuk manusia. Namun dari hari yang ada dalam satu minggu, Allah menjadikan beberapa hari istimewa bagi makhluk-Nya. Salah satu nama hari yang ada dalam Alquran ada hari Sabtu.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Nah, Kali ini VIVA merangkum fakta menarik mengenai fakta hari Sabtu dalam pandangan Islam yang disebutkan dalam Alquran. Simak rangkumannya sebagi berikut.

1. Salah satu nama hari yang ada di dalam Alquran

5 Fakta Terbaru tentang Hujan, Banyak yang Belum Tahu

Kitab Suci Alquran.

Photo :
  • U-Report

Tidak semua hari disebutkan dalam Alquran. Salah satu hari yang disebutkan dalam Alquran adalah hari Sabtu. Di mana banyak kisah penting yang diberitahukan di Alquran mengenai hari Sabtu.

5 Fakta Menarik Drama Wonderful World yang Diperankan Cha Eun Woo

2. Mengisahkan Bani Israil

Ilustrasi Bani Israil.

Photo :
  • U-Report

Dalam Alquran, hari Sabtu disebutkan sebagai hari ibadahnya Bani Israel atau umat Yahudi. Beberapa peristiwa besar terjadi pada hari ini. Seperti dikutuknya kaum Yahudi menjadi saat meninggalkan hari ibadah mereka untuk melaut.

Hal tersebut digambarkan dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 65.

"Dan sesungguhnya telah kamu ketahui kamu mengetahui orang-orang yang melanggar di antaramu pada hari Sabtu, lalu Kami berfirman kepada mereka, 'Jadilah kamu kera yang hina'"

Serta surah An-Nisa ayat 47 berikut.

"Hai orang-orang yang telah diberi Alkitab, percayalah kamu kepada apa yang telah Kami turunkan (Alquran) yang membenarkan Kitab yang ada pada kamu sebelum Kami mengubah muka (mu), lalu Kami putarkan ke belakang atau Kami kutuki mereka sebagaimana Kami mengutuki orang -orang (yang berbuat maksiat) pada hari Sabtu. Dan ketetapan Allah pasti berlaku."

3. Paling banyak disebut dalam Alquran

Alquran (Foto ilustrasi)

Photo :
  • Pixabay

Menariknya, karena hari Sabtu banyak cerita tentang Bani Israel yang dikenal cerewet dan banyak bertanya, maka hari Sabtu pun paling banyak disebutkan dalam Alquran. setidaknya sembilan kali hari Sabtu disebutkan dalam Alquran.

Enam kali disebut sebagai nama hari. Satu kali disebut dengan bentuk kata kerja, di mana mereka melakukan aktifitas pada hari itu "Yawm la yasbitun" (Al-A'raf: 163) dan dua kali disebut dengan makna "rehat" yang terkandung dalam kata 'subata'.

4. Hari yang Baik untuk Istirahat

Jalan Santai

Photo :
  • Pixabay/pexels

Asal-usul kata Sabtu berangkat dari kata "'Subata', yang berarti rehat, santai, istirahat, atau tidur. Kata ini terdapat dalam surah An-Naba ayat 9 yang berbunyi "waja'alna naumakum subata". Yang artinya, ketika kita sedang tidur, itulah suasana subata.

5. Salah Satu Hari Istimewa yang Disebut dalam Alquran

Alquran.

Photo :
  • U-Report

Dalam sebuah hadis, ada tiga hari yang istimewa bagi masing-masing umat. Yakni hari Jumat untuk umat Islam, Sabtu untuk Yahudi, dan Minggu untuk umat Kristen. Hal ini sesuai hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Ahmad.

Rasulullah SAW kita, Yahudi besok dan Nasrani setelahnya, Yahudi hari Sabtu dan Nasrani hari Ahad."

Hari Sabtu juga disebut istimewa dalam Alquran, yakni hari untuk umat Yahudi. Hal ini sesuai dengan bunyi surah An-Nahl ayat 124.

Diwajibkan (menghormati) hari Sabtu atas orang-orang (Yahudi) yang berselisih Anda. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar akan memberi putusan di antara mereka di hari hari apa yang telah mereka perselisihan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya