3 Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah dan Bisa Bertahan Lama

Ilustrasi wanita/rambut berwarna/cat rambut.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA Lifestyle – Cara mewarnai rambut mungkin dibutuhkan bagi kamu yang sedang ingin mengganti warna rambut, namun ingin melakukannya sendiri di rumah. Biasanya seseorang dapat mewarnai rambut sendiri di rumah selama mengikuti petunjuk produk yang digunakan dengan benar dan cermat. 

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

Mewarnai rambut sendiri di rumah bisa menghemat budget keuangan kamu untuk pergi ke salon. Lantas, bagaimana caranya? Simak cara-caranya berikut ini yang bisa kamu ikuti dan cermati yang dilansir dari glamour.com. 

1. Cara mewarnai rambut secara keseluruhan

Selamat Tinggal Rambut Lepek! Berikut 7 Tips untuk Rambut Bervolume dan Sehat

Mewarnai rambut.

Photo :
  • U-Report

Untuk mendapatkan hasil yang tepat sesuai dengan warna yang kamu inginkan, periksa terlebih dahulu warna dari pewarna rambut yang dibeli dan dipilih sudah cocok atau belum. 

Mitos dan Fakta Mengenai Rambut: Uban, Stres dan Genetik

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Produk pewarna 
  • Kuas pewarna rambut
  • Wadah pewarna rambut

Langkah 1: Sebaiknya, sebelum mewarnai rambut jangan mencuci rambut selama dua hari agar minyak alami kulit kepala bertindak sebagai penghalang terhadap iritasi. 

Langkah 2: Lakukan tes untai terlebih dahulu dengan mengoleskan warna pada sedikit bagian rambut. Ini akan membantu kamu dalam mengatur waktu. Tekstur rambut akan diperhitungkan di sini: Semakin halus, semakin cepat warnanya keluar, kamu mungkin perlu 5 hingga 10 menit lebih sedikit dari yang tertulis pada produk. Namun, jika kamu memiliki rambut kasar atau kering, kamu dapat mengikuti waktu yang disarankan.

Langkah 3: Baca ulang dan ikuti instruksi petunjuk produk (Catatan: jangan menerapkan warna dari akar ke ujung rambut sekaligus).

Langkah 4: Oleskan pewarna setengah inci dari kulit kepala hingga ke ujung kepala agat warna berkembang lebih cepat di akar. Lalu, di tengah proses pewarnaan, kembali dan tutupi akar rambutmu. Saat mengaplikasikan pewarna, gunakan kuas warna untuk mendapatkan hasil yang lebih profesional dan presisi.

2. Cara menghighlight rambut

Mewarnai rambut.

Photo :
  • teknikpewarnaanrambut.blogspot.com

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Produk pewarna atau highlight rambut
  • Sikat gigi (opsional)
  • Clear gloss

Langkah 1: Setelah melakukan tes helai dan membaca instruksinya (lihat cara mewarnai rambut keseluruhan langkah 1 hingga 3 di atas), keringkan, tata dan belah rambut seperti biasa. Hal ini berguna untuk memisahkan bagian mana yang akan di highlight. .

Langkah 2: Alih-alih menarik untaian acak, direkomendasikan mulailah mengoleskan dari depan dan ke arah atas kepala, bagi menjadi 10 bagian selebar seperempat inci terpisah seperempat inci. Namun, jangan beri jarak secara merata.

Langkah 3: Jika kamu tidak menggunakan produk pro highlight kit, coba gunakan sikat gigi untuk mengecat larutan dari akar hingga ujung, selain menggunakan kuas. 

Langkah 4: Diamkan pewarna rambut selama waktu yang telah ditentukan. Bilas dan cuci rambut serta selesaikan dengan perawatan clear gloss untuk membantu mengikat warna dan meningkatkan kilau rambut. 

3. Cara mewarnai rambut menjadi pirang

Cara mewarnai rambut

Photo :
  • Times of India

Mewarnai rambut lebih dari satu atau dua warna lebih terang dan melakukannya di rumah memang cukup berisiko. Jika kamu menginginkan transformasi rambut yang dramatis, tentu lebih baik kamu menyerahkannya kepada seorang profesional. Karena mewarnai rambut sendiri berisiko dapat merusak rambut secara serius.

Namun, jika kamu sudah berambut pirang dan ingin sedikit lebih cerah, itu bisa-bisa saja dilakukan sendiri di rumah. 

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Pewarna pirang
  • Perawatan rambut pirang

Langkah 1: Sebelum kamu melakukan apa pun, ikuti tiga langkah pertama yang tercantum pada cara mewarnai rambut secara keseluruhan di bagian pertama artikel. Kemudian, mulai dari bagian belakang kepala dan kemudian ke depan, oleskan larutan tersebut, jaga jaraknya satu inci dari akar rambut. Pijat warna sehingga setiap helai tertutup.

Langkah 2: Diamkan rambut selama 20 hingga 30 menit, tetapi periksa terus perkembangannya setiap 5 hingga 10 menit. 

Langkah 3: Setelah 30 menit, oleskan sisa produk pewarna ke akar rambut dan waktu untuk tambahan 10 hingga 30 menit. 

Langkah 4: Bilas untaian di atas telinga dan tarik perlahan untuk memastikannya tidak putus. Jika rambut masih memiliki warna keemasan, biarkan pewarna selama 10 menit lagi. Jika warnanya terlihat bagus, bilas dengan air hangat, lalu keramasi rambut dan kemudian keringkan. 

Cara warna agar rambut bertahan lama

Ilustrasi rambut/wanita.

Photo :
  • Freepik/svetlanasokolova

Bagian terpenting selanjutnya dalam cara mewarnai rambut di rumah sendiri adalah mempertahankan semua kerja keras yang telah lakukan. Jika tidak, kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu dan uang untuk mewarnai rambut dalam jangka panjang. Berikut ini langkah-langkah perawatan rambut agar warnanya.

Gunakan produk yang tepat

Hal pertama yang perlu diperhatikan tentu kamu harus menggunakan produk yang tepat. Misalnya seperti gunakan shampo dan kondisioner khusus untuk rambut yang diwarnai atau bebas sulfat yang mempertahankan warna dan gunakan produk penata rambut bebas alkohol yang tidak akan membuat rambut menjadi kering. 

Jangan terlalu sering keramas 

Air bisa dibilang sebagai musuh terburuk bagi warna rambut, jadi disarankan sebaiknya tidak terlalu sering mencuci rambut. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan dry shampo. Tapi dalam hari atau waktu tertentu, kamu bisa mencuci rambut atau membilas rambut dengan air hangat dan gunakan kondisioner saja.

Menggunakan masker rambut

Untuk menjaga warna rambut tahan lama, kamu bisa menggunakan masker rambut seminggu sekali untuk menjaga rambut tetap terhidrasi dan lembut. Setelah itu, biarkan rambut kering. 

Melindungi rambut dari paparan sinar UV

Warna rambut bisa pudar karena sering terpapar sinar matahari atau UV saat kita berada di luar ruangan. Maka dari itu, saat keluar ruangan sebaiknya kamu menggunakan topi untuk mencegah sinar matahari memutihkan warnanya. Jika tidak bisa, semprotkan rambut dengan pelindung UV 30 menit sebelum keluar rumah.

Itulah sejumlah cara mewarnai rambut dengan benar yang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu ke salon. Mulai dari cara mewarnai rambut secara keseluruhan, menghighlight rambut dan cara mewarnai rambut menjadi pirang. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkannya. 

Babe Cabita

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Dilihat dari beberapa unggahan di akun media sosialnya belakangan ini, Babe Cabita justru botak dan tubuhnya terlihat lebih kurus.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024