5 Kain Asli Indonesia, Harganya Selangit di Luar Negeri

Pameran Ulos
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA Lifestyle – Indonesia adalah negeri penghasil kain. Tidak terhitung berapa macam kain tradisional yang dibuat oleh suku-suku di Indonesia. Selain indah, kain-kain ini pun punya nilai ekonomis yang tinggi. Beberapa di antaranya bahkan punya pamor lebih tinggi di luar negeri.

Modinity Fashion Parade 2024, Dian Pelangi Hadirkan Songket Palembang Lewat Benang pelangi

Karenannya, beberapa daerah penghasil kain mengalami peningkatan kualitas ekonomi karena berhasil menjadi pengekspor kain. Lalu, kain apa saja sih yang punya harga mahal di luar negeri. Mau tahu jawabannya? Berikut Viva berikan ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Tenun Buton

Momen Megawati Berikan Kain Batik ke Paus Fransiskus

Presiden Joko Widodo mengenakan busana adat Dolomani dari Buton

Photo :
  • Istimewa

Kain khas Sulawesi Tenggara ini mulai punya penggemar sendiri di luar negeri setelah diperkenalkan oleh wisatawan yang berlibur ke Indonesia. Kain yang memiliki warna-warna terang memiliki corak yang mirip dengan batik.

Heboh, Potongan Payudara Wanita Misterius Ditemukan di Tempat Wisata Surabaya

Namun, motifnya sangat unik dan khas. Contohnya seperti motif betano walona koncuapa yang merupakan rekaan abu halus yang melayang-layang hasil pembakaran semak saat membuka ladang, motif colo makbahu alias korek basah, motif delima bongko atau delima busuk hingga motif delima Papua.

Selembar kain tenun dengan lebar 60×4 meter diberi harga Rp 600 ribu hingga Rp 700 ribu.

2. Songket Palembang

Songket Nagari Unggan

Photo :
  • VIVA/ Andri Mardiansyah/ Padang

Tidak hanya dikenal di Indonesia sebagai kain berharga mahal, songket Palembang juga punya pamor di mancanegara. Harga kain yang terkenal cantik ini cukup tinggi mulai dari Rp 1,8 juta hingga Rp 50 juta.

Biasanya, songket dengan harga jual puluhan juta adalah jenis songket tua yang usianya bisa mencapai ratusan tahun. Motif songket pun terinspirasi dari alam seperti Bunga Cina, Bintang Berantai atau Limar.

3. Kain Tenun Ikat NTT

Tenun Ikat Flores

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

Kain tenun asal Nusa Tenggara Timur (NTT) juga terkenal sebagai kan cantik asal Indonesia yang punya nilai jual tinggi. Kain tenun di NTT juga memiliki motif dan warna yang beragam karena dibuat oleh masing-masing etnis di NTT.

lubang kain tenun ikat NTT terbesar yang berasal dari Jepang. Untuk harga, selembar kain tenun ikat NTT bisa mencapai Rp 10 juta.

4. Tenun Dayak

Tenun Ikat Dayak

Photo :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

membuka kain satu ini banyak datang dari negara tetangga kita yakni Malaysia. Bahkan, peminat asal negeri jiran rela lintas ke Indonesia untuk mencari kain Dayak Sintang asli.

Anehnya, kain satu ini justru kurang diminati di dalam negeri. Harga rata-rata tenun Sehelai dayak sintang kualitas bagus mencapai Rp 2 juta.

Pengrajin kain ulos Tapanuli Utara

Photo :
  • VIVA.co.id/Ichsan Suhendra

Ulos adalah salah satu kain asli dalam negeri yang produksinya tetap terjaga karena permintaan yang tinggi. Maklum, ulos masih dibutuhkan untuk keperluan adat seperti upacara kematian atau pernikahan.

Namun kain asli suku Batak ini juga diminati di luar negeri. permintaannya datang dari Amerika Serikat dan Eropa. Harga kain Ulos kualitas ekspor bisa mencapai Rp 2 juta per lembar.

Nah, itu deretan kain asli Indonesia yang memiliki harga fantastis. Pakah kamu mempunyai kain-kain tersebut? Kalo iya, berarti selain kamu mencintai budaya kamu juga dapat berinvestasi pada kain tersebut loh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya