Pantai Selatan Jawa Dikuasai Nyi Roro Kidul? Ini Jawaban Buya Yahya

lukisan nyi roro kidul.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle  – Indonesia adalah sebuah negara yang sangat kental dengan hal-hal berbau gaib dan mistis. Seperti halnya mereka yang banyak meyakini tentang keberadaan Nyi Roro Kidul di sepanjang Pantai Selatan Jawa. Nyi Roro Kidul sendiri dikenal sebagai sosok yang memiliki aura mistis dan magis yang sangat kuat. 

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Karyawan Viral hingga Sosok Pimpinan Jemaah Aolia

Kepercayaan adat Jawa mengatakan bahwa Nyi Roro Kidul ini tinggal di wilayah pantai selatan Jawa, tepatnya di Pantai Parangtritis. Sampai banyaknya kisah cerita yang kental tentang Nyi Roro Kidul, bahkan banyak orang yang berbondong-bondong mendatangi pantai selatan untuk menyembah dan mengadakan ritual untuk Nyai. 

Masyarakat yang meyakini eksistensi Nyi Roro Kidul sampai mengatakan bahwa dia adalah seorang penguasa Laut Selatan. Namun, di sisi lain Ustadz Buya Yahya memberikan penjelasan terkait hal itu. Dia menjawab bahwa menurutnya itu semua tidak benar. Bukan Nyi Roro Kidul yang menjadi penguasa Laut Selatan, tapi Allah SWT. 

Banyak Utang Tapi Bagi-bagi THR saat Lebaran? Ini Kata Buya Yahya

Yahya Zainul Maarif atau lebih akrab disapa Buya Yahya. 

Photo :
  • Youtube Al Bahjah Tv

“Penguasa Laut Selatan bukan Nyi Roro Kidul, melainkan Allah SWT, Allah SWT,” tutur Buya Yahya, dikutip VIVA dari laman Antv Klik. 

Tegas! Jawaban Ustaz Khalid Basalamah dan Buya Yahya soal Hukum Percaya pada Ramalan

 Buya Yahya juga menegaskan bahwa kehadiran Nyi Roro Kidul hanya sebagai cerita dongeng semata yang berkembang di masyarakat Jawa. Buya Yahya tidak lupa menjawab kisahnya itu untuk tidak diyakini oleh manusia sebagai makhluk benar adanya. 

“Ndak ada itu Nyi Roro Kidul,” tegas Buya Yahya. 

Lebih Lanjut, ia menjelaskan soal tempat yang selama ini diyakini oleh sekelompok orang sebagai tempat bersemayamnya Nyi Roro Kidul. Menurut dia, itu adalah setan atau jin yang menjelma dengan berbagai bentuk. Terkait hal itu, Buya Yahya dengan tegas bahwa ini semua tidak ada dan hanya setan yang menjelma sesuai pikiran manusia. 

Buya Yahya

Photo :
  • Tangkapan Layar

“Memang Indonesia itu paling kaya setannya. Ada tuyul, Nyi Blorong, kuntilanak, Nyi Roro Kidul, dan yang lainnya. Sama, semuanya adalah syetan, jin, iblis,” kata Buya Yahya.

"Setan itu bisa menjelma, merusak iman, jika mereka menampakan diri, berwujud seperti A, B, C itu karena setan mengikuti pikiran manusia," jelasnya.

"Bukan Nyi Roro Kidul penguasa Pantai Selatan. Allah lah penguasa Pantai Selatan, bukan Nyi Roro Kidul, ingat itu!," Ungkap Buya Yahya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya