Viral, 8 Penampakan Bagian Dalam Kabah yang Suci di Mekah

Pintu kabah
Sumber :
  • Twitter @haramainarchive

VIVA Lifestyle – Belum lama ini penampakan bagian dalam Kabah yang membuat banyak orang penasaran akhirnya dirilis dan ditunjukkan untuk pertama kalinya setelah lebih dari setahun. Penampakan bagian dalam Kabah tersebut diunggah oleh akun Twitter @haramainarchive yang merupakan kanal Muslim Mekah dengan total delapan foto yang dirilis. Lantas, bagaimana penampakan bagian dalam Kabah? Berikut ini rincian penampakan bagian dalam Kabah sebagai rumah Suci Allah yang ada di Mekah. 

Terungkap! Keajaiban yang Dialami Ashanty Saat Umrah, Kisahnya Bikin Merinding

1. Pintu yang terbuat dari emas

Pintu kabah

Photo :
  • Twitter @haramainarchive
Dilarang Tayang, Ini Sinopsis dan Daftar Pemain Film Kiblat

Pertama, kita bisa melihat pintu Kabah yang terbuat dari 280 kg emas murni. Pintu Kabah tersebut dirancang dan dibuat ulang pada era Raja Khalid pada akhir 1970-an. Selain itu, pintunya juga dilengkapi dengan ayat-ayat Al-Qur'an dan keagungan Allah yang terukir di kedua belah pintu. 

2. Dikunci dengan gembok dan kunci Kabah

Doa Jemaah Umrah Langsung Dikabulkan, Bertemu Gus Iqdam di Tanah Suci

Kunci Kabah oleh wakil Wali Kabah yakni Syekh Abdul Malik bin Taha Al Shaibi

Photo :
  • Twitter @haramainarchive

Pintu Kabah selama ini terkunci dan dikunci menggunakan gembok dan kunci Kabah yang ada di pegang oleh wakil Wali Kabah yakni Syekh Abdul Malik bin Taha Al Shaibi, asisten Ketua, Syekh Shalih Al Shaibi.

3. Pintu menuju atab Kabah

Pintu menuju atap Kabah

Photo :
  • Twitter @haramainarchive

Terdapat juga pintu menuju ke atap Kabah atau disebut Bab Al Tawbah. Pintu tersebut juga terbuat dari emas dan memiliki kunci tersendiri. Sementara, prasasti yang ada di sebelah kiri pintu seperti yang ada di dalam gambar adalah plakat marmer yang menguraikan konstruksi pintu pada era Raja Khalid. Ada 10 batu marmer lain yang ditulis dari era yang berbeda.

4. Gantungan hadiah

Gantungan hadiah di dalam Kabah

Photo :
  • Twitter @haramainarchive

Di dalam Kabah terdapat gantungan hadiah, termasuk peralatan yang terbuat dari emas dan perak, piring bertatahkan safir dan mutiara, permata, batu mulia dan sebagainya. Peralatan yang digantung di dalam Kabah tersebut adalah hadiah yang diberikan oleh Raja, Pangeran dan orang-orang selama berabad-abad.

5. Menggunakan dinding marmer

Dinding marmer di dalam Kabah

Photo :
  • Twitter @haramainarchive

Dinding bagian dalam Kabah terbuat dari marmer dengan detail hijau. Kebanyakan dinding marmer di dalam Kabah ini dirancang di era Raja Fahd pada tahun 1996, bersama dengan langit-langit marmer dan 3 pilar merah anggur yang terbuat dari kayu jati Burma.

6. Ada tempat salat Nabi Muhammad

Tanda tempat salat Nabi Muhammad di dalam Kabah

Photo :
  • Twitter @haramainarchive

Di lantai marmer Kabah terdapat sebuah tanda yang menandai tempat salat yang diyakini sebagai tempat salat di mana Nabi Muhammad berdoa setelah memasuki Kabah pada hari penaklukan Mekah. Saat di dalam Kabah, seseorang dapat berdoa ke segala arah.

7. Tempat antara Hajar Aswad dan pintu Kabah

Tempat antara Hajar Aswad dan pintu Kabah

Photo :
  • Twitter @haramainarchive

Tempat antara Hajar Aswad dan pintu Kabah atau disebut Al Multazam memiliki panjang kurang lebih dua meter. Ibnu Abbas (R.A) meriwayatkan bahwa Al Multazam adalah tempat di mana Duas dijawab. Ada juga plakat sebagai detail pekerjaan pemeliharaan Raja Salman pada tahun 2019.

8. Lemari penyimpanan barang untuk mencuci Kabah

Lemari penyimpanan barang di dalam Kabah

Photo :
  • Twitter @haramainarchive

Di antara kedua tiang besar yang di atasnya tergantung haidha-hadiah, terdapat lemari di tengah-tengahnya yang digunakan untuk menyimpan wewangian oud dan barang-barang yang digunakan untuk upacara mencuci Kabah. Sebuah kain hijau juga terpasang di dinding yang lebih tinggi dan langit-langit interior yang menyimpan tulisan-tulisan Arab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya