Wow, Ini 5 Warisan Budaya Tak Benda Indonesia yang Diakui Unesco

Warga Rusia gelar pertunjukan gamelan dan wayang di Moskow
Sumber :
  • KBRI Moskow

VIVA Lifestyle – Beragam warisan budaya tak benda Indonesia telah berhasil diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia. UNESCO sendiri mensponsori berbagai proyek mulai dari proyek sejarah daerah, program baca-tulis, hingga kerja sama warisan budaya.

Visit Maros Pangkep Geopark, Recognized as UNESCO Global Destination

Nah, berikut, Viva rangkumkan dari lansiran berbagai sumber mengenai deretan warisan budaya tak benda yang asli berasal dari Indonesia telah diakui UNESCO.

1. Pantun

Geopark Maros Pangkep, Beranda bagi Keajaiban Geologi dan Budaya di Sulawesi Selatan

Pantun ucapan Selamat Idul Fitri.

Photo :
  • U-Report

Pantun secara resmi diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda yang tak hanya dimiliki Indonesia saja, tetapi juga Malaysia pada tahun 2020. Pantun sendiri merupakan bentuk syair Melayu yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan dan emosi yang sulit.

Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

Pantun memiliki skema a-b-a-b yang biasa dibacakan saat upacara pernikahan, ritual adat, dan upacara resmi. Pantun menawarkan cara berekspresi secara langsung dengan sopan.

2. Gamelan

Gamelan asli peninggalan Sunan Kalijaga

Photo :
  • VIVA/ Dwi Royanto/ Semarang

Gamelan merupakan warisan budaya tak benda Indonesia yang sejak tahun 2021 lalu resmi diakui oleh UNESCO. Gamelan itu sendiri merupakan orkestra tradisional Indonesia yang terdiri dari instrumen perkusi.

Gamelan selain ditampilkan pada saat upacara keagamaan, teater, dan konser, gamelan juga ditujukan sebagai terapi musik sebagai sarana bentuk ekspresi dan cara membangun hubungan manusia dengan alamnya.

3. Noken

Jokowi Beli Noken, Tas Rajutan Asli Papua Dari Mama Penjual di Pinggir Jalan

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Noken merupakan tas anyaman yang berasal dari kerajinan tangan masyarakat Papua & Papua Barat yang multifungsi. Noken sendiri telah diakui UNESCO sebagai warisan tak benda Indonesia sejak 2012 silam.

Noken biasanya digunakan untuk membawa hasil perkebunan, kayu bakar, hingga gendongan bayi. Noken juga biasa digunakan saat upacara tradisional sebagai persembahan perdamaian.

4. Tari Tradisional Bali

Tari Bali

Photo :
  • U-Report

Warisan budaya Indonesia tak benda yang telah diakui oleh UNESCO adalah tari tradisional Bali yang terdiri atas 3 genre. Genre ketiga ini meliputi sakral, semisakral, dan untuk hiburan.

Tari tradisional Bali ini tidak hanya dilihat dari bentuk tarian saja, tetapi juga dari aksesoris bermotif cerah yang dipakai para penari serta nilai tarian itu sendiri yang terinspirasi dari alam, adat, dan nilai-nilai agama tertentu. Tari tradisional Bali telah diakui oleh UNESCO sejak 2015 lalu.

5. Batik

Batik Tujuh Rupa

Photo :
  • tagar.id

Kain Batik Indonesia memiliki beragam jenis ciri mulai dari corak hingga warna yang tersebar di setiap daerah. Batik sendiri sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda Indonesia sejak 2009 silam.

Demikian deretan Wrisan budaya tak benda asli Indonesia yang Viva dapat rangkumkan. Semoga bermanfaat dan kamu semakin bangga dengan budaya Indonesia ya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya