Zaidul Akbar: Jangan Lakukan Ini Tiap Malam, Bisa Kena Kanker-Jantung

dokter Zaidul Akbar
Sumber :
  • YouTube dokter Zaidul Akbar

VIVA Lifestyle – Penyakit kanker disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya gaya hidup tidak sehat. Selain mengonsumsi makanan tidak sehat, kebiasaan buruk di malam hari, seperti begadang, yang menyebabkan seseorang menjadi kurang tidur, juga berpotensi memicu kanker. 

Terpopuler: Zaidul Akbar Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari sampai Perbanyak Kelapa saat Makan Getuk

Hal itu turut diungkap oleh dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar. Dalam kajiannya dia menjelaskan bahwa penyakit kanker juga dikaitkan dengan kurangnya tidur seseorang.  

Yuk, scroll ke bawah untuk mengetahui penjelasan dr. Zaidul Akbar.

Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari, Zaidul Akbar: Di Kitab Gizi Manapun Tidak Ada Anjuran Itu

"Penyakit kanker dalam penelitian-penelitian sekarang dikaitkan dengan kurangnya tidur seseorang," jelas dia dalam sebuah video, yang diunggah ulang di Youtube Bamol TV, dikutip VIVA, Rabu 7 September 2022.  

"Maka, kalau zaman sekarang disebutkan bahwa orang sukses itu adalah orang yang tidurnya sedikit. Kalo saya mah kebalik, justru orang sukses itu orang yang tidurnya mengikuti Baginda Nabi SAW," sambung dia. 

Zaidul Akbar: Kalau Makan Getuk Saya Banyakin Kelapanya, Kenapa? Ini Alasannya

Ilustrasi tidur.

Photo :
  • Unsplash/Kinga Cichewicz

Lebih lanjut, Zaidul menjelaskan tidurnya Nabi Muhammad SAW adalah ba'da Isya atau setelah salat Isya. Namun, lain cerita jika kita tidak tidur dalam rangka untuk memperbanyak ibadah atau mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Kecuali tidur untuk Allah atau tidak tidur untuk kepentingan dakwah, itu lain cerita. Jadi kalo tidak tidur karena salat, tidak tidur karena baca Quran, mencari ilmu karena Allah, itu lain cerita. Tapi kalo sekadar tidak tidur karena sibuk dengan proyek-proyek besar segala macem, bersiaplah untuk kena penyakit," pungkasnya. 

Penggagas buku Jurus Sehat Rasulullah itu menegaskan, ucapannya bukan sekadar omong kosong belaka. Namun, memang sudah dibuktikan dalam penelitian. 

"Dan memang itu ada research-nya, bahwa ternyata kurangnya tidur seseorang itu berhubungan dengan munculnya kanker pada seseorang. Jadi kurang tidur bisa memicu sel-sel tubuh kita untuk berubah, pertumbuhannya menjadi sel-sel yang buruk atau sel kanker," imbuhnya. 

Ilustrasi sel kanker.

Photo :
  • Pixabay

Jadi menurutnya, penyakit-penyakit sekarang yang banyak bermunculan itu diakibatkan karena gaya hidup tidak sehat, termasuk begadang atau kurang tidur. 

"Kalo ada orang yang kena kolesterol, jantung, asam urat, maka pertanyaannya ada hubungan apa sama Alquran dan hadis? Maka jelas, Allah mengatakan bahwa ayat dalam Alquran yang mengatakan bahwa makan dan minum jangan berlebihan. Itu 50 persen dari ilmu kedokteran ada pada ayat tadi," ungkapnya.

"Gak mungkin (kena penyakit) orang yang menjaga makan, menjaga hubungannya dengan Allah, tidurnya, perbanyak zikir, Alquran," ucap dr. Zaidul Akbar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya