Tips untuk Pencari Kerja, Ini 6 Kriteria yang Dicari Manajer SDM

Ilustrasi cari pekerjaan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pencari kerja atau angkatan kerja Indonesia mencapai 144,01 juta jiwa pada Februari 2022. Jumlah tersebut mencapai 69,06% dari total penduduk usia kerja yang berjumlah 208,54 juta jiwa.

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

Nah, Anda yang saat ini mencari pekerjaan setidaknya harus mengetahui apa yang diinginkan oleh perusahaan dan juga dari departemen Human Resource Development (HRD) atau SDM. Berikut adalah beberapa kualitas yang dicari manajer SDM saat merekrut yang dikutip dari economictimes.indiatimes.com:

1.Kesabaran atau daya Tahan

Wanita Tewas Bersimbah Darah di Ruko, Karyawan: Korban Tinggal Bersama Pacarnya

Kualitas utama yang dicari manajer SDM dalam diri seorang kandidat adalah kemampuannya untuk bertahan dalam situasi yang tidak menyenangkan. Karena turnover bisa mahal bagi perusahaan, HR lebih suka mempekerjakan orang yang memiliki tingkat komitmen tinggi dan dapat bertahan lama.

2.Dapat dipercaya

Digosipkan Mualaf, Celine Evangelista Berangkatkan Umrah Karyawannya Secara Gratis

ilustrasi pekerjaan

Photo :
  • U-Report

Ini adalah karakter yang paling penting untuk diidentifikasi dalam diri seorang kandidat. Karyawan yang dapat dipercaya pasti memiliki manfaat jangka panjang bagi organisasi dan kemungkinan besar akan bertahan lama di perusahaan.

3.Keterampilan multi-tugas

Dengan meningkatnya persaingan di semua sektor, perusahaan lebih memilih untuk mempekerjakan karyawan multi-tasking. Kualitas ini tidak hanya menjadi nilai plus bagi perusahaan tetapi juga meningkatkan profil pekerjaan individu. 

Banyak bisnis hotel melakukan pemotongan biaya dan memiliki lebih sedikit karyawan yang dapat multi-tugas. Karenanya menjadi multi-tasker dapat membantu Anda meraih pekerjaan itu

4.Ambisius

Semua orang menginginkan aset dalam diri mereka dan bukan kewajiban, oleh karena itu orang-orang yang termotivasi dan mandiri menjadi pilihan terbaik untuk organisasi mana pun. Karyawan yang ambisius di alam bekerja keras dan melampaui keunggulan mereka sendiri di tempat kerja.

5.Kerja tim

Ilustrasi pimpinan dan karyawan.

Photo :
  • U-Report

Organisasi penuh dengan makhluk yang berbeda, sementara beberapa takut akan persaingan, yang lain terlalu santai bahkan untuk repot. Oleh karena itu peran pemain tim sangat dibutuhkan karena ia perlu menjaga keseimbangan. S

eseorang yang menunjukkan tingkat ketekunan dan rasa syukur yang tinggi untuk bekerja membuat karyawan yang baik untuk dipekerjakan.

6.Sikap positif

Orang yang positif membawa sikap pemenang, maka organisasi mencari karyawan dengan sikap positif. Seseorang dengan sikap positif dapat menghadapi kegagalan dan persaingan dengan percaya diri sehingga mereka lebih mungkin untuk dipekerjakan.

Seperti halnya yang dilakukan Propan Raya, perusahaan cat asli Indonesia berhasil meraih penghargaan 1ST The Best Human Capital 2022 dalam acara Human Capital Award VIII 2022 untuk Non-Public Company. Acara penghargaan ini diselenggarakan oleh Economic Review yang berlokasi di Bidakara belum lama ini.  

Indonesia Human Capital Award VIII 2022 merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada Human Capital di sebuah perusahaan yang bertujuan untuk mendorong dan memotivasi SDM guna meningkatkan produktivitas serta daya saing. 

Selain itu, penghargaan ini diharapkan dapat menjadi ajang yang sehat bagi para Human Capital untuk berkompetisi dalam berbagai inovasi demi memajukan perusahaan.

Kriteria penilaian meliputi Business Impact, Human Capital Blue Print/ Strategic Map, Talent Management & Organizational Capabilities, Manpower Planning, Sourcing & Recuritment Strategy, HRIS & Technology, Learning & Development, Corporate Culture, Employee Engagement, Performance Management, dan Human Capital Director’s roles & significant achievement.

Chief Human Capital Officer Propan Raya, Erwin Widjaja, menyebutkan bahwa penghargaan yang diperoleh merupakan sebuah pengakuan dan validasi atas inovasi dibidang Human Capital pada Propan Raya.

“Propan Raya memiliki banyak sekali program penunjang di dalam bidang Human Capital. Kami memiliki Propan Learning Academy, Corporate Culture yang kuat, Propan Way sebagai bagian dari HR Innovator, dan SAP HRIS untuk Performance Management. Masih banyak program-program Human Capital lainnya yang membuat Propan Raya pantas untuk membawa pulang penghargaan bergengsi ini,” tutur Erwin Widjaja.

Di tempat terpisah CEO Propan Raya, Kris Rianto Adidarma, menyampaikan kebanggaan atas prestasi yang didapatkan oleh Propan Raya. 

"Kami percaya perusahaan yang memiliki kualitas SDM yang baik, maka akan berdampak pada performa dan kemajuan perusahaan. Sehingga bagi Propan Raya, pengembangan SDM harus selalu terus dilakukan dan diprioritaskan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya