5 Cara Membasmi Rayap di Rumah Tanpa Bahan Kimia

Cara membasmi rayap
Sumber :
  • FUMIDA

VIVA Lifestyle – Cara membasmi rayap mungkin dibutuhkan bagi kamu yang di rumahnya terdapat rayap dan mungkin mengganggu kenyamanan. Rayap sendiri basanya bersarang dan muncul bersama koloninya untuk mencari makan. Tempat rayap biasanya bersarang ada di tempat yang lembab, tertama kayu yang menjadi sumber makanannya.

Jasa Anti Rayap Terbaik No.1 Hanya di Fumida

Kayu yang menyentuh bagian tanah menadi salah satu yang mengundang rayap datang ke rumah kamu. Ancaman terbesar yang ditimbulkan oleh serangan rayap adalah kerusakan pada struktural pada rumah. Rayap yang kelaparan dapat menyebabkan bangunan menjadi rusak. Bahkan rayap juga tak hanya memakan kayu saja, tapi juga bisa memakan pakaian yang lembab, kertas, buku bahkan uang. 

Rayap yang berkerumun adalah salah satu tanda pasti bahwa di rumah kamu mungkin memiliki masalah yang disenangi oleh rayap. Kamu juga harus memeriksa secara teratur di rumah adakah kayu yang rusak dan tabung lumpur yang digunakan rayap untuk melakukan perjalanan dari sarang untuk mencari sumber makanan.

Uang Tabungan Haji Dimakan Rayap, Samin Terima Ganti Rp 20 Juta

Lama serangan rayap dapat berlangsung

Uang dimakan rayap.

Photo :
  • U-Report
Tips Menyimpan Uang di Rumah Agar Tak Dimakan Rayap

Cara membasmi rayap memang dibutuhkan karena biasanya setelah rayap membentuk koloni, mereka akan berada di tempat yang mereka makan untuk waktu yang cukup lama atau dalam jangka panjang. Setiap koloni memiliki raja dan ratu yang merupakan satu-satunya reproduksi sarang dan beberapa telah diketahui hidup selama 25 tahun. Itulah alasan mengapa kamu harus menguir rayap atau mereka akan semakin memakan kayu pada struktural rumah kamu.

Cara membasmi rayap

Rayap.

Photo :
  • anthonygerads.com

Berikut ini cara untuk membasmi rayap yang dikutip dari laman MyMove yang mungkin bisa kamu lakukan sendiri di rumah. 

1. Temukan dan identifikasi rayap

Rayap.

Photo :
  • anthonygerads.com

Untuk menghilangkan infestasi rayap yang ada, gunakan umpan seperti Spectracide Terminate. Umpan konsumen adalah pasak yang Anda masukkan ke dalam tanah di sekitar rumah Anda. Umpan menarik rayap yang mencari makan, yang membawa racun kembali ke sarangnya. Umpan bekerja lambat, memakan waktu tiga sampai 14 hari untuk membunuh koloni.

5. Mencegah rayap semakin banyak

rumah rayap

Photo :

Cara membasmi rayap yang terakhir bisa dilakukan adalah dengan mencegah adanya rayap semakin banyak di masa depan. Selain secara teratur menerapkan perawatan penghalang, kamu juga dapat mengambil sejumlah tindakan pencegahan non-kimia untuk mencegah serangan rayap di masa depan. Langkah-langkah tersebut termasuk menghilangkan dinding kayu atau struktur lain yang bersentuhan dengan tanah, mengalihkan air hujan dari fondasi dengan talang yang berfungsi dan menggunakan kerikil di bedeng taman sebagai pengganti mulsa kayu.

Cara membasmi rayap secara alami

Uang hancur dimakan rayap.

Photo :
  • VIVAnews.

Ada banyak alternatif yang bebas dari bahan kimia untuk membunuh rayap. Metode bebas bahan kimia lainnya untuk membunuh rayap kayu kering melibatkan penggunaan radiasi gelombang mikro dan arus listrik tegangan tinggi. Metode ini harus diselesaikan oleh seorang profesional.

Ada dua metode utama untuk mengendalikan rayap tanah tanpa bahan kimia. Salah satunya dengan menggunakan produk yang mengandung jamur tanah Metarhizium anisopliae yang bisa membunuh rayap selama beberapa minggu.

Cara lainnya adalah menyuntikkan tanah dengan nematoda yang bermanfaat, yakni sejenis cacing yang memangsa rayap. Mereka dapat hidup di tanah hingga dua tahun dan memiliki tingkat kemanjuran antara 50% hingga 95%.

Terakhir, jika kamu menemukan sarang rayap, kamu bisa membukanya dan memaparkannya ke elemen. Semut sebenarnya memangsa rayap sehingga menghancurkan sarangnya membuat mereka menjadi sasaran empuk.

Itulah berbagai cara membasmi rayap yang dapat kamu lakukan di rumah. Kamu bia emilih cara yang menurutmu paling mudah untuk dilakukan tanpa menyulitkan. Jika memang kamu tidak memiliki waktu luang untuk melakukannya, kamu bia menghubungi tenaga professional untuk menguir rayap-rayap yang menggeroti rumahmu. 

Ilustrasi rumah/hunian.

Sebabkan Kerugian Besar, Jangan Sepelekan Serangan Rayap di Rumah

Mengapa nilai kerugian akibat rayap bisa begitu besar? Karena barang atau furnitur yang sudah rusak dimakan rayap tidak dapat digunakan kembali sehingga menimbulkan rugi.

img_title
VIVA.co.id
1 November 2023