Mau Buka Usaha Kuliner? Owner Minang Pride Punya Tips Jitu

Ilustrasi bisnis kuliner.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Memutuskan untuk membuka bisnis, termasuk usaha kuliner memang dibutuhkan niat dan tekad yang kuat. Sebab, menurut mompreneur dan momfluencer, Nadia Kholila, hal itu sangat penting untuk memudahkan langkah kita untuk menjalankan bisnis ke depannya.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

"Sebelum memulai usaha, menurut aku kita harus memahami apa yang menjadi tujuan kita dalam membangun bisnis ini. Tekad dan niat serta tujuan yang jelas, akan memudahkan kita untuk menjalankan bisnis ini. Agar bisnis ini dapat berkembang dari waktu ke waktu dan tidak bersifat temporary semata," ujar wanita yang telah memiliki usaha Nasi Dendeng Minang Pride dan Sop Duren Addict itu. Yuk, scroll untuk tahu tips selengkapnya.

Bertatap muka secara virtual dalam acara Talkshow Ibu Bangga Bisa Canggih yang digelar Cosmos baru-baru ini, Nadia mengungkap, ibu-ibu harus mempunyai tujuan yang jelas saat akan membangun usaha.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

"Pasti ibu kalau memulai usaha ingin usahanya berkesinambungan, terus jalan, gak hanya usahanya sebentar, kan? Menurut aku kita harus punya tekad, strategi dan tujuan yang jelas dalam membangun usaha," tuturnya. 

Ilustrasi perempuan bisnis

Photo :
  • Freepik/gpointstudio
Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Terlebih, kini banyak usaha yang sudah dijalankan secara digital, sehingga emak-emak juga enggak boleh ketinggalan zaman dan harus melek teknologi. 

"Sekarang mayoritas usaha dijalankan secara digital. Jadi menurut aku ibu-ibu harus mulai. Bagi yang belum terbiasa dengan online, digital, itu harus sudah sangat familiar, karena untuk usaha-usaha sekarang itu mayoritas sudah menggunakan plaftorm digital, bahkan untuk pemesanan pun udah digital semua," paparnya.  

Menurut Nadia, berjualan dengan memanfaatkan platform digital sebenarnya akan jauh memudahkan kita dibanding menggunakan cara konvensional seperti dulu.

"Dan ini sudah dibuktikan juga oleh data-data BPS (Badan Pusat Statistik) bahwa perkembangan transaksi e-commerce di Indonesia itu kian pesatnya. Jadi ini merupakan suatu kesempatan untuk ibu-ibu yang mau mulai usaha secepat mungkin bisa lho, itu usahanya dari rumah dan dijual secara online. Jadi, gak perlu tuh buka banyak outlet untuk awal, tapi semuanya bisa dari rumah dan itu bisa dijual secara online," bebernya. 

Ilustrasi jualan online.

Photo :
  • U-Report

Lalu, apa saja sih poin-poin penting yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha? 

"Ada 5 poin yang menurut aku penting sebelum memulai usaha, yaitu market, produk, pemasaran, identitas brand yang kuat dan yang terakhir pastinya action atau mulai secepat mungkin. Karena kalau kita terus mencari minus dan plus-nya atau takut-takut, akhirnya nanti ide-ide kita ada yang mendahului," imbuh Nadia Kholila. 

Marketing Communication Manager PT. Star Cosmos, Elizabeth Wijaya, turut menyampaikan rasa kepeduliannya dan mendukung para mompreneur yang ingin membuka usaha UMKM

"Cosmos sangat peduli dan mendukung para mompreneur ibu-ibu canggih yang ingin membuka usaha UMKM, dengan menghadirkan produk-produk berkualitas yang dapat membantu usaha UMKM moms," kata Elizabeth.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya