Tips Membuat Video Pernikahan Memorable

Ilustrasi pernikahan/pre-wedding.
Ilustrasi pernikahan/pre-wedding.
Sumber :
  • Freepik/freepik.diller

VIVA Lifestyle – Prosesi pernikahan merupakan salah satu momen dalam hidup yang tidak boleh terlewatkan untuk diabadikan. Berbicara mengenai pernikahan juga tidak luput dari sesi dokumentasi baik foto maupun video selama prosesi pernikahan. Sama seperti yang lainnya, memilih videografer dan fotografer untuk pernikahan juga perlu dipikirkan dengan baik.

Mengingat pernikahan merupakan momen sakral sekali seumur hidup yang perlu diabadikan. Terkait dengan video dan foto selama sesi pernikahan, berikut ini beberapa tips penting ketika Anda mencari fotografer dan videografer untuk mengabadikan momen pernikahan Anda mengutip laman Vinesoftheyarravalley.

Ilustrasi pesta pernikahan (foto: pixabay)

Ilustrasi pesta pernikahan (foto: pixabay)

Photo :
  • U-Report

1. Cari fotografer dan videografer yang ramah

Pada hari pernikahan Anda, akan ada banyak momen yang ingin Anda ingat selamanya. Fotografer dan videografer Anda akan mengabadikan semua momen tak ternilai yang sama dalam film, termasuk pandangan pertama pengantin, upacara pernikahan, resepsi, dan banyak lagi.

Untuk memastikan kelancaran acara, sebaiknya menyewa fotografer dan videografer yang berpengalaman berkolaborasi. Dengan begitu, mereka dapat mengatur pengamanan untuk menjamin bahwa mereka selalu merekam peristiwa penting. Untuk hari pernikahan yang bebas stres, konsultasikan dengan perencana pernikahan Anda untuk mendapatkan saran atau minta fotografer Anda merekomendasikan videografer (atau sebaliknya).

Ilustrasi pernikahan.

Ilustrasi pernikahan.

Photo :
  • Pixabay

2. Temukan videografer  yang nyaman dengan lokasi pernikahan Anda

Tanyakan kepada videografer apakah mereka memiliki pengalaman memotret dalam suasana pernikahan sebelum Anda berkomitmen untuk mempekerjakan mereka. Mintalah untuk melihat beberapa karya mereka sebelumnya, dan jika memungkinkan, bawakan contoh video klip pernikahan yang sangat Anda sukai yang direkam di tempat Anda atau video serupa untuk memastikan mereka terbiasa bekerja di lingkungan yang serupa.

Ilustrasi pernikahan.

Ilustrasi pernikahan.

Photo :
  • U-Report

3. Temukan seseorang yang cocok dengan preferensi gaya video pernikahan Anda

Ada berbagai macam gaya di antara video pernikahan. Beberapa fokus terutama pada pengantin yang bersiap-siap, sementara yang lain menampilkan cuplikan tarian dan perayaan resepsi yang luas dan tanpa naskah. Sementara beberapa upacara hanya menampilkan musik, yang lain juga menampilkan akad, pidato, dan acara resepsi.

Dalam beberapa kasus, pengantin duduk untuk wawancara, baik pada hari besar atau sebelumnya. Harus ada beberapa karya videografer sebelumnya yang sangat Anda sukai untuk ditonton. Kirimkan beberapa karya favorit Anda dari portofolio mereka sebelum pernikahan. Jelaskan secara rinci tentang setiap contoh yang menarik bagi Anda.

4. Video yang memiliki cerita

Sebenarnya, sebagian besar pasangan memang memiliki cerita yang bisa membuat pasangannya menangis, tetapi hanya jika videografer mereka meluangkan waktu untuk mengenal calon pengantin cukup baik sebelum pernikahan untuk menemukan cerita itu dan menceritakannya dengan sengaja.

Saya sarankan untuk memeriksa karya videografer yang berbeda sebanyak mungkin untuk menemukan gaya yang Anda suka. Apa yang membuat mereka begitu khas? Berbeda dengan video lain, mengapa video ini membuat Anda menangis?

Terkait dengan wedding video, Bekti Winata mendirikan Akun Weddingvidgram atau wedding video instagram yang dibuat pada 05 Februari 2019. Berawal menjadikannya sebagai wadah yang menyajikan content wedding video dari para creator Indonesia. Platform ini mempunyai visi menjadi wadah yang up to date untuk para content creator yang ingin berbagi atau mencari referensi seputar, wedding video dan dengan misi menjadi wadah sekaligus komunitas wedding video terbesar di Indonesia.

Ilustrasi pernikahan.

Ilustrasi pernikahan.

Photo :
  • U-Report

Platform ini semakin berkembang menjadi wadah komunitas para photo/videographer wedding, yang akan memenuhi kebutuhan mereka. Seperti membuat video edukasi seputar tips and trick, membuat presets luts, menyediakan kebutuhan voice over video, wedding drone footage, dan membantu mereka mendapatkan kualitas client yang sesuai dengan skill nya.

Selain itu platform ini juga mengadakan workshop online (WVG Class) dengan menghadirkan pembicara yang berbeda setiap minggunya, dari vendor-vendor wedding ternama di Indonesia. Rabu, 31 Agustus 2022 lalu kali pertama Weddingvidgram mengadakan offline workshop di Kopi Nako Ciracas Jakarta, bertema Color Grading Secret dengan pembicara Praditya Kusuma Aca dari Kerutwajah Creative.

"Semoga platform ini bisa terus bikin acara ini lewat WVG Class nya jadi bisa memberdayakan dan lebih merangkul teman-teman dari kalangan video editor wedding, dan semakin jaya," Ungkap Praditya Kusuma Aca.

Sementara itu, Bekti Winata menambahkan, dengan adanya WVG class ini bisa meningkatkan value dan juga skill para pelaku wedding videographer di indonesia , yang akan berdampak juga kepada wedding video dokumentasi industri. Bagaimana? Tertarik mengikuti WVG Class? Lebih lengkapnya, intip cara mendaftarnya di highlights story pada akun Instagram Weddingvidgram.