Selain Zamzam, Inilah Sumber Air Terbaik Kedua di Dunia

Ilustrasi sumber air
Ilustrasi sumber air
Sumber :
  • Pixabay/Deltaworks

VIVA Lifestyle – Bagi seluruh masyarakat di penjuru dunia, air Zamzam merupakan salah satu air terbaik di dunia. Tapi ternyata tidak, selain Zamzam ada pula lainnya yang berhasil menduduki posisi kedua sebagai air terbaik di dunia.

Air tersebut adalah air yang berasal dari Jolotundo. Jolotundo sendiri terletak di sebuah lereng Gunung Penanggungan dengan panjang berukuran 16,85 meter, leber 13,52 meter, dengan kedalaman 5,20 meter. Jolotundo dijadikan pertirtaan yang terbuat dari batu andesit yang kemudian dipahat dengan sangat halus.

Mengutip dari laman Timesindonesia, konon kualitas air di sini terbaik nomor dua di dunia setelah air Zamzam yang kita temui di Mekah Arab Saudi. Hal tersebut berdasarkan adanya penelitian seorang arkeolog Belanda pada tahun 1991. Di mana pada penemuannya tersebut, mereka menguji kualitas air di situs petirtaan Jolotundo. 

Tidak main-main, penelitian ini bahkan sudah diakui dan dilakukan selama tiga kali pengujian yaitu  pada 1985 oleh BP3 trowulan, 1991 oleh arkeolog Belanda, dan pada 1994 oleh IDI pusat.

Air Zamzam

Air Zamzam

Photo :

Di mana, hasil dari penemuannya tersebut menjelaskan jika sumber air Jolotundo ini berhasil menduduki urutan kedua di dunia setelah adanya air Zamzam. Penelitian tersebut juga menjelaskan adanya kandungan air mineral situs petirtaan Jolotundo yang sangat tinggi.

Selain itu, air di Jolotundo pun diketahui  tidak pernah mengalami kekeringan atau kemarau. Tidak hanya itu, air di sini juga dipercaya dapat membuat awet muda hingga menyembuhkan penyakit.