4 Fakta Unik Suku Polahi Gorontalo, Tetap Normal Meski Kawin Sedarah

Suku Polahi Gorontalo
Suku Polahi Gorontalo
Sumber :
  • Instagram @seaaypee_

VIVA Lifestyle – Kehidupan masyarakat Indonesia memang sangat menarik untuk dikulik lebih dalam, salah satunya adalah soal suku Polahi di Gorontalo yang dikenal masih cukup tertutup dari dunia luar.  Masyarakat yang mendiami wilayah tersebut adalah suku terdalam asli Gorontalo yang sampai saat ini tidak mengalami revolusi. 

Uniknya, masyarakat di suku Polahi ini memakai bahasa asli Gorontalo yang digunakan sejak zaman dahulu kala dan turun temurun sampai sekarang. Mereka juga kerap menggunakan bahasa tubuh yang hanya bisa dimengerti oleh suku mereka saja. Untuk mengenal lebih jauh, berikut ulasan selengkapnya. 

1. Sejarah

Suku Polahi.

Suku Polahi.

Photo :
  • U-Report

Konon katanya, dahulu masyarakat di suku Polahi adalah masyarakat yang tak ingin ditindas dan juga dijajah oleh Belanda di masa kolonial. Lalu, mereka membuat sebuah kelompok dan melarikan diri ke dalam hutan belantara. Di pedalaman hutan Boliyohuto, Provinsi Gorontalo, suku Polahi ini hidup secara nomaden. 

Menurut catatan sejarah, mereka adalah sebuah kelompok masyarakat buronan pada zaman Belanda. Sampai Indonesia merdeka tahun 1945, mereka lebih memilih untuk tetap tinggal di dalam hutan dan menganggap bahwa orang luar adalah penjajah. Sebab dari itu, mereka dikenal primitif. 

2. Kepercayaan