5 Tips Sukses Memulai Usaha Kecil, Mulailah dari Sekarang

Ilustrasi UMKM ketika memulai usaha.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Memulai bisnis usaha kecil adalah usaha besar tetapi bermanfaat. Bagian dari memulai bisnis kecil adalah melakukan hal-hal dengan cara yang paling masuk akal bagi Anda, tetapi sedikit panduan juga dapat membantu. 

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Seiring dengan kasus pandemi COVID-19 yang menunjukkan tren membaik, saat ini Pemerintah Indonesia tengah berupaya dalam mendorong pemulihan ekonomi pada berbagai sektor, termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan tulang punggung perekonomian berbasis ekonomi kerakyatan. Yuk scroll untuk artikel lengkapnya.

Nah sebelum memulai menjadi pelaku UMKM, berita tips untuk memulai bisnis keci-kecilan yang bisa menjadi besar dikutip dari nationalfunding, Kamis 29 September 2022.

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

1. Kenali kekuatan dan kelemahan Anda

Setiap pemilik usaha kecil memiliki keterampilan, kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman tertentu yang memberi mereka keunggulan ketika tiba saatnya untuk membangun bisnis dan mulai mengoperasikannya. 

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Namun, tidak ada pemilik usaha kecil yang begitu mahir sehingga mereka bisa menjadi ahli dalam setiap proses yang terkait dengan pengembangan perusahaan baru.

Selama tahap awal bisnis, jangan terlalu membebani diri Anda terlalu lama atau mengharapkan diri Anda untuk terjun ke tugas yang sangat rumit tanpa pelatihan sebelumnya.

2. Mulailah dengan rencana bisnis sederhana 

Ilustrasi memulai bisnis.

Photo :
  • U-Report

Salah satu hal pertama yang harus dilakukan sebagai pemilik usaha kecil adalah mengembangkan rencana bisnis. Sangat penting bagi Anda untuk mengembangkan dokumen penting ini untuk mengarahkan pekerjaan di masa depan dan membuat diri Anda bertanggung jawab, tetapi penting juga untuk tidak terlalu mendalam selama tahap awal pengembangan konsep Anda.

Rencana yang lebih pendek, sekitar satu halaman atau 500-600 kata, dapat memberi Anda arahan tanpa mengharuskan Anda menjawab pertanyaan yang tidak akan memiliki solusi yang disajikan hingga nanti dalam proses. Saat pekerjaan berlangsung dan ide Anda semakin mendekati operasi yang sebenarnya, Anda dapat memperluas rencana bisnis Anda. 

3. Fokus pada sesuatu yang Anda sukai

Memiliki hasrat untuk sesuatu tidak selalu berarti itu adalah aktivitas atau jenis bisnis favorit Anda sepanjang masa. Ini berarti bahwa Anda tidak akan cepat bosan menjalankan jenis bisnis itu, bahwa bagian-bagiannya menarik bagi Anda dan, idealnya, Anda dapat menggunakan beberapa kombinasi pengetahuan atau keterampilan yang ada terkait dengan sebagian atau seluruh operasi untuk keuntungan Anda. .

4. Pahami target pelanggan dan pasar yang ada

Ilustrasi UMKM.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Dimungkinkan untuk mengembangkan konsep bisnis yang sangat baik dan menerapkannya di area yang salah. Itulah mengapa penting untuk memahami area di mana Anda ingin memulai bisnis kecil Anda serta target pelanggan Anda. Sebuah ide yang bisa berjalan dengan baik di daerah yang besar dan padat penduduk mungkin tidak mendapatkan jumlah lalu lintas pejalan kaki atau jumlah pelanggan yang dibutuhkan di daerah dengan penduduk yang lebih sedikit.

Menilai pasar untuk produk atau layanan Anda, mencari keberadaan pesaing potensial, dan melakukan penilaian tentang bagaimana kinerja bisnis Anda secara hipotetis dapat menggerakkan ide Anda ke arah yang benar.

Anda juga dapat melihat pesaing dan bisnis serupa untuk mendapatkan ide dan panduan, meskipun secara tidak langsung. Mengunjungi toko mereka, melihat situs web dan materi pemasaran mereka, serta inisiatif pengumpulan-intelijen lainnya dapat membantu Anda menyelesaikan teka-teki.

5. Jangan takut untuk meminta bantuan

Bahkan ketika bisnis berada di jalur yang benar, masalah tak terduga dan peluang untuk pertumbuhan dan peningkatan dapat dengan cepat muncul. Mengatasi masalah dan peluang ini sangat penting untuk stabilitas dan kemakmuran jangka panjang. 

Sebagai pemilik usaha kecil, Anda tidak perlu takut untuk mencari alternatif pembiayaan usaha berupa pinjaman usaha kecil dari Pembiayaan Nasional. Proses aplikasi kami yang cepat dan mudah dapat memberikan bisnis Anda keputusan cepat dan dana yang Anda butuhkan.

Kementerian BUMN bersama dengan BUMN yang terus berkomitmen dalam mendukung pemulihan serta tumbuh kembangnya UMKM di Indonesia, telah dan akan melakukan berbagai program atau kegiatan pengembangan UMKM baik yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN atau BUMN, maupun dalam hal partisipasi aktif pada kegiatan yang diinisiasi Kementerian/Lembaga lainnya. 

Salah satunya adalah penyelenggaraan PaDi UMKM Hybrid Expo 2022. PaDi UMKM Expo 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN dengan menunjuk PT PLN (Persero) selaku Koordinator Pelaksana merupakan salah satu event yang diharapkan dapat mendorong UMKM untuk terus bangkit dan berkembang. 
PaDi UMKM Expo 2022 diselenggarakan secara hybrid yaitu offline dan online seiring dengan aktivitas masyarakat yang sudah mulai kembali normal.

Bertempat di Gedung Sarinah lantai Dasar dan lantai Basement pada tanggal 28 September – 2 Oktober 2022, PaDi UMKM Expo 2022 menghadirkan 40 UMKM yang telah dilakukan proses kurasi.  Sedangkan exhibitor pameran secara online yang diselenggarakan 28 September – 12 Oktober 2022, diikuti 412 UMKM yang merupakan binaan dari 8 instansi atau organisasi.

Menteri BUMN RI, Erick Thohir dalam sambutannya mengatakan sebagai Bangsa Indonesia harus punya kepedulian, membangun sebuah ekosistem kebersamaan.

“Saya tidak percaya ekonomi Indonesia berdasarkan oligarki atau kapitalis. Tapi inilah Indonesia, fondasi dari ekonomi kita adalah ekonomi kerakyatan. Sejak awal, saya meminta BUMN, para pimpinan BUMN untuk ikut menjadi ekosistem besar. 24,5 triliun angka yang besar untuk UMKM. Kalau dibagi per transaksi 162 juta. Ini luar biasa,” kata Erick Thohir.

Loto Srinaita Ginting, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN melaporkan bahwa penyelenggaraan PaDi UMKM Hybrid Expo 2022 bertujuan untuk memberi akses pasar yang lebih luas bagi UMKM dalam memasarkan produknya baik secara offline maupun online. 

“Melalui penyelenggaraan PaDi UMKM Expo 2022 ini tentu yang diharapkan tidak hanya terbatas sampai saling mengenal antara UMKM dengan BUMN atau masyarakat, melainkan juga terciptanya transaksi belanja sebagai bentuk konkret mendorong pemulihan ekonomi utamanya pelaku UMKM," kata dia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya