Heboh Lesti Kejora Laporkan Rizky Billar, Ini 4 Tanda KDRT

Rizky Billar dan Lesti Kejora.
Sumber :
  • ANTV

VIVA Life – Biduk rumah tangga Lesti Kejora dan Rizky Billar nampaknya tengah goyah dengan isu laporan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang menimpa mereka. Padahal sebelumnya, pasangan yang menikah pada tahun 2021 lalu ini nampak adem ayem, bahkan kompak menjaga buah hatinya yang harus melakukan operasi hernia.

Areum Eks T-ARA Sudah Sadar Kembali Usai Sempat Mencoba Bunuh Diri

Pada Rabu malam, 28 September 2022, Lesti mendatangi Polres Jakarta Selatan dan membuat laporan terkait dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Hal itu dibenarkan oleh AKP Nurma Dewi selaku Kasi Humas Polres Jakarta Selatan.

"Jadi untuk saudari L semalam mendatangi polres Jakarta Selatan untuk melaporkan kasus yang dialami. Menurut beliau adalah KDRT," kata Nurma Dewi di Polres Jakarta Selatan, Kamis, 29 September 2022.

Lelang Mobil untuk Donasi ke Palestina, Rizky Billar: Ini Harta Terakhir yang Dulunya Riba

KDRT dapat dilakukan dan dialami siapa saja tak memandang usia dan gender. Kendati begitu, KDRT bisa dilihat dari sejumlah tanda saat seseorang memperlakukan kita. Berikut tanda KDRT yang patut dikenali dikutip dari laman Healthline.

1. Menghina

Profil Areum Eks T-ARA, Karier hingga Alami KDRT dan Nyaris Akhiri Hidup

Ilustrasi wanita marah pada pasangan.

Photo :
  • U-Report

Seseorang yang melakukan KDRT Amungkin menggunakan taktik yang berbeda untuk merusak harga diri. Contohnya meliputi Nama panggilan dan julukan menghina. Mereka akan terang-terangan menyebut Anda “bodoh”, “pecundang”, atau menggunakan hinaan lain. Mungkin mereka menggunakan istilah "sayang" yang benar-benar menyoroti hal-hal yang sensitif dan mengabaikan permintaan Anda untuk berhenti memanggil itu. 

Selain itu, ia akan bersikap sebagai iembunuhan karakter. Ini biasanya melibatkan kata "selalu." Anda selalu terlambat, salah, mengacau, tidak menyenangkan, dan sebagainya. Mereka mungkin mengatakan hal-hal ini kepada Anda, atau menggunakannya untuk menggambarkan perilaku Anda kepada orang lain. 

Hal lainnya adalah berteriak. Berteriak, memaki, dan mengumpat dapat mengintimidasi Anda dan membuat Anda merasa kecil dan tidak penting. Mungkin mereka tidak pernah memukul Anda, tetapi mereka meninju, melempar barang, atau merusak properti.

2. Mengontrol

KDRT Pernikahan

Photo :
  • abduzeedo.com

Perilaku kasar berkaitan dengan keinginan untuk mempertahankan kekuasaan dan kontrol. Seseorang yang melakukan KDRT mungkin mencoba memanipulasi untuk melakukan apa yang mereka ingin Anda lakukan, seringkali dengan membuat Anda merasa malu dengan kekurangan Anda.

Mereka mungkin mencoba mengendalikan Anda dengan membuat ancaman. Selain itu, pasangan kerap memantau keberadaan Anda. Mereka ingin tahu di mana Anda berada, selalu, dan mendesak Anda untuk segera menjawab panggilan atau SMS. Mereka mungkin muncul di kantor atau sekolah Anda, hanya untuk memeriksa bahwa Anda benar-benar pergi ke sana. 

3. Menuduh dan menyalahkan

Menuduh orang lain.

Photo :
  • U-Report

Orang yang KDRT sering kali mencoba membuat hierarki yang menempatkan mereka di atas dan Anda di bawah. Contohnya mungkin termasuk kecemburuan. Mereka menuduh Anda merayu atau selingkuh, atau mengatakan Anda akan menghabiskan seluruh waktu Anda dengan mereka jika Anda benar-benar mencintai mereka. Mereka mungkin mencoba untuk membuat Anda merasa bersalah melakukan sesuatu dalam upaya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

4. Mengabaikan

Ilustrasi putus cinta.

Photo :
  • U-Report

Seseorang yang KDRT biasanya akan mencoba membuat Anda memprioritaskan kebutuhan mereka dan mengabaikan kebutuhan Anda sendiri. Misal, mereka akan dengan sengaja memalingkan muka saat Anda berbicara atau menatap sesuatu yang lain saat berbicara dengan Anda dalam upaya membuat Anda merasa tidak penting. Bahkan mungkin, setiap kali Anda memiliki rencana untuk pergi keluar, mereka datang dengan gangguan atau memohon Anda untuk tidak pergi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya