6 Fakta Madame Tussauds, Museum Lilin yang Mendunia

madame tussauds
Sumber :
  • Eva Rinaldi/wikimedia

VIVA Lifestyle – Sebagian kalangan tidak asing dengan nama Madame Tussauds, sebuah museum lilin yang berdiri di beberapa negara antara lain Inggris, Belanda, Amerika Serikat, Thailand, serta Singapura. Museum ini menampilkan patung lilin tokoh terkenal dengan ukuran yang kurang lebih sama dengan figur asli.

5 Negara dengan Populasi Buddha Terbesar di Asia, No 1 Bukan Thailand

Museum Madame Tussauds dinamai menurut pendirinya, Marie Tussaud yang merupakan seorang pemahat. 

Bakat memahat Marie muncul ketika ibunya bekerja sebagai asisten rumah tangga untuk dr. Philippe Curtis di Bern, Swiss. Ia adalah seorang dokter yang ahli dalam pemodelan lilin. Dari situlah Philippe mengajari Marie. 

British Museum Sues Former Curator Over Alleged Thefts

Pada tahun 1835, Museum Madame Tussauds pertama didirikan di Baker Street, London. Sementara cabang pertama museum berada di Amsterdam, Belanda dan dibuka pada tahun 1970. 

Sekarang dengan lebih dari 20 museum yang tersebar di berbagai penjuru dunia, Madame Tussauds bisa dibilang menciptakan kerajaan dalam dunia seni patung lilin. Namun di balik patung-patung yang dibuat, ada sejarah dan fakta yang menarik. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 6 fakta Museum Madame Tussauds.

British Museum Tuntut Kurator karena Curi dan Jual Ilegal 1.800 Artefak Sejarah

Marie disukai oleh majikan ibunya

patung Marie Tussaud di Madame Tussauds London

Photo :
  • Luke Rauscher/wikimedia

Seperti yang sudah dipaparkan, ibu dari Marie bekerja dengan Philippe Curtis di Swiss. Rupanya Philippe menyukai Marie dan memutuskan untuk menjadi wali selain menjadi mentor dalam seni pahat lilin.

Proses pengukuran patung lebih dari 250 tahap

Patung lilin Agnez Mo di Madame Tussauds

Photo :
  • Instagram/agnezmo

Untuk mengukur satu patung agar persis layaknya manusia yang ditiru, pihak museum harus membuat sekitar 250 kali pengukuran dan foto yang tepat dan 2.400 pon (setara 1.088,63 kilogram) lilin. Sebanyak 20 seniman juga terlibat untuk membuat sebuah patung lilin. 

Patung terkecil berukuran 13 cm

patung Tinker Bell di Madame Tussauds

Photo :
  • Luke Rauscher/wikimedia

Madame Tussauds juga menampilkan berbagai tokoh fiksi. Salah satunya adalah Tinkerbell yang menjadi patung terkecil dalam koleksi — dengan ukuran 5,5 inci atau setara dengan 13 cm. Patung Tinkerbell tersedia di Madame Tussauds London. 

Patung rajin di-touch up

Patung lliln Presiden Soekarno di Museum Madame Tussauds Hong Kong

Photo :
  • Dok. Madame Tussauds Hong Kong

Sebelum dibuka setiap harinya, semua patung di Madame Tussauds diperiksa oleh dua tim perawatan — rambut patung dicuci dan riasan dipoles ulang.

Seorang pernah melamar patung lilin di museum

patung Shah Rukh Khan di Madame Tussauds

Photo :
  • twitter @teamSRKWarriors

Seorang penggemar berat aktor Bollywood Shah Rukh Khan pernah melakukan hal tersebut pada tahun 2007. Ia mengunjungi patung Shah Rukh Khan yang berada di London dan memberinya cincin pertunangan dengan berlian.
 

Patung dibuat 2 persen lebih besar dari figur asli

patung Marilyn Monroe di Madame Tussauds London

Photo :
  • Mvkulkarni23/wikimedia

Selama proses pembuatan, semua figur lilin dibuat 2 persen lebih besar dari orang sebenarnya. Hal ini adalah perkiraan seberapa banyak mereka akan meleleh dalam waktu 6 bulan pembuatan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya