5 Fakta Rumah Adat Karo, Penentuan Tempat Tidak Sembarangan

Rumah Adat Karo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Rumah adat di Indonesia bentuknya berbeda-beda dengan berbagai bentuk yang unik serta khas yang di setiap daerah. Ini karena penduduk Indonesia yang tak bisa lepas dari budaya di masa lalu. Salah satu rumah adat yang unik tersebut adalah rumah adat karo, Sumatera Utara.

Respons Hasto, Golkar Pastikan Dukung Menantu Jokowi di Pilgub Sumut

Beragamnya rumah adat juga tak lepas dari banyaknya suku, kondisi lingkungan, serta adat istiadat. Keberragaman ini merupakan ciri khas sekaligus kelebihan bangsa Indonesia yang perlu dijaga karena mungkin tidak dimiliki oleh bangsa mana pun. Nah, kamu juga mungkin perlu tahu bahwa rumah adat setiap daerah banyak sekali.

Rumah Adat Karo

Photo :
  • Istimewa
Tampang Pelaku Perampokan Sadis Turis Perancis di Bukit Sipiso-piso Kabupaten Karo

Misalnya, di Sumatra Utara, yang memiliki banyak rumah adat, salah satunya rumah adat karo atau Siwaluh Jabu. Jenis-jenis Siwaluh Jabu juga terbagi dua macam yaitu dari bentuk atap dan dindingnya. Untuk mengetahui lebih lanjut rumah adat karo, simak penjelasan Viva sebagai berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Teknik Bangunan

Melawan Aparat, Perampok Sadis Wisatawan Prancis di Karo Dihadiahi Timas Panas

Rumah Adat Karo

Photo :
  • Istimewa

Sebelum membangun, orang Karo biasanya mengadakan musyawarah dengan teman-teman satu rumah mengenai besar, tempat dan hal lain. Waktu membersihkan dan meratakan tanah ditentukan oleh guru atau dukun untuk mendapatkan hari yang baik.

Hal ini tampak dari mulai tapak/lahan, pemilihan kayu di hutan, hari baik untuk pendirian rumah, pemasangan atap sampai memasuki rumah. Semuanya dilakukan melalui upacara-upacara ritual dengan kerbau sebagai korban. Upacara-upacara ini menunjukkan kepercayaan yang besar orang Karo akan kekuasaan yang melebihi kekuatan manusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya