Nyata, Pria dengan Bola Mata Menonjol Terjauh di Dunia,

Sidney, rekor farthest eyeball pop atau bola mata menonjol terjauh di dunia
Sumber :
  • Guinness World Records

VIVA Lifestyle – Seorang pria bernama Sidney de Carvalho Mesquita atau lebih dikenal sebagai Tio Chico asal Brasil merupakan pemegang rekor dunia untuk farthest eyeball pop atau bola mata menonjol terjauh di dunia dalam kategori pria. 

Puasa Ramadhan Bisa Batal Hanya Karena Obat Tetes Mata? Buya Yahya Bilang Begini

Bola mata Sidney masuk ke dalam daftar Guinness World Records 2023 sebagai bola mata menonjol terjauh di dunia dengan ukuran tonjolan keluar sejauh 18,2 mm di luar rongga matanya. Rekor tersebut juga telah diverifikasi di Sao Paulo, Brasil pada 10 Januari 2022. Scroll ke bawah untuk simak artikelnya. 

Keunikannya terlihat sejak kecil

Denny JA Terima MURI untuk Rekor Menangkan Pilpres 5 Kali Berturut-turut

Sidney, rekor farthest eyeball pop atau bola mata menonjol terjauh di dunia

Photo :
  • Guinness World Records

Keunikannya tersebut ditemukan Tio Chico sejak usianya sembilan tahun. Dia sangat menikmati membuat wajah konyol di depan cermin dan menyadari bahwa bola matanya bisa menonjol lebih jauh daripada teman-temannya. Tio pun menunjukkan keunikan tersebut kepada keluarga dan teman-temannya, dan mereka sangat terkesan dengan bakatnya.

Waspada, Tanda-tanda Ini Ternyata Gejala Awal Penyakit Glaukoma

Mulanya orang tua Tio sempat khawatir dan mengiranya adalah suatu gejala penyakit, namun faktanya itu hanya keterampilan luar biasa yang dimiliki sang anak. Globe luxation adalah istilah medis ketika bola mata menonjol atau "muncul" dari rongga mata.

Mengukur tonjolan adalah ilmu pasti yang harus dilakukan oleh dokter mata menggunakan alat yang dikenal sebagai proptometer. Dari tiga pengukuran rata-rata  memberikan hasil akhir yang menggiurkan.

Kondisi tersebut juga tidak mempengaruhi kesehatannya. Bahkan, dokter mata mengatakan bahwa itu adalah hal langka yang dimiliki Sidney. Maka, tak heran jika dirinya menyandang gelar bola mata menonjol terjauh di dunia. 

"Kemampuan saya pasti sebuah anugerah. Itu datang dari ayah saya, ibu saya dan pencipta juga," kata Sidney yang dilansir dari laman Guinness World Records pada Senin, 24 Oktober 2022. 

Tio Chico mengibaratkan perasaannya saat menonjolkan bola matanya dengan "melepaskan beberapa bagian dari tubuh saya." Sementara menonjolkan bola matanya keluar, dia harus kehilangan kemampuan melihatnya selama beberapa detik sebelum dapat kembali fokus. Dia bisamenonjolkan bola matanya selama 20 hingga 30 detik. 

Cara merawat mata

Sidney, rekor farthest eyeball pop atau bola mata menonjol terjauh di dunia

Photo :
  • Guinness World Records

Untuk merawat matanya, Sidney menggunakan obat tetes mata untuk melumasinya, terutama saat pergi ke acara. Saat menonjolkan matanya keluar, ada kalanya Sidney merasakan sensasi terbakar karena oksigen mulai mengering saat matanya keluar. Maka dari itu, dia tidak bisa membiarkan matanya terbuka terlalu lama dan memberi tetes mata.  

Sidney mengatakan bahwa mengetahui bahwa bola matanya telah diverifikasi oleh Guinness World Records adalah perasaan "kegembiraan murni yang bercampur dengan kegembiraan dan ekstasi,” kata Sidney, 

"Menjadi pemegang rekor adalah pengalaman yang luar biasa - keluar dari dunia ini - bahwa sekarang saya benar-benar tahu apa yang saya mampu,” lanjutnya lagi. 

Sementara itu, rekor dunia tonjolan bola mata terjauh di dunia dalam kategori perempuan dipegang oleh Kim Goodman asal Amerika. Dia bisa mengeluarkan bola matanya hingga menonjol sejauh 12 mm di luar rongga matanya. Bola matanya itu diukur di Istanbul, Turki  pada 2 November 2007.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya