Mau Murah, 3 Hal Penting Ini Perlu Disiapkan Saat Memilih Venue Wedding

Ilustrasi suasana pernikahan
Sumber :
  • herecomestheguide

VIVA Lifestyle – Persiapan pernikahan merupakan hal yang cukup rumit bagi banyak pasangan calon pengantin. Meski telah dibantu jasa Wedding Organizer (WO), banyak calon pengantin yang ingin memastikan persiapan pernikahan agar hari bahagia berjalan lancar.

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Salah satu hal yang paling penting adalah wedding venue atau tempat pernikahan. Memilih venue tempat pernikahan atau wedding sendiri cukup tricky terlebih bagi mereka pasangan calon pengantin yang tinggal di Jakarta. Scroll untuk simak selengkapnya.

Selain tempat yang cepat penuh, harga venue yang cukup mahal bisa membuat beban bagi pasangan. Oleh karena itu penting memilih tempat venue pernikahan yang selektif. Nah bagi calon pasangan berikut  ini adalah tips menyiapkan pernikahan dalam memilih wedding venue di Jakarta mengutip laman herecomestheguide. 

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

1. Mulai venue lebih awal

Harga Pangan Naik Gegara Perang Israel Vs Iran?

Anda tidak ingin jatuh cinta dengan venue impian Anda hanya untuk mengetahui bahwa mereka sudah penuh dipesan untuk 12 bulan ke depan, bukan? Tempat pernikahan (dan vendor, dalam hal ini) cenderung dipesan hingga satu tahun sebelumnya atau lebih.

Jadi, jika Anda benar-benar ingin memilih venue pernikahan Anda atau memiliki tanggal pernikahan yang tidak dapat dinegosiasikan, mulailah pencarian tempat Anda dan jadwalkan kunjungan situs tersebut sesegera mungkin.

Jika Anda berencana dalam keadaan darurat atau memiliki rentang tanggal yang lebih fleksibel, ketersediaan venue pernikahan akan menjadi faktor penentu dalam menetapkan tanggal pernikahan Anda. Perhatikan juga tentang cuaca. Di tengah musim penghujan seperti ini Anda harus selalu punya backup cadangan bagaimana nantinya para tamu dapat memiliki akses menuju venue pernikahan Anda.

Berbicara mengenai venue, Medha Corpmeluncurkan sebuah website directory bernama SewaVenue.com. Dimana dalam website ini, diharapkan dapat menjadi rujukan dan menjadi tempat ngumpulnya anak MICE.

Melalui platform SewaVenue.com yang berbasis website ini, diharapkan dapat mempermudah bagi para penggiat MICE untuk dapat menemukan lokasi yang tepat, pemilik jasa terbaik yang dapat mewujudkan setiap event-event anda. Mengingat dalam platform ini, anda akan menemukan beragam listingan Meeting Room, Ballroom, Open Air, Co-woring space, dan bahkan vendor-vendor penunjang kegiatan MICE. 

Melalui platform ini juga akan membuat anda lebih mudah untuk menemukan, mempelajari lebih lanjut berkaitan dengan venue yang anda butuhkan, dan bahkan menghubungi secara langsung PIC terkait item yang dibutuhkan. Hal tersebut tentu yang menjadi permasalahan yang terjadi selama ini. Bagi para pemilik event, biasanya mereka akan menghubungi para EO atau jasa terkait guna mengurus event-event internal perusahaan.

“Kami berharap platform kami dapat turut membantu akselerasi bisnis dari setiap pelaku industri MICE tanah air. Dan kami cukup senang melihat proyeksi platform kami dapat membantu berbagai macam latarbelakang pelaku MICE, mulai dari pebisnis ataupun entrepreneur untuk dapat saling terhubung melalui platform kami,” kata COO dari SewaVenue.com, Pamungkas Patriayudha HP dalam keterangannya. 

2. Lokasi, lokasi, lokasi

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih di mana Anda ingin mengucap janji pernikahan. Meskipun ini adalah hari besar Anda, Anda tidak ingin membuat tamu menuju ke lokasi pernikahan Anda dengan menempuh rintangan. Pikirkan tentang hal-hal seperti:

- Seberapa dekat venue dengan bandara terdekat?
- Apakah ada hotel atau akomodasi bermalam lainnya di dekat sini?
-Apakah tempat tersebut relatif mudah dinavigasi, atau benar-benar terpencil?
- Apakah venue dapat diakses oleh penyandang disabilitas?
- Bagaimana situasi parkirnya?
- Jika Anda mengadakan pernikahan di hari kerja, Anda juga perlu mempertimbangkan jam perjalanan terutama jika Anda akan menikah di area yang ramai lalu lintasnya!

Meskipun menjaga segala sesuatunya tetap mudah pada tamu Anda sangat ideal, tidak ada alasan Anda tidak dapat memiliki tujuan pernikahan atau tempat petualangan yang jauh. Berusahalah lebih keras (tidak ada permainan kata-kata) dalam memberikan informasi perjalanan yang sangat mendetail di situs web pernikahan Anda dan sisipan undangan.

3. Pahami anggaran pernikahan

Ilustrasi mengelola keuangan.

Photo :
  • U-Report

Anggaran pernikahan. Sebagian besar pasangan akhirnya menghabiskan sebagian besar di venue pernikahan mereka! Yang rumit adalah, harga venue pernikahan tidak sepenuhnya jelas dan sederhana.

Tentu, ada biaya sewa kamar, tetapi ada harga beberapa fasilitas mungkin juga mengagetkan Anda seperti meja, kursi, linen, peralatan makan, peralatan minum, parkir, asuransi, katering, corkage, pemotongan kue, jam tambahan!

Dan jangan kaget melihat pajak, gratifikasi, dan biaya layanan diterapkan pada total tagihan. Saran terbaik adalah mengonfirmasi harga gambaran besarnya sebelum Anda memesan tempat.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya