Subhanallah, 6 Nama Negara Ini Disebutkan dalam Al Quran, Ada Indonesia?

Piramida Giza, Mesir.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Sejumlah negara dan kota di dunia ini mempunyai keistimewaan tersendiri karena disebutkan secara khusus dalam Al Quran. Negara atau kota yang dikatakan dalam Al Quran itu mempunyai masa lalu yang masih bisa kita baca. Al Quran sendiri diwahyukan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk diajarkan kepada umatnya. 

520 Warga Palestina Tewas, Terluka dan Hilang di Jalur Gaza dalam Waktu Seminggu

Al Quran menyimpan berbagai kisah menarik dan kaya akan hikmah. Dalam Al Quran banyak diceritakan sejarah masa lalu yang pernah terjadi di masa nabi-nabi sebelum Muhammad. Bahkan, terdapat kisah yang berlatar tempat wilayah yang juga mengandung hikmah sekaligus menjadi saksi bagaimana suatu kaum melewati sejarah kegemilangannya. 

Berikut ulasan selengkapnya!

7 Negara Paling Beragam di Asia, Indonesia Nomor Segini

1. Mekkah

Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi

Photo :
  • Reasahalharamain
Maroko Masuk dalam 5 Besar Negara Terkaya di Afrika

Allah SWT mengatakan kota suci ini dengan berbagai nama, yaitu Bakkah (QS. Ali Imran: 96), Ma’ad (QS. Al Qashshash: 85), serta disebut pula dengan Ummul Qura (QS. Asy Syura: 7 dan Al An’am: 92). Penyebutan kota Mekkah dalam Al Quran ini terlihat sangat istimewa. 

Allah juga menyebutnya Ummul Qura karena kota Mekkah adalah induk atau pusat seluruh negeri di dunia. Dalam ayat lain, Mekkah juga disebut dengan Al Balad Al Amin, yakni negeri yang aman (QS. At Tin: 3). Nama surat Al Balad poun tidak bermakna negeri secara umum, tapi negeri Mekkah.

Suasana di Masjid Nabawi, Madinah, Jumat 5 Juli 2019

Photo :
  • MCH 2019/Darmawan

Kata Madinah dikatakan dalam Al Quran sebanyak 14 kali, tapi tidak semua kata itu merujuk pada kota Madinah. Adakalanya kata itu berarti kota secara umum. Semula kota Madinah bernama Yatsrib. Al Quran mengabadikan nama ini dalam surat al-Ahzab ayat 13. Madinah berarti harmoni, sebuah tempat yang dibangun oleh Nabi untuk menegakkan keharmonisan. 

Selain menjadi kota tujuan hijrah serta menjadi kota awal mula kekhalifahan umat Islam. Keutamaan kota Madinah ini begitu banyak dan tidak akan pernah lekang sampai akhir zaman. Letaknya berada di wilayah Hijaz. Kerajaan Arab Saudi menjadikan Madinah sebagai nama ibu kota sekaligus nama provinsi. 

3. Mesir

Ilustrasi Militer Mesir.

Photo :

Adalah salah satu negara yang ada di benua Afrika dan dalam Al Quran kata ‘Misr’ dikatakan sebanyak lima kali, yaitu pada surat al Baqarah 61, Yunus 87, Yusuf 21, 99 dan al Zukhruf 51. Kata tersebut dalam Al Quran menceritakan tentang sejarah perjalanan hidup Nabi Musa dan Nabi Yusuf. 

Karena itulah, Mesir beberapa kali dikatakan dalam kitab suci umat Islam. Di negeri ini, Nabi Musa diutus oleh Allah SWT yang namanya paling banyak disebut kisahnya dalam Al Quran. Selain itu, ada kisah Nabi Yusuf yang juga berlatar di Negeri Piramida itu. 

4. Babilonia

Taman Gantung Babilonia.

Photo :
  • http://en.wikipedia.org

Merupakan salah satu tempat yang berada di Iraq pada zaman dahulu. Al Quran mengatakan, tempat ini sebagai tempat turunnya dua Malaikat, Harut dan Marut. Sebab, di sana ada banyak manusia yang mempunyai ilmu sihir. Malaikat bukan untuk mengajarkan ilmu sihir, tapi untuk menjauhinya. Nama tempat ini diabadikan dalam Al Quran pada surat Al Baqarah ayat 102. 

Masjid Al Aqsa.

Photo :
  • U-Report

Pada zaman dahulu, Palestina termasuk ke dalam negara Syam yang mencakup atas Palestina, Suriah, Lebanon, dan Yordania. Dalam Al Quran, negara ini tidak dikatakan secara tegas, tapi dengan menggunakan dua nama yaitu Masjid al-Aqsa dan al-Ardh al-Muqaddasah. Al-Qur’an mengabadikan negara ini dalam surat al-Isra’ ayat 1 dan al-Maidah ayat 21.

6. Yaman

Ibukota Yaman

Photo :

Seperti Palestina, Yaman juga tidak dikatakan secara tegas, Al Quran hanya menyebutkan gurun pasir yang berada di negara Yaman. Tempat tinggal kaum Hud bin Abdullah bin Rabah. Bukit ini menjadi nama surat dalam Al Quran (Al Ahqaf( dan dikatakan sebanyak satu kali dalam ayat 21. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya