Solusi Mengurangi Sampah Plastik dengan Daur Ulang dan Penggunaan Kembali

The SDGs National Seminar Series diselenggarakan Bakrie Center Foundation (BCF).
The SDGs National Seminar Series diselenggarakan Bakrie Center Foundation (BCF).
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Saat ini, masalah sampah plastik masih menjadi perhatian banyak dari berbagai pihak. Melihat dari adanya penambahan volume sampah plastik, Suyud Warno Utomo Dosen Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, menyatakan bahwa sudah saatnya seluruh pihak harus mulai peduli dan mempercepat dalam mengambil langkah perbaikan untuk pengelolaan sampah plastik di Indonesia.

Hal tersebut ia sampaikan saat menjadi pembicara dalam The SDGs National Seminar Series yang diselenggarakan oleh Bakrie Center Foundation (BCF) secara daring pada Selasa 1 November 2022. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Selain itu, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia memiliki 4 strategi yang dilakukan untuk mencapai kelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

Keempat strategi tersebut yaitu industri hijau (ramah lingkungan), industri strategis, industri bebasis 4.0, dan penggunaan produk dalam negeri serta subsitusi impor.

“Kami menyadari bahwa sektor industri memiliki kontribusi cukup besar bagi Indonesia, namun kita harus memastikan bahwa sektor lingkungan harus tetap terjaga. Khususnya dalam industri yang menggunakan plastik sebagai produk. Daur ulang menjadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi dampak negatif dari sampah plastik yang dihasilkan,” jelas Emmy Suryandari, Kepala Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Pencegahan Pencemaran Industri.

Dari sektor industri, Danone Indonesia sudah mengaplikasikan kebijakan terkait produksi produk plastik. Menurut Jeffri Ricardo sebagai Sr. Packaging Circularity Danone Indonesia, sejak akhir tahun 2019 Danone resmi merilis kemasan botol yang seluruhnya terbuat dari plastik daur ulang. Hal tersebut termasuk ke dalam packaging circular economy.

Menurutnya, inovasi daur ulang sampah plastik tidak lengkap manfaatnya tanpa edukasi yang terus menerus diberikan kepada masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title