Cara Efektif Jadi Pengusaha Sukses ala Penulis Agus Tjandra

Penulis buku, Dr. Agus Tjandra.
Sumber :
  • Instagram @agustjandra.id

VIVA Lifestyle - Menjadi seorang pengusaha sukses merupakan dambaan banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang bisa mencapainya. Dibutuhkan mindset dan langkah-langkah yang tepat untuk dapat menggapainya. 

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Nah, untuk memandu seseorang menjadi pengusaha sukses, Dr. Agus Tjandra, menulis buku Challenge Yourself, Trik Jitu Mencapai Sukses. Apa saja isi bukunya? Yuk, scroll

Peluncuran buku kecil setebal 116 halaman ini, berisi mengenai perjalanan hidupnya yang jatuh bangun dalam menjalani usaha sampai mencapai sukses yang luar biasa hingga kini.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

"Buku ini dirancang secara khusus agar pembaca dapat mengaplikasikan secara langsung tips dan trik yang diberikan, sebagai rangkuman hasil research dan re-structure pengalaman dunia bisnis, digital, dan ekosistem organisasi yang saya selama lebih dari 20 tahun di dunia bisnis, yaitu di e-commerce, fintech, salon, dan manfaat sebuah kartu kredit,” kata Dr. Agus Tjandra, saat peluncuran bukunya di Gramedia Central Park, Jakarta Barat. 

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Melalui buku yang ditulis oleh Ade Aprilia ini, Agus membagikan pengalaman yang diharapkan dapat menjawab permasalahan pengusaha baru yang sedang merintis. Mulai dari bagaimana memangkas keraguan diri, membuat usaha tanpa modal, mencapai cita-cita bisnis meski tanpa modal, serta beragam tips sukses lainnya. 

Agus menjelaskan bahwa dalam buku Challenge Yourself, menekankan poin penting dari kesalahpahaman pengusaha akan manajemen waktu. 

"Tidak ada yang bisa mengatur waktu. Manusia hanya dapat melakukan management activity, dengan kata lain mengatur aktivitas-aktivitas yang dilakukan pada setiap waktu tertentu,” ujarnya. 

Menurut dia, Tuhan menciptakan manusia itu sempurna, hanya saja apakah kita mau belajar atau tidak. 

“Di dalam kehidupan kita ditentukan sejak kecil, apakah dikekang oleh orangtua. Juga di lingkungan dan terbawa sejak saat ini. Kita harus bisa mengevaluasi diri dan mencabut hal yang negatif dari diri kita,” tambah Agus.

Dia mengatakan ada beberapa tahap yang perlu dilakukan seseorang, di antaranya evaluasi melalui challenge yourself, kelemahan dan kelebihan diri, serta bergaul dan berteman dengan orang yang positif untuk bisa menjadi orang yang sempurna. 

Menurut Agus, buku ini juga dapat memberikan hal yang positif untuk anak muda untuk menjadi seorang entrepreneur. Bukunya juga menekankan poin penting lain untuk mencapai kesuksesan yaitu Mind Code. Istilah yang diciptakan Dr. Agus Tjandra ini, merujuk pada konsep bahwa efektivitas dapat membuat seseorang mencapai segala sesuatu yang tak terbatas. 

"Bukan tentang berapa banyak hal yang harus dikerjakan, tetapi bagaimana keseriusan seseorang untuk melakukan satu langkah demi langkah yang dapat berdampak secara dahsyat,” kata Agus yang terpilih sebagai “Top 10 of Asia 2014: Asia’s Most Admired Technopreneur Award” termuda se-Asia, berkat kiprahnya dalam memajukan industry e-commerce di Indonesia.

Menurut dia, kebanyakan orang ingin meraih sukses, namun tidak tahu caranya, bahkan kebingungan membedakan antara nasib dan takdir. Kalau berupa takdir kenapa harus ada usaha untuk sukses? Kalau nasib bagaimana cara meraihnya? 

"Buku Challenge Yourself akan membagikan password untuk memunculkan kemampuan alami Anda dalam mencapai sukses secara jitu,” ungkap Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya